Akun Shopee Food Belum Aktif? Cek Penyebab dan Solusinya

Ruangojol.com - Ketika dinyatakan lulus seleksi, calon driver Shopee Food belum bisa langsung menerima orderan. Sebab, ada satu tahapan lagi yang harus dipenuhi, yakni mengaktifkan akun Shopee Food. Untuk caranya, simak ulasan ini sampai selesai, ya!

Cara mengatasi akun shopee food belum aktif

Seperti yang kita tahu, Shopee Food masih beroperasi di sekitar Jabodetabek saja. Namun, antusiasme masyarakat untuk jadi mitra driver maupun merchant sangat tinggi. Hal ini tak lepas dari gaji dan promo yang ditawarkan.

Nah, karena masih banyak yang belum tahu cara mengatasi akun Shopee Food belum aktif, berikut panduan lengkap yang harus kamu lakukan jika ingin mengaktifkan akun agar bisa menerima orderan.

Penyebab Akun Shopee Food Belum Aktif

Seperti halnya masalah lain, akun driver Shopee Food belum aktif terjadi karena ada alasannya. Oleh karena itu, sebelum membahas solusi, pahami dulu apa saja penyebabnya berikut ini yang dirangkum berdasarkan keterangan pihak Shopee.

1. Belum Registrasi di ShopeeFood Driver Center

Kemungkinan pertama adalah kamu belum melakukan registrasi atau pendaftaran di ShopeeFood Driver Center. Pasalnya, tahap ini jadi syarat penting agar pengemudi bisa mengaktifkan akun menjalankan orderan pertama.

2. Dokumen Belum Lengkap

Kemudian, penyebab akun Shopee Food belum aktif juga bisa terjadi karena kamu belum melengkapi dokumen. Saat pendaftaran, pihak Shopee akan meminta SKCK, formulir, KTP, dan data lainnya sebagai syarat menjadi driver.

Jadi, sebaiknya lengkapi dokumen tersebut sesegera mungkin agar tempat kamu tidak diambil orang lain. Kalau belum punya SKCK, silahkan datang ke Polresta dengan membawa KTP/SIM, KK, akta kelahiran, surat pengantar, dan pas photo 4x6 6 lembar.

3. Belum Mengambil Atribut Driver

Sudah menunggu lama tapi akun Shopee Food belum aktif? Mungkin saja karena kamu tidak memiliki atribut. Pasalnya, setiap driver harus mengenakan seragam (helm, jaket, delivery bag) jika ingin menjalankan orderan.

Biasanya, pihak Shopee akan mengirimkan undangan kepada pendaftar yang lulus untuk segera mengambil atribut di kantor Shopee Food. Jadi, kalau kamu sudah dapat undangan, jangan sia-siakan kesempatan ini, ya!

Lantas, berapa lama akun Shopee Food driver aktif? Semuanya tergantung pihak operator. Kalau tidak ada kendala, maksimal 1 bulan akun kamu sudah bisa dijalankan. Tapi dengan syarat semua dokumen sudah lengkap.

Cara Mengatasi Akun Shopee Food Belum Aktif

Jika sudah mengetahui penyebabnya, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan agar akun Shopee Food kamu bisa aktif.

1. Registrasi di Shopee Food Driver Center

Pertama lakukan registrasi setelah menyelesaikan tahap pendaftaran. Karena biasanya, kamu akan dapat pesan Whatsapp berisi ajakan untuk registrasi lanjutan. Ikuti saja semua informasi yang diberikan sampai akun kamu benar-benar aktif.

2. Lengkapi Data dan Persyaratan

Kemudian, jika akun Shopee Food belum aktif, coba cek informasi yang kamu input sebelumnya. Kemungkinan ada data yang tertinggal atau persyaratan tidak memenuhi kriteria. Selain itu, isi juga nomor rekening di aplikasi driver.

3. Segera Ambil Atribut

Selanjutnya, ketika sudah dapat undangan pengambilan atribut, segera datang ke Shopee Food Care sesuai tanggal, jam, dan lokasi yang sudah ditentukan. Syarat ini sangat penting kalau kamu ingin menjadi driver dan mengaktifkan akun.

Selain tiga poin di atas, kamu bisa menghubungi call center Shopee Food jika ada pertanyaan atau kendala saat melengkapi berkas-berkas.

Kesimpulan

Jika semua poin di atas sudah dilakukan, maka akun mitra akan diaktifkan secepatnya. Namun, kalau prosesnya hingga berbulan-bulan, kamu bisa mention admin Shopee di Twitter untuk minta solusi terbaik.

Demikian ulasan tentang akun Shopee Food belum aktif beserta penyebab dan cara mengatasinya. Agar kamu bisa langsung ikuti bergabung dengan driver lainnya, pahami setiap poin dengan baik, ya! Semoga bermanfaat!