Kelebihan dan Kekurangan Shopee PayLater | Cek Sekarang!

Ruangojol.com - Shopee menjadi salah satu aplikasi marketplace yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena terkenal dengan harganya yang sangat murah. Apa saja kebutuhan yang dicari dari produk dalam negeri dan luar negeri semuanya tersedia.

kelebihan shopee paylater

Shopee pun meluncurkan fitur Shopee PayLater untuk memudahkan pembayaran dari semua penggunanya. Kamu pengguna Shopee pun perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari menggunakan Shopee PayLater ini. 

Mengulik Kekurangan dan Kelebihan  Shopee PayLater

Berbeda dengan pinjaman uang online, Shopee PayLater adalah sebuah fitur yang tersedia  di aplikasi Shopee yang fungsinya untuk alat pembayaran khusus Shopee saja. Jika aplikasi pinjol bisa memberikan uang cash, Shopee PayLater tidak bisa. 

Kamu akan mendapatkan pinjaman uang untuk berbelanja baik itu membeli produk atau membeli pulsa di Shopee. Pembayaran yang dilakukan pun adalah dengan mengukur sama seperti kredit tanpa agunan. 

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan Shopee PayLater yang bisa diperhatikan sebagai berikut. 

1. Mendapat Cicilan tanpa Kartu Kredit 

Ingin membeli elektronik di toko langsung dengan mencicil? Kamu harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Untungnya jika kamu menggunakan Shopee PayLater adalah pembayaran tidak harus menggunakan kartu kredit. 

Tidak mudah untuk memiliki kartu kredit karena ada banyak persyaratan dari bank yang harus dipenuhi. Oleh karena itulah kamu bisa menggunakan Shopee PayLater agar tetap bisa berbelanja barang yang dibutuhkan. 

2. Proses Pinjaman yang Mudah

Tidak seperti membuat kartu kredit dengan sederet syarat yang cukup banyak. Jika menggunakan Shopee PayLater maka proses pinjaman hanya membutuhkan verifikasi akun saja. Selama kamu sudah mengaktifkan ShopeePay maka fitur pinjaman ini bisa digunakan. 

Syaratnya pun mudah hanya KTP saja dan mengisi data diri yang telah disediakan. Jumlah bisa dipinjam pun cukup tinggi sehingga kamu bisa berbelanja apapun. Bahkan untuk transaksi nantinya seperti proses beli pulsa dengan Shopee PayLater bisa dilakukan dengan cepat. 

3. Bunga Kompetitif dengan Bebas Biaya Admin

Jika kamu menggunakan aplikasi pinjol ada begitu banyak biaya yang harus ditanggung seperti cicilan pokok, tambahan bunga sampai admin. Bedanya jika menggunakan Shopee PayLater kamu tidak perlu mengkhawatirkan semua hal tersebut. 

Bunga yang ditawarkan oleh Shopee PayLater adalah 1% saja. Hal ini berbeda dengan pinjol yang bunganya sampai 3% belum lagi jumlahnya jadi bertambah jika kamu telat membayar. Kamu jadi semakin mudah untuk belanja apapun dan kapanpun. 

4. Pinjaman Tidak Bisa Dicairkan

Shopee PayLater memang berbeda dengan pinjol karena kamu tidak bisa mencairkan dana yang sudah dipinjam. Semua dana yang kamu dapatkan harus digunakan untuk berbelanja di toko pada aplikasi Shopee. 

Memang hal ini sangat disayangkan karena kamu tidak bisa mendapatkan uang tunai. Namun tidak masalah jika yang kamu butuhkan adalah barang untuk digunakan sehari-hari. Belanja dengan Shopee PayLater bisa jadi solusi yang menguntungkan. 

5. Masa Cicilan yang Pendek

Sebagian besar aplikasi pinjaman online akan menawarkan tenor sampai 12 bulan dan ada beberapa pilihan seperti 3 bulan, 6 bulan bahkan 9 bulan. Sayangnya tenor yang panjang ini tidak bisa kamu dapatkan di Shopee PayLater. 

Pengguna hanya mendapatkan tawaran cicilan paling lama 3 bulan. Tenor yang rendah ini tentu cukup merugikan ketika kamu berbelanja barang dengan harga jutaan. Setiap bulannya kamu harus mempersiapkan uang dalam jumlah besar untuk mencicil. 

6. Biaya Denda yang Cukup Besar

Kamu akan mendapat tawaran bunga yang rendah yakni 1% saja namun untuk denda keterlambatan yang harus ditanggung adalah 5%. Bisa dibilang denda yang cukup besar apabila kamu sering lupa untuk membayar cicilan. 

Denda yang cukup besar ini membuat kamu harus lebih waspada ketika hendak menggunakan layanan Shopee PayLater. Jangan sampai kamu terlambat apalagi memilih cicilan besar yang tidak sesuai dengan kemampuan. 

Layanan Shopee PayLater memang bisa menjadi solusi kamu untuk berbelanja online. Hanya saja penggunaannya harus dengan bijak supaya kamu bisa memenuhi kewajiban untuk membayar cicilannya. 

Setelah mengenali kelebihan dan kekurangannya ini, kira-kira produk apa yang akan kamu beli sekarang? Langsung saja akses aplikasi Shopee.