Tips Menghindari Penipuan Ojek Online

Tips Menghindari Penipuan Driver Ojek Online yang wajib dipelajari oleh semua driver ojol. Laporan tentang berita terbaru menyoroti penipuan ojol
Ruangojol.com - Tips Menghindari Penipuan Driver Ojek Online yang wajib dipelajari oleh semua driver ojol. Laporan tentang berita terbaru menyoroti penipuan yang melibatkan ojek online yang menjadi korban penipuan kartu debit. Penipuan adalah contoh dari taktik rekayasa sosial yang digunakan oleh penipu yang mengeksploitasi manusia untuk membantu seseorang yang membutuhkan. Berikut beberapa tips tentang cara mengenali dan menghindari penipuan.

Tips Menghindari Penipuan Ojek Online

Dalam versi terbaru dari penipuan orderan palsu yang dilakukan penipu yang menyamar sebagai pelanggan, sehingga para korban mengira mereka membantu seseorang dengan membayar driver ojek online dengan kartu debit mereka karena layanan ojol kebanyakan selama pandemi COVID-19. Korban ditawari ongkos tunai sebagai imbalan membayar perjalanan dengan kartu debit mereka.

Orang yang bermaksud baik dalam menawarkan untuk membayar ongkos kemudian kartu debitnya dicuri, bersama dengan PIN mereka, dan diganti dengan kartu debit lain yang menyerupai milik mereka. Sopir taksi palsu dan komplotannya kemudian menggunakan kartu debit korban untuk melakukan pembelian dan penarikan yang tidak sah.

Bagaimana Menghindari Penipuan Kartu Kredit dan Debit pada Ojek Online?

  1. Bersikaplah ragu pada sesuatu yang mencurigakan. Ojek Online memang jarang menerima uang tunai selama pandemi, jadi jika seseorang mencoba meyakinkan Anda sebaliknya, ini adalah tanda bahaya bahwa ini mungkin penipuan.
  2. Jangan pernah menyerahkan kartu Anda atau memberitahukan PIN Anda kepada orang lain. Jika Anda menyerahkan kartu, pastikan bahwa kartu yang dikembalikan adalah kartu yang sama.
  3. Jika Anda diminta untuk memasukkan atau mengetuk kartu Anda, waspadalah terhadap terminal titik penjualan nirkabel palsu atau yang tidak terhubung ke internet. Jika ada sesuatu yang tampak aneh, jangan lanjutkan transaksinya.
  4. Jika Anda merasa menjadi korban penipuan kartu debit, segera hubungi bank dan mereka akan mengambil langkah yang tepat untuk melindunginya. Misalnya, mereka mungkin memblokir kartu Anda untuk mencegah kerugian, meminta Anda untuk mengubah PIN atau membatalkan kartu dan mengeluarkan kartu Atm yang baru.
Bank dapat menangani penipuan kartu debit dengan sangat serius dan bekerja sepanjang waktu untuk melindungi pelanggan dari transaksi tidak sah di akun mereka. Penting juga untuk diingat bahwa sebagai pengguna kartu debit, Anda dilindungi oleh kode praktik untuk layanan kartu debit konsumen dan kebijakan Interac yang menjamin jika menjadi korban penipuan kartu debit, Anda akan mendapatkan uang kembali dari bank.

Jadi Anda sebagai driver Ojek Online tidak perlu khawatir jika terjadi hal seperti yang di sebutkan. Bank memahami bahwa menjadi korban penipuan kartu debit dapat membuat nasabah kesal. Mereka akan segera menyelidiki insiden yang dilaporkan dan korban penipuan akan mendapatkan uangnya kembali secepat mungkin.