Cara Menambahkan Alamat Tujuan Grab Terbaru 2021

Mau berhenti di dua lokasi berbeda saat memesan GrabBike atau GrabCar? Berikut cara menambahkan alamat tujuan Grab dengan beberapa langkah mudah.

Ruangojol.com - Hadirnya ojek online seperti Grab dirasa sangat memudahkan mobilitas masyarakat. Tapi, terkadang kita harus mampir ke tempat lain sebelum menuju lokasi utama. Untungnya, ada fitur menambahkan alamat tujuan di Grab bagi penumpang yang ingin ke ATM atau laundry.

Cara Menambahkan Alamat Tujuan Grab Terbaru 2021

Secara garis besar, cara kerjanya sama seperti fitur Gojek yang dalam satu perjalan bisa berhenti di lebih dari satu tujuan. Tapi, tentunya penumpang akan dibebankan biaya tambahan yang dihitung berdasarkan jarak ditempuh.

Nah, bagaimana cara menambahkan alamat tujuan Grab? Pertanyaan ini banyak dilontarkan pengguna baru yang belum familiar dengan tampilan maupun menu aplikasi. Oleh karena itu, pada artikel ini akan diulas langkah-langkahnya secara lengkap.

Tentang Fitur Multi-stop Grab

Semua ojol, khususnya Grab dan Gojek, fitur multi-stop sudah hadir sejak beberapa tahun lalu. Hal ini tak lepas dari keluhan penumpang yang merasa kurang puas dengan layanan satu tujuan karena ada keperluan di lokasi lain.

Sebelum diberlakukan, pengguna mau tak mau harus melakukan pemesan ulang, padahal hanya ingin ke ATM atau jemput barang beberapa menit saja. Tentunya ini kurang efisien dan ongkos perjalanan jadi dua kali lipat.

Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk GrabBike, GrabCar, GrabTaxi, dan tidak tersedia di layanan GrabShare maupun GrabHitch.

Untuk waktu tunggu, pengemudi hanya bisa menunggu hingga 5 menit. Lebih dari itu Anda harus memesan dua perjalanan terpisah. Berbeda dengan GrabTaxi yang tanpa dibatasi waktu karena tarif bergantung pada argo.

Cara Menambahkan Alamat Tujuan Grab

Seperti yang kita tahu, Grab adalah layanan transportasi berbasis digital yang sedang berkembang di wilayah Asean. Meskipun dimiliki oleh perusahaan asing, namun kehadiran Grab diterima baik oleh masyarakat Indonesia.

Untuk cara menambahkan alamat tujuan Grab, langkah-langkahnya tak jauh berbeda dari tambah tujuan di Gojek. Namun, penumpang hanya bisa menambah satu destinasi saja. Selengkapnya silahkan simak panduan berikut.

  • Masuk ke aplikasi Grab versi terbaru
  • Pilih opsi Transport
  • Di halaman berikutnya ketik lokasi penjemputan dan alamat yang dituju (drop off)
  • Kemudian ketuk tombol (+) untuk menambah tujuan
  • Setelah itu tekan ikon tanda panah untuk mengatur urutan alamat
  • Selanjutnya pesan layanan Grab yang diinginkan (GrabCar, GrabBike, GrabTaxi) dengan klik ikon pada layar
  • Secara otomatis tarif perjalanan akan tertera, dan akan berubah bila urutan alamat tujuan diganti 
  • Jika sudah sesuai, pilih metode pembayaran, mau tunai atau OVO
  • Langkah terakhir tinggal ketuk Book di bagian bawah layar untuk mulai mencari driver terdekat

Bila dipahami cara menambah tujuan Grab pada langkah di atas, penumpang bebas memilih lokasi mana yang pertama ingin dituju. Tapi, disarankan menempatkan alamat paling dekat di urutan pertama, baru yang paling jauh agar ongkosnya lebih murah.

Tapi, pastikan lokasi yang ditulis sudah benar karena dalam perjalanan Anda tidak bisa mengubah atau membatalkan alamat tujuan.

Biasanya di jam-jam sibuk, hanya butuh hitungan detik untuk menemukan driver. Kalau dirasa lama dan sulit mendapatkan mitra pengemudi, mungkin ada kendala pada jaringan. Untuk mengatasinya, silahkan matikan internet dan ulangi panduannya dari awal.

Kesimpulan

Bagaimana, mudah bukan? Anda tinggal mengetuk tombol (+) dan otomatis kolom penambahan alamat akan muncul. Adanya fitur ini sangat berguna bagi pelanggan ojek online yang harus menjemput teman atau membeli barang di minimarket.

Jadi, itulah cara menambahkan alamat tujuan Grab dengan beberapa langkah sederhana. Dengan bantuan yang ada, maka Anda tak perlu bingung setiap kali memesan Grab dan ingin berhenti di dua lokasi berbeda.