Bahaya, Ini Dia Efek Bintang 1 Gojek yang Wajib Diketahui Driver

Berikut beberapa efek bintang 1 Gojek yang harus diketahui semua driver. Tingkatkan layanan agar orderan tetap gacor setiap harinya.

Ruangojol.com - Efek Bintang 1 Gojek, Gojek merupakan salah satu layanan transportasi online terpopuler. Sampai sekarang, setidaknya ojol yang identik dengan warna hijau ini sudah menyebar ke hampir semua kota di Indonesia, bahkan daerah-daerah terpencil.

Bahaya, Ini Dia Efek Bintang 1 Gojek yang Wajib Diketahui Driver

Bagi semua driver, rating merupakan kunci untuk mendapatkan banyak orderan. Pasalnya, pihak layanan melihat kinerja mitra berdasarkan rating. Jika rendah, maka ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi, salah satunya akun dinonaktifkan.

Nah, mengingat pemberian rating dilakukan langsung oleh penumpang, sudah seharusnya driver menjaga sikap agar ngebid tetap lancar. Sebagai pengingat, berikut kami rangkum beberapa efek bintang 1 Gojek dan penyebabnya.

Apa Saja Efek Bintang 1 Gojek?

Saat ini algoritma Gojek bukan hanya memilih driver terdekat, juga memperhitungkan kinerja dan performa. Jadi, semakin tinggi rating yang diperoleh, maka driver akan terus direkomendasikan ketika ada orderan masuk.

Berikut efek bintang 1 atau rating rendah Gojek dan layanan ojek online lain yang harus diketahui semua driver.

1. Orderan Anyep

Apa kamu pernah merasakan orderan sepi padahal driver lain gacor-gacor? Bisa jadi ini karena ada penumpang yang memberikan rating rendah. Ya, salah satu efek bintang 1 Gojek adalah menurunnya orderan, bahkan bisa sampai berhari-hari.

Meskipun sebelumnya kamu termasuk driver prioritas, tapi kalau pernah mendapatkan ulasan negatif dari penumpang, Gojek akan menghukum dengan mengalihkan orderan untuk driver lain yang punya performa lebih bagus.

Bicara soal rating, dalam 25 orderan terakhir, driver harus mengantongi minimal 4,6 bintang. Ini terbilang cukup rendah mengingat rata-rata rating driver 4,8 ke atas.

2. Akun Ditangguhkan (Suspend)

Setelah mempengaruhi orderan, efek bintang 1 Gojek tahap berikutnya adalah penangguhan akun. Ini terjadi karena tidak ada peningkatan kinerja dari driver. Biasanya, pihak layanan akan melihat performa berdasarkan waktu penjemputan dan jumlah orderan.

Jadi, kalau sebelumnya akun kamu anyep, anggap saja itu sebagai teguran agar ke depannya lebih baik lagi. Jangan karena dapat bintang 1 kamu jadi malas-malasan. Tingkatkan lagi kinerja, dan selalu ambil sisi positif dari setiap masalah.

3. Putus Hubungan Mitra

Ini adalah efek bintang 1 Gojek yang harus dihindari semua driver. Ketika rating sudah semakin parah dan tidak ada peningkatan kinerja, maka Gojek akan memutuskan hubungan mitra secara sepihak. Hal ini sering terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Jadi, kalau kamu ingin tetap mendapat penghasilan dari Gojek, pertahankan kinerja dan kalau bisa tingkatkan lagi layanan agar penumpang puas dengan memberikan bintang 5 serta ulasan positif.

Penyebab Rating Rendah dan Cara Meningkatkannya

Setelah memahami apa saja efek bintang 1 Gojek, pada ulasan berikut kami akan menjelaskan penyebab rating rendah dan apa saja hal yang harus dilakukan untuk meningkatkannya.

1. Driver Kurang Sopan

Dalam persyaratan daftar Gojek, ada poin yang mengatakan, “mitra harus berperilaku sopan dan ramah”. Ini bukan sekedar tulisan semata. Sebab, ketika penumpang merasakan ada yang tidak beres dengan driver, dia berhak untuk memberikan rating rendah.

Jadi untuk mengatasinya, setiap ada orderan pastikan kamu menjaga perilaku dan ucapan. Jangan mengatakan kalimat yang malah membuat penumpang jadi tidak nyaman.

2. Pelayanan Buruk

Pelayanan Gojek menyangkut hal-hal standar seperti mengenakan pakaian rapi, kendaraan bersih, dan menggunakan wewangian (parfum & deodoran). Selain itu, jangan lupa untuk selalu melemparkan senyum dan berhati-hati ketika berkendara.

3. Penumpang Tidak Mengerti

Sering kejadian driver sudah memberikan pelayanan maksimal namun penumpang masing memberikan bintang satu. Setelah diselidiki, ternyata ulasannya tidak nyambung dan cenderung meremehkan rating Gojek.

Padahal, seperti yang dijelaskan di atas, ketika penumpang memberikan bintang 1, driver bisa kehilangan pekerjaan. Untuk itu, semua penumpang juga harus mengerti bahwa rating bukanlah sebuah permainan.

Kesimpulan

Selain sebagai pelopor ojek online, Gojek juga menghadirkan banyak layanan menarik yang sangat membantu masyarakat maupun UMKM untuk mengembangkan usahanya. Setidaknya sampai saat ini Gojek sangat berjasa meningkatkan kesejahteraan orang banyak. 

Jadi, itulah ulasan singkat tentang efek bintang 1 Gojek yang harus dipahami semua driver. Intinya, apapun pekerjaan kita selalu jaga sikap dan lisan. Selain itu, perhatikan kebersihan diri maupun kendaraan agar konsumen merasa dilayani dengan baik.