Cara Menggunakan Mobil Persneling Matic

Ruangojol.com - Penggunaan mobil dengan jensi matic sendiri terbilang sangatlah banyak di tanah air. Terutama bagi kaum hawa terbilang sangat antusias dikarenakan penggunaan mobil matic sangatlah mudah untuk dikendarai dan juga dipelajari. Dan dengan terciptanya mobil jenis matic sendiri memberikan keuntungan tersendiri bagi setiap perusahaan mobil. Mobil dengan jenis matic juga sangatlah friendly jika dikendarai diperkotaan sampai dengan dipedesaan.

Khusus mobil jenis matic jika dikendarai dalam track menanjak memiliki trik tersendiri, seperti kita diwajibkan agar dapat memperkirakan seberapa tinggi tanjakan tersebut, untuk dikota besar seperti Jakarta terbilang masih standar, yang dapat dilibas dengan menggunakan transmisi mode D.

Perseneling Mobil Matic

Nah, dipertemuan kita kali ini, seputarduniaotomotif.com akan mencoba memberikan tips atau tutorial dalam mengendarai mobil berjenis matic, untuk kamu yang ingin belajar kamu dapat mengaplikasikan tip berikut ini.

Setelah diposisi transmisi pada huruf D, kamu dapat mengoper gigi ke gigi lainnya. Jika kita lihat pada transmisi manual, ia memiliki batas di kecepatannya bukan di RPM nya. Untuk kamu yang pemula kamu dapat mempelajarinya dibawah ini :
  • Switch D3 akan digunakan secara maxnya sampai range gigi 3
  • Switch D2 akan digunakan secara maxnya sampai range gigi 2
  • Switch D1 akan digunakan secara maxnya sampai range gigi 1

Atau secara tertulis untuk gambarannya adalah sebagai berikut.
  • D1 maximal pada 0-30 kpj
  • D2 maximal pada 40-50 kpj
  • D1 maximal pada 60 kpj

Dalam melakukan perpindahan gigi dari D ke D3 sampai dengan D1 maka pengendara tidak diharuskan menginjak pedal rem secara penuh karena kamu dapat menekan tombol switch di tongkat perseneling yang mempermudah dan mengamankan kinerja transmisi saat dioper gigi.

Dan apabila pengendara sedang didaerah yang memiliki track menanjak terbilang tinggi seperti dipegunungan, kamu hanya perlu menggunakan mode D tetapi wajib menggunakan D2 agar dapat melibas tanjakan dengan mudah. Namun jika melewati daerah sangat curam kamu juga dapat menggunakan transmisi mode L, di posisi transmisi L ini dapat digunakan ketika dalam pertengahan tanjakan yang amcet.

Cara Mengemudikan Mobil Matic di Jalan yang Menurun

Setelah kita membahas menggunakan mobil transmisi matic pada track menanjak, kali ini kita akan membahas mengenai mengendarai mobil matic di track menurun. Cara mengendarai mobil dengan jenis transmisi matic ini terbilang sangat mudah yaitu untuk D, D3, D2, D1 sebagai berikut ini :
  • Simbol D di pakai track datar atau tanjakan yang tidak mulus
  • Simbol D mobil mempunyai kecepatan terbilang maksimal
  • Simbol D3 dipakai saat melewati jalan menanjak
  • Simbol D2 dipakai saat ingin menanjak yang terbilang lumayan tinggi
  • Simbol D1 dipakai saat melewati jalan tanjakan yang terjal

Agar pengendara mobil dengan jenis matic diharapkan dapat memperaktekan dan juga mengaplikasikan trick dan tips di atas yang sudah saya sampaikan.

Cara Mengemudikan Mobil Matic di Jalan Macet

Nah tips dan trik selanjutnya adalah bagaimana mengendara mobil dengan jensi matic disaat jalanan sedang macet, perlu diketahui mengendarai mobil dengan jenis matic saat jalanan macet sangat lah mudah dibandingkan dengan saat mobil sedang menanjak.

Mobil matic sendiri dapat diketahui bahwa lebih mudah dikendarai dibandingkan dengan mobil manual pada umumnya, hal tersebut dikarenakan pada mobil dengan jenis manual diharuskan menginjak rem dan juga memindahkan kopling ke posisi gigi N, berbeda dengan mobil matic hanya perlu menginjak rem untuk memberhentikan mobil.