Cara Mencairkan Reksadana di Tanamduit yang Perlu Diketahui Pemula

Ruangojol.com - Trend investasi sepertinya mulai diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama anak muda. Tanamduit menjadi aplikasi yang banyak dipilih untuk berinvestasi reksadana secara online.

Calon investor bisa bebas memilih nominal yang akan diinvestasikan melalui aplikasi dengan gratis. Selain itu, cara mencairkan reksadana di tanamduit ini tergolong praktis dan tidak membutuhkan lama.

Tidak hanya itu, tanamduit memberikan fitur menarik dengan pilihan investasi yang beragam seperti asuransi maupun surat berharga milik negara. Terdapat pula fitur bernama open view portofolio yang memudahkan Anda melihat pergerakan terkini dari investasi. Bagi pemula, tanamduit menyediakan platform edukasi yang bisa dipelajari.

Sebelum memulai berinvestasi, sebaiknya ketahui cara mencairkan reksadana di tanamduit dan informasi menarik lainnya yang wajib disimak oleh investor pemula.

Cara dan Biaya Membuka Rekening Reksadana di Tanamduit 

Pertama, investorperlu mengisi data sesuai dengan nama yang tertera di E-KTP, email serta kata sandi. Kemudian, kode OTP akan dikirimkan melalui email untuk dimasukkan sebagai proses verifikasi. Jangan lupa siapkan rekening bank serta E-KTP untuk kebutuhan pencairan dana dari investasi. Investor akan mendapatkan pemberitahuan via email selama kurang lebih 2 hari kerja.

Setelah proses pembukaan rekening telah mendapatkan verifikasi, maka investor sudah bisa berinvestasi tanpa dipungut biaya apapun. Tanamduit membuka investasi Reksadana mulai minimal Rp.50.000. Investor  akan dikenakan biaya ketika melakukan transfer antar bank saja. Tarif tersebut bisa bervariasi tergantung kebijakan bank masing-masing.

Cara Mencairkan Reksadana di Tanamduit

Untuk dapat mencairkan dana, investor harus melakukan investasi sesuai dengan keinginan. Lalu, pantau unit reksadana yang bisa mendatangkan keuntungan dengan menjualnya. Berikut ini cara mencairkan reksadana di tanamduit selengkapnya, antara lain:

  • Pastikan telah mengunduh dan menginstall aplikasi tanamduit terlebih dahulu, lalu klik sign up atau login untuk masuk
  • Selanjutnya, tentukan produk reksadana yang akan dijual dengan klik opsi “Portofolio” dan pilih “Jual”
  • Kemudian, ketikkan jumlah unit reksadana yang akan dijual
  • Pencairan dana dilakukan via transfer jadi pilih akun Bank yang digunakan sebagai penerima, lalu tekan “Lanjut”
  • Setelah itu, beri tanda ceklis jika telah membaca ketentuan dan persyaratan yang berlaku, dan pilih “Konfirmasi Jual”
  • Tanamduit akan mengirimkan kode OTP ke email yang digunakan. Lalu masukkan kode tersebut dan tekan “Verifikasi”.

Kapan Investor Menerima Hasil Pencairan Dana?

Apabila cara mencairkan reksadana di Tanamduit berhasil diselesaikan, maka investor masih perlu melewati sejumlah tahapan lagi. Pertama, proses perhitungan dari hasil penjualan akan dilakukan pada hari kerja. Untuk transaksi di akhir pekan dan hari libur nasional biasanya tidak akan segera diproses.  Perhitungan ini umumnya selesai antara 1-2 hari kerja tergantung waktu transaksi.

Maksudnya jika transaksi selesai sebelum jam 1 siang, perhitung bisa diselesaikan pada besok hari. Sedangkan, proses akan diselesaikan pada 2 hari kerja apabila transaksi dilakukan setelah jam 1 siang. Jadi, investor perlu sedikit bersabar menunggu pencairan dana.

Tanamduit akan segera melakukan pengiriman dana ke rekening bank yang terdaftar, jika proses pertama telah berhasil. Investor reksadana dari Pasar Uang umumnya menerima dana terlebih dulu karena proses dilakukan maksimal selama 2 hari kerja. Selain dari Pasar Uang, pencairan dana dapat diterima setelah kurang lebih 7 hari kerja.

Demikian cara mencairkan reksadana di Tanamduit yang mudah dipahami oleh investor pemula. Tentunya investor harus berinvestasi dan menjual unit reksadana untuk bisa dicairkan. Prosesnya juga tidak ribet hanya perlu log in ke aplikasi tanamduit lalu mengikuti instruksi sesuai penjelasan diatas. Tidak heran jika aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin berinvestasi.