Kenapa Saldo GoPay Tidak Masuk? Ini Solusi Lengkap dari Gojek

Ruangojol.com - Sebagai penumpang maupun driver Gojek, saldo GoPay cukup penting untuk meminimalisir penggunaan uang tunai. Namun, tak sedikit pengguna mengalami saldo GoPay tidak masuk padahal informasi yang diberikan sudah benar.

Kenapa Saldo GoPay Tidak Masuk? Ini Solusi Lengkap dari Gojek

Jika hal ini terjadi, kita pasti panik dan takut uangnya hangus. Apalagi kalau nominalnya sangat besar. Dalam pengisian saldo, Gojek memberikan batas minimal Rp2 juta dan Rp10juta untuk GoPay Plus atau akun yang sudah di-upgrade.

Pada dasarnya, pihak Gojek sendiri sudah memberikan panduan untuk mengatasi saldo GoPay tidak masuk. Jadi, bisa dibilang ini termasuk masalah biasa yang tidak perlu dikhawatirkan.

Penyebab Saldo Gopay Tidak Masuk

Beberapa waktu lalu memang banyak pengguna berbagi pengalaman saldo tidak masuk. Pihak Gojek sendiri mengatakan kalau hal tersebut terjadi karena gangguan sistem.

Karena memiliki banyak pengguna, tak jarang sistem mengalami gangguan sehingga menyebabkan top up gagal. Selain itu, penyebab saldo GoPay tidak masuk juga dapat disebabkan oleh beberapa hal.

  1. Gangguan sistem atau jaringan
  2. Memasukkan nomor GoPay yang salah
  3. Top up di tanggal merah dan libur nasional
  4. Ketika mengisi saldo GoPay di Alfamart, sistem mereka sedang error.
  5. Akun GoPay diblokir karena menerima dana dari aplikasi penghasil uang ilegal

Berdasarkan kebijakan Gojek, pengguna yang mengalami saldo tidak bertambah harus menunggu maksimal 2x24 jam di hari kerja. Dengan catatan Sabtu, Minggu dan tanggal merah tidak dihitung.

Cara Mengatasi Saldo GoPay Tidak Masuk

Berikut beberapa solusi ampuh berdasarkan keterangan dari Gojek yang bisa diterapkan bila saldo GoPay tidak bertambah setelah top up. 

1. Cek Bukti Transfer

Solusi pertama jika saldo GoPay tidak masuk bisa dengan memeriksa bukti transfer guna memastikan nomor yang dimasukkan sudah benar. Kalau ternyata salah, meskipun 1 angka, kemungkinan untuk refund akan sangat kecil.

Oleh karena itu, sebelum melakukan top up GoPay di Alfamart atau bank, periksa dua kali untuk memastikan tidak ada angka yang keliru.

2. Cek Riwayat Transaksi

Selanjutnya coba cek transaksi dengan cara masuk ke menu Riwayat di aplikasi Gojek. Terkadang notifikasi pengisian saldo tidak muncul di aplikasi, sehingga untuk memastikan kamu harus melihatnya secara manual.

3. Tunggu Hingga 2x24 Jam

Seperti penjelasan di awal, maksimal saldo masuk adalah 2x24 jam. Jika belum lewat batas tersebut, mungkin hari ini GoPay gangguan atau error. Disamping itu, karena Sabtu dan Minggu libur, kalau kamu top up di hari Jum’at, paling lambat saldo akan masuk Senin.

4. Hentikan Paksa Aplikasi Gojek

Sebenarnya tiga metode di atas sudah cukup untuk mengatasi saldo GoPay tidak masuk. Tapi kalau masih belum berhasil, silahkan hentikan paksa aplikasi Gojek. Kalau dibutuhkan, restart smartphone atau update aplikasi ke versi terbaru.  

5. Komplain ke Pihak Gojek

Solusi terakhir untuk mengatasi saldo GoPay belum masuk adalah memanfaatkan opsi “Hubungi Kami” di laman aplikasi Gojek. Tapi cara ini hanya berlaku di smartphone atau tablet dan sudah melewati 2x24 jam.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi CS Gojek lewat telepon atau email. Tidak ada prosedur khusus, kamu tinggal dial nomor 021-50849000 atau email ke customerservice@gojek.com. Setelah itu sampaikan permasalahanya.

Kesimpulan

GoPay adalah metode pembayaran Gojek yang juga termasuk dompet digital terpopuler di Indonesia. Kehadirannya dinilai menjebatani kemudahan transaksi melalui aplikasi smartphone tanpa prosedur yang ribet.

Demikian ulasan singkat tentang cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk. Jadi, sudah jelas kan masalahnya? Kalau hal ini terjadi lagi, sebaiknya tunggu hingga batas yang ditentukan baru gunakan opsi “Hubungi Kami” di halaman aplikasi