Tips Memilih Mesin Kasir yang Cocok untuk Usaha di Tahun 2021

Ruangojol.com - Mesin kasir online oleh Majoo adalah aplikasi kasir online terbaik untuk kegiatan wirausaha dan saat ini sudah beredar luas di pasaran untuk mempermudah mencatat seluruh biaya dan juga mencatat pengeluaran dalam bisnismu.


cara memilih mesin kasir terbaik

Namun sebagai pemilik bisnis Anda harus cermat dalam menentukan manakah mesin yang sebaiknya digunakan. Mulai dari kelengkapan perangkat keras, software serta harga jadi pertimbangan utamanya. 

Anda bisa membandingkan beberapa merk mesin kasir untuk mendapatkan yang terbaik. Yang pasti adalah tingkat keawetan yang ditawarkan. Supaya Anda tidak salah pilih, ikuti tips mudah memilihnya berikut ini. 

Tips Mudah Memilih Mesin Kasir yang Berkualitas

Hampir semua jenis bisnis yang membutuhkan transaksi secara langsung membutuhkan mesin kasir. Melalui mesin ini aktivitas transaksi bisa berjalan dengan lancar. Karena identifikasi produk berjalan dengan lebih cepat. 

Selain itu mesin kasir juga bisa mencatat data konsumen, di mana data ini bisa jadi bagian penentuan strategi marketing. Sangat mudah menggunakan mesin kasir, tapi untuk memilih mana yang berkualitas Anda perlu berhati-hati. Berikut tipsnya. 

1. Kelengkapan perangkat keras

Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa saja perangkat keras yang ditawarkan oleh penjual. Mesin kasir biasanya terdiri dari printer, scanner, cash drawer beserta LCD. Kelengkapan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

sumber: majoo.id

Ada jenis usaha yang tidak membutuhkan scanner, ada juga yang membutuhkannya. Jika Anda membuka usaha retail, maka scanner dibutuhkan untuk scanning barcode dari produk. Dengan begitu proses transaksi dan inventory jadi lebih mudah. 

Beda lagi jika Anda membuka usaha di bidang jasa. Karena tak ada produk yang ditawarkan dalam bentuk barang maka scanner tidak dibutuhkan. Inilah salah satu contoh yang bisa Anda perhatikan.

2. Menyediakan POS 

Point of Sales adalah bagian dari software yang juga sebaiknya disediakan satu paket bersama dengan perangkat keras. POS ini berfungsi untuk mencatat semua transaksi secara jelas dan mudah untuk digunakan.

sumber: majoo.id

Perangkat lunak ini akan diinstal pada perangkat keras kasir dan Anda bisa belajar menggunakannya. Seharusnya penjual akan menyediakan training untuk cara penggunaan POS sampai bisa. 

Ada juga beberapa penyedia yang menawarkan hanya program POS saja. Layanan ini tentu bisa jadi solusi jika Anda sudah memiliki perangkat keras minimal tab dan juga printer. Dengan begitu Anda akan mengeluarkan biaya lebih murah lagi. 

3. Memiliki after sales yang baik

Selain menyediakan produk, penyedia mesin kasir juga harus memberikan pelayanan yang baik. Karena hubungan antara konsumen tidak berhenti setelah transaksi pembelian berlangsung. Mengingat yang dijual adalah software maka harus ada after sales. 

sumber: majoo.id

Misalnya saja penginstalan software POS yang diberikan secara gratis beserta pelatihan penggunaannya. Selain itu juga bagaimana layanan customer service ketika terjadi masalah pada software. Cepat tanggap dan ramah bisa menjadi tolak ukurnya. 

Dalam keadaan genting Anda tentu ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik. Apalagi tanpa mesin kasir maka pendataan transaksi akan menjadi kacau. Semakin cepat tanggapan yang diberikan maka layanannya semakin baik. 

4. Garansi

Baik itu perangkat keras dan lunak seharusnya penyedia memberikan garansi resmi. Garansi ini bisa menjadi jaminan yang menguntungkan Anda. Apabila mesin ternyata mengalami kerusakan setelah baru digunakan, setidaknya Anda bisa mengajukan komplain. 

sumber: majoo.id

Semakin lama garansi juga biasanya menentukan harga dari mesin kasir. Garansi yang lama maka harganya juga semakin mahal. Pastikan Anda membaca klaim garansi dengan benar untuk mengetahui apakah mudah melakukan klaim. 

5. Mudah untuk digunakan

Kemudahan dari pengoperasian perangkat juga menjadi tolak ukur dalam pembelian mesin kasir. Ada beberapa perangkat yang cara aplikasinya saja susah tentu jadi pertimbangan yang besar. 

sumber: majoo.id

Bukan hanya Anda saja yang nantinya akan mengoperasikan mesin kasir. Tapi ada banyak karyawan yang menggunakannya. Kemudahan pengoperasian akan mempercepat karyawan untuk bisa segera menggunakannya. 

Pemilihan mesin kasir yang tepat untuk usaha tak bisa dilakukan dengan sembarangan. 

Anda juga harus memilih dari beberapa penyedia sehingga tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. 

Jangan ragu juga untuk menanyakan kepada pebisnis lain apakah mesin kasir yang mereka gunakan. Anda akan dengan mudah mendapatkan referensi sehingga tak salah pilih, namun jangan khawatir karena saat ini sudah ada aplikasi yang bisa diandalkan dan salah satu rekomendasinya ada di Majoo.