8 Cara Super Hemat Mengoptimalkan Pemasaran Merchant Shopee Food

8 Cara Super Hemat Mengoptimalkan Pemasaran Merchant Shopee Food – Shopee Food menjadi salah satu brand platform pemasaran makanan yang populer beberapa waktu belakangan.


Berbagai promo untuk konsumen dan kemudahan pembukaan merchant baru menjadi daya tarik tersendiri di tengah masyarakat.

Kehadirannya melengkapi kompetisi layanan distribusi makanan secara daring selain GoFood dan GrabFood yang telah eksis sebelumnya.

Selain promosi dan fitur yang terdapat dalam aplikasi, pemilik merchant Shopee Food juga bisa memaksimalkan pemasaran dengan beberapa jalur lain.

Cara yang bisa dilakukan adalah memperbanyak sebaran informasi di media-media lain agar lebih banyak calon pelanggan yang mengetahui eksistensi merchant Anda.

Mendaftar di Google My Business

Anda bisa mendaftarkan merchant Shopee Food ke dalam Google My Business (Google Bisnisku) sebagai usaha yang resmi.

Dengan mendaftarkan data merchant Shopee Food ke layanan Google Bisnisku, lokasi dan informasi usaha Anda akan lebih mudah ditemukan. Anda bisa mendaftarkan merchant Shopee Food ke Google Bisnisku melalui link berikut ini.

Masukkan Alamat Merchant ke Google Maps

Setelah melalui sejumlah konfirmasi dan aktivasi layanan Google Bisnisku, Anda bisa menambahkan secara resmi lokasi merchant Shopee Food ke Maps yang bisa diakses semua orang.

Tentunya langkah ini bisa menjaring calon konsumen baru yang belum mengetahui merchant Shopee Food Anda di aplikasi.

Buat Blog Tentang Merchant Shopee Food

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan jangkauan informasi adalah dengan membuat blog dan website tentang merchant Shopee Food Anda.

Anda bisa membuat blog secara gratis di layanan blogger.com dengan bermodalkan GMail dari merchant Shopee Food. Blog tersebut bisa diisi dengan informasi alamat, kontak, dan informasi lain dari merchant Shopee Food Anda.

Membuat Website

Pada tingkat bisnis yang sudah berkembang, pertimbangkan untuk membuat website khusus bagi merchant Shopee Food Anda. Kebutuhan ini juga difasilitasi dengan mudah oleh Google Sites mulai dari Rp60.000,- per tahun.

Optimasi Akun Instagram Merchant

Tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas pengguna Shopee Food adalah generasi milenial. Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen melalui media sosial yang populer di kalangan tersebut.

Anda bisa melakukan update konten secara rutin dengan foto menu dan situasi merchant Shopee Food. Maksimalkan jangkauan dengan hashtag dan hubungkan juga dengan blog atau web yang telah dibuat sebelumnya.

Optimasi Halaman Facebook Merchant

Selain Instagram, Anda juga bisa eksis sekaligus di media sosial Facebook. Agar lebih efisien, Anda bisa menghubungkan Instagram dan Facebook melalui aplikasi Creator Studio.

Dengan aplikasi Creator Studio, Anda bisa mengatur konten dengan lebih efisien untuk kedua media sosial tersebut.

Optimasi Akun TikTok Merchant

Ikuti tren terkini yang terjadi di TikTok untuk menjaring lebih banyak calon pelanggan. Konten sederhana tentang situasi dan promo merchant Shopee Food juga salah satu yang cukup menarik di platform ini.

Menggunakan Jasa Micro-Influencer

Tingkatkan lagi jangkauan di platform digital melalui jasa promosi dari sosok-sosok yang berpengaruh di jagat maya. Tidak perlu merogoh kocek besar karena jasa influencer yang tinggi seperti selebriti atau tokoh populer tertentu.

Anda bisa menggunakan jasa dari kreator-kreator digital yang masih merintis di lokal wilayah tempat merchant Shopee Food beroperasi.

Kreator tersebut dikenal dengan istilah micro-influencer. Jasa promosi melalui micro-influencer yang bisa dimulai dari biaya Rp100.000,- per kontraknya.

Meski biayanya ringan, dampak yang dihasilkan akan sepadan jika disertai dengan strategi dan kualitas produk yang baik.