Investasi di Pluang vs Pegadaian, Mana yang Harus Dipilih?

Ruangojol.com - Seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang memutuskan untuk mencoba aktivitas investasi termasuk dalam produk emas, telah tersedia berbagai media terpercaya. Misalnya ada media secara langsung yang bisa digunakan untuk proses investasi seperti Pegadaian dan ada juga melalui aplikasi seperti Pluang. Akhirnya tidak sedikit pula yang membutuhkan informasi Pluang vs Pegadaian.

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa salah satu kunci dari berhasilnya proses investasi terletak pada jenis media apa yang memang digunakan. Tidak heran jika banyak orang terutama yang pertama kali mencoba untuk investasi lebih mempertimbangkan media yang akan digunakan secara langsung. Berikut indikator yang bisa digunakan untuk perbandingan Pluang dan Pegadaian:

1. Proses Pendaftaran

Jenis indikator yang pertama ini bisa dimasukkan ke dalam kategori indikator yang penting untuk diperhatikan sejak awal sebelum nantinya mencoba. Pendaftaran investasi melalui pihak Pegadaian bisa dilakukan secara langsung namun tetap memerlukan antrian yang panjang dan tidak bisa diduga sebelumnya. Sementara Pluang bisa dilakukan secara online sesuai dengan kondisi masing-masing.

2. Minimal Pembelian

Sementara itu, untuk jenis indikator yang kedua ini lebih berfokus pada jumlah minimal yang harus dibeli jika ingin memulai investasi. Hanya saja dalam hal ini, aplikasi seperti Pluang bisa diketahui sebagai aplikasi yang lebih menguntungkan dengan minimal emas 0.01 gram. Sedangkan Pegadaian lebih menetapkan jumlah  pembelian emas yang lebih besar.

3. Metode Pembayaran

Aspek lainnya yang tidak kalah penting dan wajib untuk dipertimbangkan tentang Pluang vs Pegadaian adalah terkait dengan metode pembayaran emas. Hal ini dikarenakan sejak awal jenis aplikasi seperti Pluang lebih ditawarkan dengan kemudahan transaksi dengan metode pembayaran yang lebih bervariasi. Pegadaian lebih mengutamakan proses pembayaran emas yang dilakukan secara langsung.

4. Ketersediaan Emas

Tidak dapat dimungkiri bahwa aspek tentang ketersediaan emas yang ingin dibeli dan diinvestasikan nantinya tentu harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Apalagi ternyata kedua media ini masih memiliki kekurangan terkait dengan ketersediaan produk emas yang seharusnya ditawarkan dan digunakan oleh investor nantinya. Namun ketersediaan stok di Pegadaian biasanya lebih rawan untuk habis.

5. Penyimpanan Produk

Selanjutnya, aspek yang harus dipertimbangkan juga sebelum memilih antara Pluang vs Pegadaian adalah tentang bagaimana proses penyimpanan emas yang dilakukan. Apalagi ternyata pihak Pegadaian semakin ke sini malah semakin dikenal sebagai lembaga dengan kategori penyimpan produk emas yang kurang baik. Sedangkan Pluang menawarkan penyimpanan emas dalam berbagai pilihan yang menarik.

6. Potensi Kerugian

Pihak pegadaian memang lebih awal muncul dalam aspek investasi emas jika dibandingkan dengan aplikasi untuk investasi emas seperti Pluang ini. Walaupun begitu, Pluang kembali menawarkan kemudahan akses bagi para investor terutama yang baru pertama kali mencoba dengan kerugian yang sedikit.

Sementara pegadaian memiliki resiko yang besar jika terkait kerugian investasi sehingga perlu diperhatikan sebelum mencoba. Apalagi saat ini sudah banyak tersebar informasi tentang kerugian yang ditanggung ketika investasi emas di Pegadaian.

7. Keamanan Investasi

Indikator yang terakhir ini jangan sampai dilewatkan untuk diketahui sejak awal sehingga bisa menentukan media mana yang tepat untuk investasi. Jenis media seperti Pegadaian ternyata bisa dikatakan sebagai media dengan keamanan yang tinggi sehingga para investor tidak perlu merasa khawatir. Sedangkan Pluang juga memiliki tingkat keamanan dengan pengawasan dari OJK.

Ulasan secara detail dan lengkap tentang Pluang vs Pegadaian di atas dapat dimanfaatkan dengan baik sebelum memutuskan memilih salah satu. Apalagi ada aspek yang penting mulai dari ketersediaan emas yang dijual sampai seperti apa tingkat keamanan yang ditawarkan sejak awal. Bahkan ada juga indikator lainnya seperti metode pembayaran yang disediakan.