Cara Kerja KoinWorks dan Cara Mendanai Peminjam Terbaru

Bagi pengguna baru pasti penasaran dengan cara kerja KoinWorks, khususnya mengenai pendanaan P2P.
Ruangojol.com. Bagi pengguna baru pasti penasaran dengan cara kerja KoinWorks, khususnya mengenai pendanaan P2P. Bagi pengguna yang sudah berpengalaman menikmati layanan KoinWorks mungkin cara kerjanya sudah di luar kepala. Namun, bagi pemula pasti bertanya-tanya apa sebenarnya KoinWorks dan bagaimana cara kerjanya?


Apa Itu KoinWorks?

KoinWorks merupakan sebuah marketplace P2P Lending di Indonesia yang menghubungkan banyak pendana dan peminjam dana. Dengan sebuah platform yang terhubung ke internet, kedua pihak tersebut bisa saling bertemu dalam ruang digital.

Jadi, peminjam dana bisa dengan mudah menemukan pinjaman dan dengan tawaran bunga yang sanggup dibayarkannya. Sementara itu, P2P Lending juga bisa menjadi instrumen investasi bagi si pendana karena uang yang dipinjamkan nantinya akan bertambah karena ada sistem pembayaran dengan bunga.

Bagi pengguna yang berperan sebagai pendana bisa menentukan kepada siapa saja akan memberikan pinjaman dana. Pendana juga bisa mengajukan kesepakatan bagaimana bunga akan dibayarkan, apakah setiap bulan atau tahunan.

Sebaliknya, pengguna yang merupakan peminjam juga bisa memilih pendana yang menawarkan bunga dengan cicilan yang paling meringankan. Jadi, peminjam bisa mendapatkan banyak pilihan pendana yang menawarkan bunga dan cicilan yang bervariasi.

Bagaimana Cara Kerja KoinWorks?

Cara kerja KoinWorks sebetulnya sangat mudah jika pengguna mengetahui sistem pendanaan P2P Lending. Kemudahan yang ditawarkan oleh platform ini yaitu konsepnya yang mirip dengan marketplace. Jika pada marketplace pada umumnya yang ditemukan adalah penjual dan pembeli, di KoinWorks akan ditemukan pendana dan peminjam.

Untuk memahami cara kerja KoinWorks, sebaiknya simak ilustrasi berikut:

Seorang peminjam ingin mendapatkan pinjaman dana sebesar Rp100 juta. Ada seorang pendana yang menawarkan pinjaman Rp10 juta. Artinya, kebutuhan si peminjam baru terpenuhi sekitar 10% saja. Peminjam tersebut harus mencari pinjaman tambahan sekitar 90% atau Rp90 juta lagi.

Dalam hal ini, pendana lainnya bisa ikut bergabung meminjamkan uang kepada peminjam tersebut. Setelah terkumpul, dana pinjaman akan dicairkan dan diberikan kepada si peminjam. Jika sudah tiba saatnya si peminjam membayarkan cicilan pinjaman, pendana bisa mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman.

Besaran bunga yang diterima setiap pendana tentunya berbeda. Hal ini dilihat dari tingkat risiko serta jumlah uang yang dipinjamkannya. Bagi pendana tak perlu khawatir dana pinjamannya tidak dilunasi karena KoinWorks melakukan seleksi ketat terhadap peminjam.

Hanya peminjam yang telah terverifikasi saja yang bisa masuk ke marketplace dan mengajukan pinjaman. KoinWorks akan menganalisa terlebih dahulu apakah peminjam mampu membayarkan pinjaman data atau tidak.

Bagaimana Cara Memberi Pinjaman di KoinWorks?

Bagi yang tertarik menjadi pendana dan meminjamkan dana kepada peminjam, maka bisa langsung bergabung di KoinWorks. Lalu, bagaimana cara memberi pinjaman di KoinWorks? Berikut langkah-langkahnya:
  • Daftar di Aplikasi KoinWorks. Pendana bisa mengunduh aplikasi KoinWorks, kemudian mendaftar akun baru untuk menjadi pendana. Pastikan mengisi data sesuai dengan persyaratan yang diminta.
  • Deposit Dana. Jika akun baru telah dibuat, lakukan deposit sebagai modal pendanaan. Minimal deposit yaitu Rp100 ribu.
  • Mulai Mendanai. Dengan modal Rp100 ribu pendana sudah bisa memberikan dana pinjaman kepada peminjam. Jika ingin mendanai lebih banyak, pendana bisa menyetor dana tambahan.
  • Diversifikasi. Pendana bisa mendanai beberapa peminjam sekaligus. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan karena bunga yang akan diterima menjadi lebih besar.
Seperti itulah cara kerja KoinWorks. Selain membantu peminjam dengan memberikan pinjaman dana, pendana juga bisa memanfaatkan layanan KoinWorks untuk berinvestasi. Tertarik mencobanya?


© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain