Alternatif 4 Cara Cek Resi J&T Terbaru 2022 | Silahkan Cek Disini!

Cara Cek Resi J&T | RUANGOJOL.COM – Meski bukan brand pelopor layanan pengiriman barang di Indonesia, J&T menjelma menjadi perusahaan yang tergolong sangat sukses di bidangnya.

Bahkan perusahaan yang baru didirikan pada 2015 tersebut masuk ke dalam jajaran unicorn terbesar. Brand tersebut berada dalam daftar yang sama dengan Gojek, Tokopedia, dan perusahaan unicorn lainnya.

Keterbukaan dan transparansi informasi tentu menjadi hal yang juga diperhatikan perusahaan tersebut. Salah satunya dalam hal transparansi informasi posisi dan status pengiriman barang.

Seperti layanan ekspedisi barang pada umumnya, brand J&T juga menyediakan fasilitas pelacakan posisi dan status pengiriman pada tiap paket yang dikirim dengan layanannya. Informasi tersebut dapat diakses sesaat setelah kamu menitipkan barang melalui agen J&T terdekat.

Pihak J&T secara otomatis mengirimkan informasi resi saat paket diterima agen ke kontak pelanggan yang tertera. Informasi resi tersebut juga tertera di struk yang kamu dapatkan saat bertransaksi dengan agen J&T.

Dengan informasi resi tersebut, kamu bisa mengecek status dan posisi pengiriman dengan berbagai cara. Namun sebelumnya, kamu juga perlu memahami beberapa hal tentang resi.

Nomor Resi

Nomor resi diberikan oleh J&T sebagai identitas suatu barang atau paket yang dikirim. Termasuk sebagai bukti bahwa paket sedang dikirim dan kamu dapat mengeceknya kapan saja. 

Nomor resi yang diberikan oleh J&T umumnya terdiri dari 12 karakter yang terdiri dari angka ataupun gabungan huruf dengan angka. Jika kamu mengecek resi dari J&T, akan tertera informasi lengkap tentang paket seperti lokasi, nama kurir, waktu pengiriman dan informasi lainnya.

Cek Resi Pada Website Resmi J&T

Untuk melakukan cek resi J&T, pastikan kamu telah memiliki informasi nomor resi yang benar. Cek resi J&T dapat dilakukan melalui cara berikut.

Buka website jet.co.id/track

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka browser dan memasukkan alamat jet.co.id/track. Halaman tersebut merupakan layanan resmi yang disediakan J&T untuk memantau informasi posisi dan status pengiriman.

Masukkan nomor resi

Setelah kamu membuka website tersebut, masukkan nomor resi yang kamu miliki. Jika kamu bertransaksi secara online dan berposisi sebagai penerima paket, maka kamu bisa mendapatkan informasi resi tersebut dari penjual.

Klik "Mencari"

Jika nomor resi sudah dipastikan benar, klik tombol mencari dan informasi paket akan segera muncul.

Cek Resi Melalui Aplikasi

Selain melalui halaman resmi, kamu juga bisa menggunakan layanan aplikasi resmi J&T di smartphone. Cara ini cenderung lebih mudah dan singkat. Khususnya bagi kamu yang secara rutin menggunakan layanan J&T.

Berikut panduan singkat cara memeriksa status pengiriman J&T melalui aplikasi smartphone.

  • Buka aplikasi J&T (unduh terlebih dulu jika belum terinstal di perangkat).
  • Pilih menu tracking di halaman depan aplikasi.
  • Masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia.
  • Klik tombol "track".
  • Informasi tentang paket kamu akan secara otomatis muncul.

Cek Resi Melalui Google

Selain dua langkah di atas, J&T juga telah mendapatkan fitur pengecekan informasi resi melalui layanan Google. Cara ini cenderung lebih mudah, khususnya untuk pengguna awam. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Ketikkan kata kunci "Cek Resi J&T" di pencarian Google.
  • Masukkan nomor resi.
  • Pastikan nomor atau huruf sudah benar.
  • Klik "Lacak Paket".

Ketika Kamu sudah mengisi nomor resi, tombol lacak paket akan secara otomatis berubah warna. Saat telah berubah warna, kamu cukup klik pada tombol tersebut. Informasi paket sesuai nomor resi akan tertera di layar setelahnya.

Cek Resi Melalui Aplikasi E-Commerce

Jika kamu memesan barang secara online di aplikasi jual-beli, resi akan secara otomatis muncul. Informasi tentang paket juga tersedia lengkap termasuk pergerakan lokasi paket secara berkala.

Jika Kamu mengalami kebingungan atau menemukan kesalahan, hubungi call center J&T segera.