5 Cara Mengatasi Akun GrabMerchant Tidak Bisa Login atau Error

Bermasalah saat ingin masuk ke akun GrabMerchant? Inilah cara mengatasi akun GrabMerchant tidak bisa login dengan beberapa langkah sederhana.

Ruangojol.com - Melihat perkembangan era digital saat ini, hadirnya layanan GrabFood maupun GrabMart sangat membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya. Namun, terkadang ketika penjualan sedang stabil, ada kendala yang muncul yakni GrabMerchant tidak bisa login.

5 Cara Mengatasi Akun GrabMerchant Tidak Bisa Login atau Error Terbaru 2021

Bukan hanya satu atau dua kasus saja, banyak mitra yang tidak dapat masuk ke akunnya meskipun sudah mengisi alamat email dan password dengan benar. GrabMerchant sendiri merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengelola aktivitas penjualan khusus layanan Grab.

Jika Anda termasuk pengguna aplikasi ini dan sedang mengalami kendala, mungkin cara mengatasi akun GrabMerchant tidak bisa login pada ulasan berikut akan membantu.

Penyebab GrabMerchant Tidak Bisa Login

Penyebab kenapa GrabMerchant tidak bisa login salah satunya karena smartphone tidak kompatibel dengan aplikasi. Saat ini Android yang disarankan oleh Grab minimal versi 5.0 Lollipop serta dibekali RAM 2GB.

Penyebab lain yang juga sering terjadi, di antaranya jaringan kurang stabil, memori penyimpanan penuh, hingga tidak diperbaruinya aplikasi.

Selain itu, mengetik password yang tidak tepat juga bisa menggagalkan proses masuk pada akun GrabMerchant. Kalau sudah beberapa kali salah, biasanya akan diminta verifikasi ulang.

Nah di sini masalahnya, banyak mitra gagal melewati proses verifikasi sebab kode OTP tidak terkirim. Agar hal ini tak lagi terulang, sebaiknya tetap gunakan nomor hp yang sama. Kalau ingin diganti, langsung saja konfirmasi ke pihak Grab.

Cara Mengatasi GrabMerchant Tidak Bisa Login

Setelah mengetahui ragam faktor penyebab aplikasi GrabMerchant tidak bisa dipakai atau gagal login, untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa dicoba. Apa saja? Berikut ulasannya.

Hapus Cache Data Aplikasi

Biasanya, memori terlalu penuh dapat menyebabkan proses login tidak berhasil serta mengganggu kinerja aplikasi. Meskipun pada beberapa kasus ada yang berhasil masuk tanpa menghapus cache, tapi prosesnya membutuhkan banyak waktu.

Untuk menghapus cache, Anda bisa masuk ke menu Pengaturan, lalu klik Aplikasi, pilih GrabMerchant, terakhir klik Hapus Cache dan Paksa Berhenti (namanya berbeda di tiap smartphone).

Restart Smartphone

Terkadang masalah akun GrabMerchant tidak bisa login disebabkan trouble aplikasi, entah karena gangguan sistem atau banyaknya data yang masuk. Nah, solusi lain yang disarankan Grab adalah melakukan restart pada perangkat.

Setelah itu, coba buka kembali aplikasi GrabMerchant. Seharusnya, kalau kendala hanya sebatas sistem, proses login akan berhasil. Tapi, kalau masih gagal juga, Anda bisa menerapkan cara yang ketiga.

Login di Smartphone Lain

Yaps, bisa saja hp yang sekarang Anda gunakan tidak memenuhi syarat minimum untuk menggunakan aplikasi GrabMerchant. Pasalnya, ada banyak program dan navigasi yang membutuhkan sistem mumpuni.

Jadi, jalan penyelesaian adalah dengan mencoba login di smartphone lain. Pinjam saja milik teman atau keluarga. Kalau masih belum berhasil, lakukan uninstall dan install kembali GrabMerchant versi terbaru.

Ganti Email Restoran

Solusi selanjutnya jika aplikasi GrabMerchant tidak bisa login bisa dengan mengganti email restoran. Tapi, Anda harus menghubungi CS Grab dan mengisi formulir perihal data-data dari tempat usaha Anda. (link formulir)

Adapun data yang dimaksud adalah nama pemilik, nomor telepon, alamat lengkap, dan yang paling penting foto diri memegang KTP dengan angle yang jelas.

Memang terlihat ribet, tapi ini demi keamanan dan memastikan Anda benar-benar pemilik restoran atau rumah makan tersebut. Lagi pula, banyak ulasan dari beberapa mitra yang berhasil login kembali dengan mengikuti cara ini.

Mengisi Formulir Keluhan

Sebagai penutup, jika masih menemui kendala saat masuk ke aplikasi, cara terakhir untuk mengatasi akun GrabMerchant tidak bisa login adalah dengan menghubungi Customer Service Grab atau mengisi formulir keluhan di link berikut.

Di formulir tersebut ada beberapa kolom yang harus diisi, mulai dari nama pemilik restoran, nomor hp, alamat email, deskripsi permasalahan, hingga tangkapan layar saat kendala terjadi.

Pastikan data-datanya jelas dan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Kalau semua sudah terisi, kemudian klik tombol Kirim. Setelah itu, konfirmasi ke Whatsapp Grab di nomor 082180648787 sebelum jam 10 malam.

Penutup

Jadi kesimpulannya, lakukan proses perbaikan secara mandiri dengan menghapus cache, restart hp, dan login di smartphone yang berbeda. Kalau masih tidak ada hasil, baru hubungi pihak Grab dengan mengikuti tahapan-tahapan sesuai prosedur.

Itulah beberapa solusi terkait cara mengatasi akun GrabMerchant tidak bisa login atau error. Karena masing-masing pengguna mengalami kendala berbeda, Anda dapat mencoba satu per satu cara di atas hingga berhasil masuk ke akun.