Cara Mengatasi Aplikasi Grab Berhenti dan Tertutup Sendiri

Mau Gabung? Klik INSTAL atau DAFTAR 👆

Ruangojol.com - Grab merupakan perusahaan transportasi berbasis digital yang sangat bergantung pada aplikasi. Jika aplikasi Grab error, misalnya tidak bisa dibuka dengan notifikasi “Sayangnya Grab telah terhenti”, aktifitas pengguna pasti jadi terhambat.

Cara Mengatasi Aplikasi Grab Berhenti dan Tertutup Sendiri

Semua transaksi Grab dilakukan dengan aplikasi, entah itu orderan atau pembayaran. Kalau masalah tersebut terjadi, sebagian besar mitra Grab pasti langsung panik, apalagi driver yang lagi semangat-semangatnya ngejar tupo.

Tapi jangan khawatir, masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah berdasarkan cara mengatasi aplikasi Grab berhenti dan tertutup sendiri yang disarankan langsung oleh pihak Grab.

Cara Mengatasi Aplikasi Grab Berhenti

Pada dasarnya ada banyak penyebab aplikasi Grab tiba-tiba berhenti, tapi yang paling umum adalah menumpuknya cache atau data-data tidak penting yang membuat kinerja aplikasi jadi kurang maksimal.

Nah, untuk mengatasi aplikasi Grab berhenti dan tertutup sendiri, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini. Kalau cara pertama masih belum berhasil, silahkan coba cara kedua dan seterusnya.

1. Beralih ke Flight Mode Selama 5 Menit

Jika Anda sedang berada di halaman menu untuk memesan layanan Grab, kemudian tidak ada respon, bisa jadi jaringan sedang bermasalah. Solusinya bisa dengan mengaktifkan flight mode selama 5 menit, setelah itu nonaktifkan kembali.

Sebenarnya kendala ini tidak berhubungan dengan aplikasi yang tiba-tiba tertutup sendiri, namun di ulasan Play Store ada pengguna yang menanyakannya dan mungkin cara ini bisa membantu.

2. Hapus Cache dan Paksa Berhenti

Selanjutnya cara mengatasi “Sayangnya Grab telah berhenti” bisa dengan menghapus cache data. Cache merupakan sekumpulan file “sampah” yang akan terus bertambah setiap aplikasi digunakan.

Untuk itu, keberadaan cache harus segera dihilangkan agar ruang penyimpanan menjadi lapang dan aplikasi dapat berjalan maksimal.

Cara menghapus cache bisa dengan masuk ke Pengaturan, pilih Manajer Aplikasi. Kemudian cari dan buka aplikasi Grab, scroll ke bawah dan ketuk Hapus Cache. Terakhir tinggal ketuk tombol Paksa Berhenti.

3. Restart Smartphone

Bukan hanya di aplikasi konsumen saja, masalah error juga sering terjadi di aplikasi driver. Bahkan tak jarang aplikasi Grab tidak bisa dipakai saat sedang menerima orderan. Kalau sudah seperti ini tentunya driver akan kehilangan pelanggan.

Nah, jika Anda juga mengalami hal ini dan ingin segera mengatasi aplikasi Grab berhenti dan tertutup sendiri, silahkan lakukan restart pada hp Anda. Cara ini dilakukan agar sistem kembali fresh dan kinerja hp jadi lebih optimal.

4. Perbarui Aplikasi ke Versi Terbaru

Aplikasi Grab sering berhenti tiba-tiba juga dapat disebabkan karena Anda masih menggunakan versi lawas. Oleh karena itu, perlu dilakukan upgrade ke versi terbaru untuk menyelaraskan aplikasi dengan sistem pusat.

Cara ini juga berlaku bagi Anda yang masih belum menemukan cara mengatasi Grab driver terus berhenti yang benar meskipun sudah melakukan restart dan menghapus cache data.

5. Hapus dan Install Ulang Aplikasi

Untuk menutup ulasan tentang cara mengatasi aplikasi Grab tiba-tiba berhenti, Anda bisa menghapus dan install ulang aplikasi sebagai solusi alternatif bila cara sebelumnya tidak berhasil.

Tapi, untuk mencegah kehilangan akun atau lupa dengan data login, pastikan Anda mencatat data yang digunakan untuk login Grab seperti email dan password. 

Kesimpulan

Aplikasi terdiri dari program-program yang dikembangkan oleh manusia, error atau bug merupakan hal wajar yang biasa terjadi. Bukan hanya di Grab saja, Gojek dan semua aplikasi atau game yang ada di Google Play pasti pernah mengalami error.

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi aplikasi Grab berhenti dan tertutup sendiri yang bisa jadi solusi untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!