Ojek Online, Berikut 6 Pekerjaan yang Tidak Ada di 10 Tahun Lalu!

Ruangojol.com - Seiring berkembangnya teknologi, beberapa pekerjaan baru makin banyak muncul secara tidak terduga. Ada yang karakternya part time atau paruh waktu, ada pula yang full time alias penuh waktu. 

Beberapa pekerjaan ini bergelut di beberapa sektor, tetapi memang semuanya memiliki jalinan dengan tehnologi. Ditegaskan bermacam pekerjaan yang baru yang diartikan tidak pernah ada di Indonesia sepanjang 10 tahun yang lalu. Ingin tahu? Yok simak ulasannya.

Driver Online

Di tahun 2010, lebih persisnya di bulan Oktober, Gojek barusan berdiri. Tetapi, servicenya belum berbasiskan program, tetapi call center. Order ojeknya pada waktu itu dapat memakai Blackberry Messenger alias BBM. So, abang-abang sopirnya tidak dapat dong dikatakan sebagai ojek online.

Siapa kira, saat Gojek dikeluarkan tahun 2015, karena itu pekerjaan baru berbentuk ojek online semakin banyak muncul. Bertepatan dengan itu, service taksi online dari Uber semakin terkenal.

Operator atau Pilot Drone

Mana ada karier ini 10 tahun lalu, wong drone baru terkenal pada tahun 2013-an! Dahulu, orang menyaksikan drone untuk keperluan video aerial sebagai hoby mahal. Tetapi, seiring waktu berjalan, hoby itu dapat hasilkan cuan gede.

Cukup banyak kan agensi-agensi penyuplai layanan multimedia yang sediakan layanan video aerial. Client mereka juga bermacam, dan yang termahal tentu saja yang ingin sewa untuk keperluan acara pesta pernikahan.

Social Media Influencer

YouTube sudah ada semenjak tahun 2005, tetapi pada tahun 2010, masyarakat Indonesia belum mengenali apakah itu YouTuber. Saat itu, Instagram juga diakusisi Facebook tahuh 2012 dan mulai terkenal di Indonesia tahun 2013. Terang tidak ada selebgram pada waktu itu terkecuali beberapa selebritis betulan yang main Instagram.

Susah untuk seorang untuk bisa saja populer saat sebelum dua basis ini dipakai. Tetapi saat ini, siapa saja dapat populer. "Influencer" saat ini sudah jadi pekerjaan baru. Mereka yang ingin jadi influencer, tidak perlu harus pernah ada di tv dahulu dan terkenal, siapa saja dapat asal punyai banyak pengikut dan subscriber.

Teknisi Artificial Intelligent

Walau pada tahun 1990-an telah ada beberapa film yang tampilkan tehnologi artifical intelligence (AI). "Knight Pembalap" misalnya, yang mengemudikan mobil namanya KITT. Mobil itu dapat bicara seperti J.A.R.V.I.S.-nya Iron Man.

Karena Google, Amazon, dan beberapa perusahaan yang lain, tehnologi ini sukses diwujudkan. Saat itu, beberapa perusahaan tehnologi yang lain juga berlomba membuat tehnologi AI. Di Indonesia, ada Snapcart, Kata.ai, BJtech, Sonar, Nodeflux, Bahasa.ai, Prosa.ai, Dattabot, Eureka.ai, AiSensum dan Deligence.ai.

Doktor Telemedis

Profesi ini sesungguhnya karier dokter saja. Yang membandingkan ialah, tempat di mana mereka praktek. 10 tahun lalu, tempat praktek mereka tentu saja di dalam rumah sakit atau klinik. Tetapi saat ini, sejumlah besar dari mereka dapat praktek online dalam suatu program dan menjawab keluh kesah pasien lewat chat.

Halodoc adalah salah satunya pion dari program telemedis di Indonesia. Kecuali Halodoc sesungguhnya ada pula Konsula, tetapi Konsula telah beralih menjadi Lemonilo.

Digital Marketing Specialist

Pekerjaan satu ini saat ini banyak mulai disukai beberapa orang. Bayarannya tidak bermain-main. Pekerjaan mereka agak banyak karena digital pemasaran itu benar-benar luas, dan hal tersebut mencakup layanan pengerjaan web, SEO spesialis, dan iklan digital.

10 tahun lalu, beberapa perusahaan cenderung pilih berpromosi di mass media pada harga yang mahal. Tetapi, sekarang ini cukup banyak yang telah berpromosi di Google, Facebook, Instagram, atau YouTube.

Itulah enam jenis pekerjaan yang masih belum pernah ada 10 tahun lalu. Apa ada dari kamu yang sekarang ini bekerja di satu dari enam sektor di atas? Jika dipikirkan, 10 tahun di depan karier apa yang akan tampil? Yang pasti, mobil listrik mulai banyak muncul, saat itu tehnologi mobil tanpa pengemudi juga ada.