Cara Daftar Tanamduit, Membeli, Serta Menjual Produk Reksa Dana

Ruangojol.com - Investasi merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berbagai aplikasi investasi seperti Tanamduit sedang digandrungi karena aman dan mudah.

Dengan mengetahui cara daftar tanamduit, pengguna bisa mulai berinvestasi. Tak perlu modal besar, selama dibekali literasi cukup dan pengelolaan emosi yang baik akan mampu menjalankan investasi di Tanamduit.

Cara Mendaftarkan Diri di Aplikasi Tanamduit

Sebelum mulai menggunakan Tanamduit, pengguna perlu melakukan pendaftaran. Unduh terlebih dahulu Tanamduit dengan ukuran 16 MB melalui toko aplikasi. Setelah itu mulailah mendaftar dengan langkah seperti berikut:

  • Mengisi Data Diri dan Membuat Sandi

Jalankan aplikasi, lalu isikan data dengan lengkap melalui form yang disediakan oleh Tanamduit. Tulis nama dengan lengkap sesuai yang tertera di KTP, begitu juga dengan email. Pastikan email aktif, karena akan digunakan untuk mendapat informasi penting seputar penggunaan Tanamduit. Selanjutnya buatlah kata sandi dengan kombinasi huruf besar kecil, angka, serta tanda unik sehingga tidak mudah terkena hack. 

  • Menyiapkan KTP Serta Informasi Rekening

Periksa notifikasi pada email atau SMS. Tanamduit akan mengirimkan kode OTP yang hanya boleh diketahui oleh pengguna. Letakkan kode ini pada halaman Tanamduit untuk melanjutkan.

Cara daftar Tanamduit berikutnya adalah menyediakan KTP sehingga bisa digunakan untuk konfirmasi. Siapkan juga informasi rekening pribadi untuk pencairan dana nantinya. Tunggu proses konfirmasi mengenai pembukaan rekening yang umumnya membutuhkan paling lambat dua hari kerja.

Cara Membeli Reksa Dana di Tanamduit

Setelah menyelesaikan cara daftar Tanamduit, akun sudah terkonfirmasi dan bisa dipakai untuk memulai investasi. Pengguna dapat membeli produk reksa dana dengan cara seperti berikut: 

  • Memilih Produk yang Ingin Dibeli

Masuk (log in) menuju aplikasi Tanamduit. Pilih pada menu dashboard yang ada di halaman utama, lalu klik opsi reksa dana. Di sini pengguna bisa memilih produk yang ingin dibeli dari reksa dana lalu tekan "beli".

Perlu diketahui bahwa nominal terkecil yang diizinkan adalah 10 ribu. Cukup terjangkau untuk pemula yang masih ingin belajar investasi. Beri tanda centang di bagian ketentuan dan persetujuan, lalu tekan "submit".

  •  Memilih Metode dan Menyelesaikan Pembayaran

Tentukan metode pembayaran, misalnya memilih transfer bank manual. Tekan "berikutnya" kemudian lakukan pembayaran dengan mentransfer pada salah satu rekening yang disediakan oleh Tanamduit. Setelah berhasil, unggah bukti pembayaran sehingga dapat dikonfirmasi oleh Tanamduit.

Bisa dengan mengunggah bukti struk ATM ataupun screenshot mbanking. Pengguna juga bisa memakai aplikasi e-wallet contohnya GoPay, Dana, atau LinkAja untuk menyelesaikan pembayaran ini. Caranya dengan mengganti mode manual menjadi instant. Apabila transaksinya berhasil, Tanamduit akan memberikan konfirmasi.

Cara Menjual Reksa Dana di Tanamduit

Bisa membeli, artinya bisa juga menjual. Apabila sudah mencapai target profit atau memerlukan dana secepatnya, produk reksa dana dapat dijual melalui Tanambibit dengan beberapa langkah mudah: 

  • Memilih Reksa Dana untuk Dijual

Log in di akun Tanamduit, lalu pada halaman utamanya pilih "portofolio". Tekan "jual" pada reksa dana yang hendak dijual. Ketikkan berapa unit untuk dijual, lalu pilih rekening bank yang akan menjadi penerima. Klik "lanjut" untuk menuju proses berikutnya.

  • Konfirmasi Pembayaran

Beri ceklis di keterangan bahwa pengguna sudah membaca serta memahami persyaratan dan ketentuan yang berlaku di Tanamduit. Berikutnya pengguna akan menerima kode OTP. Salin kode ini menuju kolom permintaan, kemudian tekan "verifikasi". Selesai, sekarang pengguna tinggal menanti dananya cair.

Demikianlah informasi mengenai cara daftar Tanamduit, membeli serta menjual reksa dana dengan mudah. Tanamduit termasuk aplikasi yang cocok bagi pemula karena penggunaannya yang mudah dan modal tidak besar. Tidak ada salahnya memperkaya informasi sehingga mempertahankan investasi jangka panjang untuk kebutuhan masa depan.