Apa Itu GoTo? Layanan, Cara Kerja, dan Kelebihan

Ruangojol.com - Apa itu GoTo? – Nama besar Gojek dan Tokopedia sebagai raksasa startup tanah tak lepas dari layanan yang dihadirkan. Seperti yang kita tahu, baru-baru ini keduanya memutuskan untuk merger dan berdiri di bawah naungan satu perusahaan, yakni GoTo Group.

Apa Itu GoTo? Layanan, Cara Kerja, dan Kelebihan

Meskipun begitu, Gojek dan Tokopedia tetap berjalan sesuai identitasnya masing-masing. Sampai saat ini tidak ada wacana untuk mengubah nama maupun logo.

Namun, yang jadi pembeda adalah struktur perusahaan dan mungkin dalam waktu dekat akan muncul layanan baru atau mengubah sistem yang sudah ada. Untuk mengenal lebih dekat apa itu GoTo, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu GoTo?

Secara harfiah, GoTo adalah singkatan dari Gojek dan Tokopedia. Sementara makna kata GoTo sendiri bisa diartikan sebagai semangat persatuan untuk menggapai masa depan lebih baik dengan mengambil filosofi dari gotong-royong.

Apa Itu GoTo? Layanan, Cara Kerja, dan Kelebihan

Bergabungnya Gojek dan Tokopedia membawa semangat perubahan dan visi misi baru. GoTo Group akan menggabungkan e-commerce, layanan keuangan, ojek online, dan platform digital.

GoTo adalah Sebuah kolaborasi bisnis “termegah” dari dua startup terbesar di Indonesia yang berstatus decacorn dan unicorn. Uniknya, langkah merger ini didukung oleh perusahaan raksasa dunia seperti Alibaba, Google, hingga Facebook.

Untuk struktur perusahaan, Andre Soelistyo didapuk sebagai CEO GoTo Group, dan Patrick Cao sebagai Presiden dari GoTo Group. Nama-nama lama seperti Kevin Aluwi dan William Tanuwijaya tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan Tokopedia.

Layanan dari GoTo Group

Selain Gojek dan Tokopedia, nantinya akan hadir GoTo Financial yang direncanakan akan menggarap potensi perekonomian dengan cakupan yang lebih luas. Selain itu, masih banyak layanan yang berdiri di bawah naungan Grup GoTo.

Tentunya sebagian besar merupakan layanan lama yang sudah ada di Gojek dan Tokopedia. Kalau kamu belum tahu apa layanan dari GoTo Group, berikut daftar lengkapnya.

1. On Demand Service

Semua layanan ini sebelumnya di bawah naungan Gojek. Untuk mobilitas dan logistik ada GoRide, GoCar, GoTransit, GoBlueBird, GoSend, dan GoBox. Sementara di sektor food & shooping ada GoFood, GoShop, dan GoMart.

Selain itu, GoTo juga memiliki layanan hiburan dan gaya hidup, seperti GoPlay, GoTIX, GoService, GoNews, GoFitness, GoMed, GoMall, dan GoGamers.

2. Financial Service

Masih sama seperti sebelumnya, layanan keuangan sebelumnya juga berada di bawah kendali Gojek. Setidaknya sampai saat ini ada 9 layanan, di antaranya GoPay, PayLater, GoSure, GoStore, GoInvestasi, Moka, GoBiz Plus, Midtrans, dan Selly.

Disamping itu, GoTo juga bekerja sama dengan lebih dari 20 bank dan institusi keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. e-Commerce

Nah, untuk e-commerce daftarnya ada marketplace, Tokopedia Salam, Produk Digital, Solusi Bisnis, Dhanapala, Mitra Tokopedia, Toko Cabang, Tokopedia Parents, Tokopedia Prints, Tokopedia Wedding, dan semua layanan yang sebelumnya sudah ada di Tokopedia.

Cara Kerja GoTo (Gojek Tokopedia)

Sementara tidak ada perbedaan berarti pada sistem dan cara kerja. Gojek dan Tokopedia akan tetap berjalan seperti biasa. Namun, GoTo bisa jadi pendorong agar layanan yang sudah ada semakin meningkat dan berkembang.

Disamping itu, GoTo juga akan mengintegrasikan semua komponen pada kedua perusahaan. Tapi, mungkin butuh waktu yang tidak sebentar. Sebab, menggabungkan startup dengan fokus dan layanan berbeda pasti sangat sulit.

Kelebihan GoTo (Gojek Tokopedia)

Setelah mengulas apa itu GoTo, layanan, serta cara kerja, selanjutnya admin akan coba menyimpulkan kelebihan GoTo yang bisa dirasakan konsumen dan  mitra Gojek Tokopedia ke depannya.

  1. Gojek akan jadi ekspedisi resmi untuk pengantaran barang dari Tokopedia
  2. Akses layanan semakin menarik dengan sistem yang terintegrasi
  3. GoPay PayLater bisa jadi solusi akhir bulan untuk customer setia Tokopedia
  4. Ada voucher dan promo menarik dari Gojek ke Tokopedia ataupun sebaliknya

Karena masih hitungan hari, belum banyak kelebihan GoTo yang bisa terlihat. Mungkin saat ini petinggi Gojek dan Tokopedia sedang merancang sebuah layanan baru yang bisa jadi andalan di masa depan.

Kalau melihat logo GoTo, di sana terlihat tulisan “Go Far, Go Together” yang kalau diartikan  kurang lebih, “Jika ingin mencapai tujuan besar, kita harus bergandengan tangan”. Ini juga bisa digambarkan sebagai semangat persatuan.

Jadi, itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang mergernya Gojek dan Tokopedia. Semoga ulasan ini bisa menjawab rasa penasaran tentang apa itu GoTo, layanan yang dihadirkan, dan seperti apa cara kerjanya.