Tips Perawatan Motor Bagi Driver Ojol

Tips Perawatan Motor Bagi Driver Ojol yang wajib dilakukan secara berkala. Menjadi driver ojek online di Indonesia sudah menjadi hal yang lumrah.
Ruangojol.com - Tips Perawatan Motor Bagi Driver Ojol yang wajib dilakukan secara berkala. Menjadi driver ojek online di Indonesia sudah menjadi hal yang lumrah. Di tengah kebutuhan ekonomi yang mendesak, tidak sedikit orang yang tertarik untuk berkarir menjadi ojek online.
 
Gambar motor ojol

Penghasilan harian yang wajar membuat pasangan lebih setia pada pekerjaannya. Salah satu faktor penghasil penghasilan ojek online tentu saja jumlah penggunanya yang besar. Pengguna ojol juga bermacam-macam dari siswa hingga karyawan swasta.

Dalam kesehariannya, para driver ojol pasti harus menggunakan sepeda motor. Sebagai sumber penghasilan, sepeda motor milik pengendara ojol harus dijaga dengan baik. Selain itu, menempuh jarak jauh sambil bekerja sudah pasti menjadi beban tersendiri bagi sepeda motor tersebut. Oleh karena itu, mitra ojek online dituntut untuk lebih sering merawat motornya dibanding pengendara sepeda motor lainnya. Berikut beberapa tipsnya:

Tips Perawatan Motor Bagi Driver Ojol

1. Secara teratur memanaskan motor

Pengemudi ojol biasanya menghabiskan waktu lebih lama dari pengendara motor lainya setiap hari. Oleh karena itu, mempersiapkan sepeda motor sebelum digunakan juga perlu. Salah satu persiapannya adalah memanaskan mesin motor setiap hari.

Salah satu maanfaat memanaskan mesin adalah untuk mengurangi gesekan yang terjadi saat digunakan. Saat menggunakan motor, mesin yang dingin berisiko menimbulkan terlalu banyak gesekan. Gesekan berlebih terjadi karena oli tidak bersirkulasi ke seluruh bagian mesin sehingga mengakibatkan tidak terlumasi seluruhnya.

2. Mengganti oli secara berkala

Pada mesin sepeda motor, oli berperan sebagai pelumas. Artinya saat mesin dihidupkan, oli melapisi komponen mesin motor agar semua bagian penggerak bekerja secara maksimal. Untuk sepeda motor matik, oli juga berfungsi sebagai agen anti karat yang memungkinkan masa pakai motor lebih tahan lama.

3. Periksa ban motor

Pengendara ojol mengandalkan layanan antar-jemput sebagai sumber pendapatan utama mereka. Tidak hanya mesin sepeda motor yang memiliki beban akan tetapi ban juga menjadi fokus utama pengemudi ojol. Menjaga ban tetap awet bagi pengendara tentunya sulit karena kemampuan manuver perjalanan yang tinggi. Namun hal tersebut tentunya tidak memungkinkan jika para driver ojol rajin mengecek kondisi ban setiap minggunya.

Bagaimana Cara Memeriksa Ban Motor bagi Driver Ojol?

Ban sepeda motor mempunyai kapasitas yang terbatas, semakin rendah tekanan udara pada ban sepeda motor maka semakin berat ban sepeda motor tersebut. Tekanan yang kuat ini dapat menyebabkan ban cepat aus atau menjadi botak.

Pengemudi juga perlu mengecek kondisi ventilasi udara dan kekencangan ban. Ban yang bocor atau permukaan jalan yang tidak rata akan merusak bentuk roda. Kekencangan sisi ban dan roda bisa dilonggarkan agar angin bisa lepas. Meski terlihat sedikit Namun selalu cek kondisi ban untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bekerja.

Hal inilah yang harus diperhatikan oleh driver ojol saat merawat sepeda motor. Bukan sekedar memanaskan mesin sebelum dihidupkan. Namun kondisi oli juga harus diperhatikan sebagai pelumas sepeda motor dan untuk ban yang berperan sebagai pembawa tekanan penahan beban. Perawatan motor harus dibiasakan. Kebiasaannya adalah menjaga agar sepeda tetap dalam kondisi terbaiknya, tidak mudah rusak, agar dapat digunakan tanpa halangan apapun semoga artikel ini bermanfaat.