Begini Cara Investasi Crypto dengan Mudah Terbaru 2022 | Cek Disini!

Ruangojol.com - Dunia ekonomi memang tengah dipenuhi dengan berbagai informasi tentang investasi dan trading crypto. Kegiatan ekonomi satu ini memang bisa dibilang tengah melakukan perkembangan.


Hal ini bisa dilihat dari ketertarikan anak muda pada trading dan investasi. Bahkan tidak jarang generasi milenial atau bahkan Z kini mencari cara investasi crypto untuk mendapatkan untung besar.

Mata uang virtual yang berada dalam naungan cryptography ini memang telah memiliki penggemar yang cukup banyak di seluruh dunia bahkan dari pengenalan awal. Namun, bagaimana sih cara melakukan investasi crypto dengan aman? Simak informasinya berikut:

1. Mendaftarkan Akun di Exchange 

Seperti yang diketahui bahwa Bitcoin menjadi mata uang crypto yang bisa didapatkan dengan legal di Indonesia. Tentunya investor pemula bisa mulai melakukan investasi menggunakan mata uang ini. Bagi investor yang ingin melakukan investor pun bisa terlebih dahulu mencari tahu broker exchange yang terpercaya.

Pendaftaran akun pada exchange juga bisa dilakukan dengan mudah secara online oleh investor. Nantinya melalui perusahaan ini, seorang investor bisa menukarkan crypto dengan mata uang fisik seperti dollar, euro maupun rupiah. 

2. Melakukan Verifikasi KYC

Tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan verifikasi know your customer atau yang dapat disingkat KYC. Verifikasi ini nantinya akan dilakukan setelah akun berhasil terdaftar dalam exchange.

Pada tahap ini, seorang investor diharuskan memberikan informasi lengkap tentang data pribadi seperti foto KTP serta pengisian formulir. Nantinya investor juga harus mengunggah pas foto dengan jelas tanpa ada atribut seperti kacamata maupun topi. 

Melalui adanya KYC ini nantinya transaksi yang dilakukan investor bisa dilakukan dengan aman dan terhindar dari kemungkinan money laundry. 

3. Deposit Awal

Langkah berikutnya setelah KYC telah berhasil di acc adalah mulai melakukan deposit untuk modal awal melakukan pembelian crypto. Pada dasarnya deposit ini nantinya akan dilakukan dengan batas minimum nominal yang ditentukan oleh exchange. 

Deposit ini bisa dilakukan melalui virtual account atau bahkan bank. Nantinya investor bisa melihat koin dari daftar yang ada dalam exchange. Koin ini nantinya akan dikirimkan oleh exchange pada wallet atau dompet crypto yang disiapkan oleh exchange. 

4. Memilih Pair 

Menentukan pair adalah hal berikutnya yang termasuk dalam cara investasi crypto. Pair ini merupakan pasangan yang nantinya digunakan untuk pertukaran mata uang dalam investasi crypto. 

Misalkan saja bila seorang investor akan membeli ataupun menjual Bitcoin menggunakan dollar Amerika Serikat maka, pair yang digunakan BTC ke USD. Adanya pair ini nantinya akan memiliki fungsi yang sama seperti halnya membeli valas. 

5. Melakukan Pembelian Crypto 

Tahap berikutnya setelah sebelumnya pair telah ditentukan maka, investor bisa mulai melakukan pembelian terhadap crypto. Investor bisa menentukan jumlah dari mata uang virtual yang akan dibeli. Nantinya exchange akan menunjukkan jumlah dana yang dibutuhkan untuk membeli crypto tersebut. 

Pada tahap ini nantinya akan ada dua pilihan yang dapat dijadikan opsi investor. Opsi tersebut adalah melakukan taker dimana investor bisa langsung membeli crypto. Ada pula opsi maker yang berarti investor bisa menunggu hingga harga sesuai. 

6. Melakukan Withdraw Crypto 

Apabila dalam proses investasi, investor telah mendapatkan profit yang diinginkan tentunya penarikan profit adalah hal yang bisa dilakukan. Penarikan ini bisa dilakukan dengan mengajukan penarikan pada akun exchange yang digunakan. Investor juga bisa mengirimkan alamat wallet Bitcoin untuk mengirimkan profit yang didapatkan. 

Proses withdraw ini nantinya akan memakan waktu hingga 24 jam. Lamanya proses dari penarikan ini akan ditentukan dari proses yang terjadi di bank. Tentunya nantinya investor juga harus menggelontorkan biaya administrasi dalam setiap penarikan yang dilakukan kepada exchange.

Itulah tadi cara investasi crypto secara sederhana namun, juga harus selalu dilakukan dengan hati-hati. Mengetahui informasi tentang mata uang virtual berkaitan sebelum melakukan investasi adalah hal bijak yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya resiko tinggi.