Cara Mengatasi Akun Mitra Shopee Food Ditahan Terbaru 2021

Ruangojol.comShopee Food menjadi satu dari sekian aplikasi pesan antar makanan yang cukup berkembang di Indonesia. Namun, belakangan mitra driver sering mengeluh akun Shopee Food ditahan sehingga mereka tidak bisa menerima orderan.


Cara Mengatasi Akun Mitra Shopee Food Ditahan Terbaru


Seperti yang kita tahu, Shopee Food merupakan layanan dari Shopee dengan fokus utama memberi akses pada masyarakat yang ingin memesan makanan secara online dan mendukung UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Nah, kalau kamu seorang driver Shopee Food dan sedang mengalami masalah seperti ini, berikut penjelasan lengkap tentang penyebab dan cara mengatasi akun mitra Shopee Food ditahan.

Penyebab Akun Mitra Shopee Food Ditahan

Pada banyak kasus, masalah akun yang ditahan cukup membingungkan. Sebab, driver merasa tidak pernah melakukan pelanggaran atau tindakan mencurangi sistem. Tapi tetap saja Shopee Food mengirim notifikasi penahanan akun.

Kalau seperti ini, kemungkinan ada penyebab lain yang membuat akun Shopee Food driver ditahan. Berikut penjelasannya:
  1. Ada orang yang menuduh kamu curang (nuyul) dan melaporkannya ke Shopee
  2. Sistem Shopee Food masih belum sempurna dalam mendeteksi pelanggaran
  3. Hanya menerima orderan dari 1 merchant atau resto
  4. Menggunakan aplikasi modifikasi atau aplikasi tambahan
  5. Belum menerima undangan pengambilan atribut
Selain itu, kalau kamu belum melengkapi berkas-berkas atau dokumen pendaftaran, sangat besar kemungkinan akun ditahan dan tidak bisa menerima orderan selama 7 hari atau bahkan berbulan-bulan.

Cara Mengatasi Akun Mitra Shopee Food Ditahan

Setelah mengetahui apa saja alasannya, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi akun driver Shopee Food ditahan. Karena penyebabnya berbeda-beda, sesuaikan saja metode di bawah ini dengan masalah kamu sendiri.

1. Jalankan Orderan Sesuai Ketentuan

Shopee Food sangat menekankan pada driver agar tidak menerima orderan di restoran yang sama dalam waktu singkat. Pasalnya, aktivitas ini akan terdeteksi sebagai pelanggaran berat yang menyebabkan akun ditahan atau bahkan dibekukan.

Jadi, ketika mencari orderan sebaiknya jangan mangkal di tempat yang sama. Kamu bisa berpindah-pindah tempat menyesuaikan jarak dan lokasi merchant.

2. Hindari Aplikasi Tambahan atau MOD

Kemudian, hindari juga menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi yang sudah dimodifikasi. Karena tentunya ini termasuk tindakan curang dan sangat dilarang Shopee Food. Untuk kasus ini, akun bisa ditahan maksimal 7 hari kerja.

3. Segera Ambil Atribut Shopee Food

Nah, di Facebook banyak driver Shopee Food yang sudah dapat undangan tapi tidak segera mengambil atribut. Kalau sudah seperti ini, pasti akun mitra Shopee Food ditahan dan harus menunggu jadwal undangan berikutnya.

4. Melakukan Banding

Jika akun ditahan, kamu akan mendapatkan akumulasi 75 poin pelanggaran. Tapi, kamu bisa mengajukan banding dalam waktu 7 hari ke depan dengan mengisi formulir banding di halaman ini https://help.shopee.co.id/s/contactusform.

Apabila banding ditolak atau tidak ada konfirmasi lebih lanjut, maka kamu harus menunggu periode sanksi berakhir sebelum bisa menerima orderan kembali.

5. Kunjungi Kantor Cabang Shopee Food

Terakhir, kalau empat opsi di atas belum berhasil mengatasi akun driver Shopee Food ditahan, kamu bisa mendatangi langsung kantor cabang Shopee Food dengan membawa dokumen pendukung seperti e-KTP, SIM, dan STNK (tidak boleh diwakilkan).

Kesimpulan

Dengan hadirnya Shopee Food, masyarakat jadi punya banyak pilihan jika ingin memesan makanan secara online. Selain itu, pemilik resto juga bisa mendapatkan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi akun mitra Shopee Food ditahan beserta penyebabnya. Jadi, kalau kamu merasa tidak pernah melakukan pelanggaran, sebaiknya ajukan banding saja atau datangi langsung kantor Shopee Food terdekat.