Syarat dan Cara Banding Shopee Food Driver Terbaru 2021

Ruangojol.com - Seorang driver Shopee Food dituntut untuk mengikuti semua prosedur yang ada. Namun seringkali, terjadi pelanggaran yang menyebabkan akun ditangguhkan, sehingga cara banding driver Shopee Food wajib dipahami agar akun dapat dipulihkan.

Syarat dan Cara Banding Shopee Food Driver Terbaru


Adapun prosedur yang dimaksud dapat dilihat pada kolom kode etik yang tertera di aplikasi driver. Apabila pelanggaran sudah melebihi batas wajar, maka pihak Shopee Food tidak segan-segan memutus kontrak kerja.

Namun, sanksi yang diberikan dapat ditolerir asalkan driver memenuhi syarat dan ketentuan. Nah, kalau kamu merasa tidak pernah melanggar prosedur, silahkan simak cara banding Shopee Food driver berikut ini.

Kenapa Akun Driver Dinonaktifkan?

Pada dasarnya, prosedur dibuat untuk memaksimalkan kinerja dan memberi rasa nyaman pada konsumen. Oleh sebab itu, semua driver wajib mematuhinya karena ini akan berdampak pada rating dan performa akun.

Jenis penonaktifan akun ada dua, yakni sementara dan permanen. Kalau pelanggarannya ringan, akun bisa diaktifkan kembali setelah masa “hukuman” berakhir.

Sedangkan untuk pelanggaran berat, dari beberapa kasus yang terjadi sangat kecil kemungkinan akun dapat dipulihkan, sekalipun sudah melakukan banding . Lantas, apa saja penyebab akun driver Shopee Food dinonaktifkan?

Umumnya, penyebab akun driver dinonaktifkan karena terindikasi menggunakan Fake GPS atau aplikasi modifikasi. Selain itu, driver yang sering mendapatkan rating rendah juga sangat rentan mengalami hal tersebut.

Bahkan, beberapa driver ada yang dikenakan sanksi karena dapat keluhan dari konsumen dan cancel orderan secara berturut-turut. Jadi intinya, Shopee Food sangat tegas dalam menindak setiap pelanggaran yang dilakukan mitra.

Syarat Banding Shopee Food Driver

Setelah mengetahui penyebabnya dan kamu merasa tidak pernah melakukan pelanggaran, silahkan persiapkan syarat banding Shopee Food driver berikut sebelum masuk ke langkah-langkah mengatasinya.
  • SIM dan e-KTP yang digunakan saat daftar driver Shopee Food
  • STNK kendaraan yang masih aktif
  • Nomor hp yang bisa dihubungi
  • Alamat email
  • Membawa bukti kalau kamu tak melakukan pelanggaran
Nah, jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, jangan lupa untuk mengajak sesama mitra driver yang tahu riwayat orderan kamu. Ini bisa jadi bukti valid untuk meringankan sanksi.

Cara Banding Shopee Food Driver

Pada dasarnya, cara banding driver Shopee Food hanya bisa dilakukan di kantor Shopee Food. Namun, hubungi dulu customer service untuk memastikan apakah pelanggarannya termasuk ringan atau berat.

Beberapa hal yang harus diketahui jika ingin banding akun Shopee Food driver dinonaktifkan adalah:
  • Setelah sanksi dijatuhkan, kamu punya waktu 7 hari untuk melakukan banding
  • Jika sudah melewati batas waktu tersebut, maka sangat mustahil banding akan diterima
  • Telepon call center Shopee Food di nomor 1500702 untuk mengajukan banding
  • Apabila call center tidak menerima banding kamu, silahkan datangi langsung kantor Shopee Food terdekat
  • Pastikan kamu membawa semua syarat yang tertera di atas
Kalau sudah menemui perwakilan Shopee, kamu akan ditanya data dan kronologi saat sanksi dijatuhkan. Setelah berkas dan banding diterima, dibutuhkan waktu 3x24 jam untuk mengetahui hasil akhirnya.

Kesimpulan

Perlu diingat, meskipun sudah datang ke kantor Shopee Food, tidak ada jaminan pasti sanksi dibatalkan. Keputusan akhir tetap ada di pihak perusahaan. Tapi tenang, kalau kamu tidak bersalah, banding pasti akan diterima.

Jadi, itulah beberapa hal yang harus diketahui tentang cara banding Shopee Food driver beserta syarat dan ketentuannya. Agar hal ini tak lagi terulang, sebaiknya ikuti semua prosedur dengan baik dan jangan pernah memakai Fake GPS.