Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Cara Mengetahui Kampas Kopling Motor Habis Terbaru

Ruangojol.com - Bahwasanya yang kita ketahui setiap alat atau hal apapun pastinya memiliki masanya ( usia pakai ) hal ini juga berlaku bagi komponen d
Ruangojol.com - Bahwasanya yang kita ketahui setiap alat atau hal apapun pastinya memiliki masanya (usia pakai) hal ini juga berlaku bagi komponen di motor seperti kampas kopling. Selain itu juga kendaraan yang menggunakan tranmisi jenis manual dan matic pun menggunakan komponen tersebut.

Untuk fungsi kopling sendiri ialah sebagai penghubung dan pemutus tenaga putaran mesin dari poros engkol atau sebagai penyalur tenaga mesin ke tranmisi, walaupun sebesar tenaga mesin yang ada pada motor jika pada kampas kopling habis tentunya tidak dapat bekerja dengan maksimal alias tidak ada tenaga yang dapat disalurkan lagi. Apabila kinerja sudah mulai penurunan pastinya transfer ke roda juga akan berkurang.


Hal yang paling mencolok bila telat mengganti kampas kopling biasanya pada penggunaan bahan bakar yang boros. Kopling sendiri untuk mengatur gaya putar ( torsi ) dari mesin ke bagian tranmisi perseneling.

Apabila pedal pada kopling ditekan ( pada motor ) tidak ada gaya putar yang ditranfer dari mesin ke komponen yang lain dari tranmisi perseneling. Dan jika pedal kopling tersebut dilepas maka gaya putar ( torsi ) dari mesin di transfer oleh tranmisi perseneling ke roda penggerak.

Semua kampas kopling pastinya mempunyai masa pemakaian, usia pakai yang biasanya berdasarkan jarak tepuh saat sepeda motor tersebut digunakan.

Hal ini tergantung sih sebenarnya dari bagaimana cara pemakaian motornya bila pemakaian standar-standar saja ada kemungkinan bisa awet tapi jika cara pemakaian pengendaranya motornya kasar tentunya hal ini akan mengurangi masa pakai kampas kopling.

Dan biasanya karakter orang yang mengendarai sepeda motor itu bisa menjadi salah satu penyebab kampas kopling cepat habis. Dengan hal tersebut juga sebenarnya dapat kita gunakan mendeteksi kampas kopling habis.

Untuk pemakaian norma, pada kampas kopling itu akan habis kisaran jarak yang ditempuh yakni 20.000 km, jika sudah tercapai angka demikian tentunya harus menggantinya. Apabila sudah timbul dengan ciri-ciri kampas kopling habis maka wajib bagi anda untuk menggantinya agar hal tersebut tidak berresiko tingka keausan dan tidak merembet ke bagian rumah kopling.

Ciri-Ciri Kampas Kopling Habis

Pastinya bagi anda yang tidak mengerti atau bingung mengenali bagaimana nyirenin atau cirinya kampas kopling, sebenarnya ada banyak untuk mendeteksi kampas kopling sudah habis, nah berikut ini beberapa gejala yang perlu disimak.

1. Penurunan Power Tenaga

Bila anda mengalami kampas kopling habis biasanya akan mengalami kondisi penurunan power pada tenaga yang mentrasfer ke mesin dengan begitu akselerasi menjadi melemah dan hal ini tidak mempengaruhi top spees tapi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memaksimalkan kecepatan.

Contohnya pada kecepatan motor sudah mencapai 100 km/h saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu 10 detik saja tapi jika kampas kopling sudah mengalami keausan mungkin membutuhkan waktu berkisar 15 detik atau bahkan bisa lebih.

2. Kondisi Selip Kopling

Hal yang seperti ini bila gejala selip biasanya akan sering timbul, jika kampas kopling sudah habis namun tetapi gejala ini juga bisa disebabkan oli mesin yang tidak cocok dan belum pernah diganti.

3. Pada Saat Menggunakan (Kick Starter Ringan Atau Ngelos)

Kondisi seperti ini tentunya terasa dikala saat menghidupkan motor menggunakan kick starter ( engkol ) saat melakukan ayunan di kick starter maka akan terasa ringan atau enteng atau bahasa yang lainya yakni ngelos tentunya hal seperti ini sangat susah untuk menghidupkan, nah gejal demikian juga bisa menjadi gejala kampas kopling aus atau habis.

4. Putaran Mesin Tinggi

Sudah tentu putaran mesin menjadi tinggi karena pengaruh dari akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin sehingga menjadi mesin memiliki putaran yang tinggi walau kecepatan motor standar.

Misalnya saat kondisi kampas masih tebal biasanya bisa mendapatkan kecepatan 40 km/h membutuhkan putaran mesin hingga 5.000 rpm namun bila kampas kopling sudah aus untuk mendapatkan kecepatan 40 km/h membutuhkan putaran hingga 8.500 rpm.

5. Saat Perpindahan Gigi Perseneling

Gejala yang berikutnya bila terjadi gejala kampas kopling habis biasanya saat pengendara sepeda motor mengganti persenelingnya bukan tenaga yang keluar malah hanya suara raungan.

6. Kondisi Tenaga Mesin Berkurang

Dengan mendeteksi kampas kopling yang habis dengan cara seperti ini atau mencobanya yaitu dengan cara masukan gigi tranmisi ke perseneling 3 atau 4 lalu tahan tarik gas dengan secara spontan. Bila mengalami kenaikan yang pas berarti masih bagus tapi jika sudah aus rpm sudah semakin tinggi namun kecepatan masih rendah maka bisa dipastikan harus segera diganti.
Catatan: Bila memasang kampas kopling baru anda bisa basahi terlebih dahulu kampas kopling tersebut dengan oli. Bila kampas kopling tidak dibasahi menggunakan oli maka disaat motor dihidupkan pertama kali aliran pada oli untuk rumah kopling bisa, bisa membasahi kampas kopling seluruhnya. Dan jika kampas kopling masih kering maka yang ditimbulkan akan terjadinya gesekan yang akan mengikis ketebalan kampas kopling walaupun hanya sedikit.
Demikianlah pembahasan tentang Tips Jitu Menyirenin Gejala Kampas Kopling Motor Habis semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda, terima kasih. Sudah berkunjung di www.ruangojol.com sampai jumpa dipostingan berikutnya.
Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)