Panduan Cara Beli Saham di Ajaib, Mudah dan Cocok bagi Pemula

Ruangojol.com - Investasi saham kini jadi incaran para generasi muda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ajaib menjadi salah satu aplikasi yang mempermudah semua orang untuk berinvestasi saham, termasuk para pemula.

Kali ini akan dibahas mengenai panduan cara beli saham di ajaib secara praktis dan mudah sebagai langkah awal investasi di dunia saham.

1. Lakukan Registrasi

Agar bisa membeli saham di Ajaib maka pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Sebelum registrasi, tentu saja pengguna harus mengunduh aplikasi Ajaib di smartphone. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui PlayStore dan AppStore. Jika sudah selesai, segera buka aplikasi dan lakukan registrasi.

Registrasi dilakukan dengan memasukkan beberapa data penting yang dimiliki oleh pengguna. Pengguna biasanya akan diminta memasukkan nomor telepon, alamat email, lalu membuat password untuk masuk ke akun di Ajaib. Setelah selesai mengisi data yang dibutuhkan langsung saja klik opsi DAFTAR.

2. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah selesai mendaftar, segera lakukan konfirmasi lewat email yang dikirimkan oleh Ajaib. Setelah itu, pengguna juga harus melengkapi proses pendaftaran dengan mengisi formulir secara lengkap. Pengisian formulir akan dipakai untuk membuat rekening saham dan rekening dana nasabah. Kemudian tunggu saja proses verifikasi yang maksimal memakan waktu 1x24 jam.

3. Lakukan Top Up

Agar bisa membeli saham, maka pengguna harus punya modal terlebih dahulu. Modal ini dibayarkan dalam bentuk saldo di RDN atau rekening dana nasabah. Lakukan top up dengan pilihan metode pembayaran yang tersedia dan dianggap paling mudah. Jika sudah melakukan top up maka langsung saja buka Watchlist Saham. Di sana akan ada banyak daftar nama perusahaan yang sahamnya siap untuk dibeli.

4. Langsung Beli Saham

Tak perlu menunggu lama lagi, pengguna bisa langsung melakukan pembelian saham. Cara beli saham di Ajaib sangat mudah dan praktis. Pengguna bisa langsung mendapatkan daftar emiten yang tersedia lengkap dengan informasinya. Jika sudah memiliki incaran saham sendiri, maka bisa langsung diketikkan nama emiten dan kode sahamnya.

Bacalah terlebih dahulu informasi lengkap dari saham yang akan dibeli. Mulai dari profil perusahaan, grafik harga, dan fundamental perusahaan. Jika sudah merasa yakin maka langsung saja tekan lalu geser ke kanan nama saham hingga muncul opsi BELI. Ingat, semua informasi lengkap mengenai perusahaan dan saham yang akan dibeli harus dipelajari dengan cermat agar tak salah langkah.

5. Lakukan Konfirmasi

Setelah klik opsi BELI tadi, pengguna akan diarahkan ke Order Book. Di sinilah pengguna bisa menuliskan jumlah lot yang akan dibeli lalu konfirmasi pembelian. Begitu memasukkan jumlah lot, nantinya akan langsung keluar jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli saham dengan jumlah lot tersebut.

Buat perhitungan baik-baik apakah jumlah lot saham yang dibeli sudah tepat dan sesuai dengan rencana atau belum. Tentunya jumlah pembelian ini harus disesuaikan dengan ketersediaan dana yang sudah disetorkan ke akun RDN tadi. Jadi, silakan buat perhitungan terlebih dahulu supaya jumlah uang yang dikeluarkan bisa sesuai dengan kondisi finansial dan akan menguntungkan di masa depan.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai cara beli saham di Ajaib. Aplikasi Ajaib benar-benar memberikan kemudahan bagi para investor untuk mendapatkan keuntungan dari jual beli saham. Sangat direkomendasikan bagi anak muda yang masih pemula dan ingin belajar lebih banyak mengenai investasi saham karena memang sangat praktis untuk diakses.