Dana Investasi Real Estate? Beberapa Hal ini Perlu Diketahui Terbaru 2022

Ruangojol.com - Untuk mencapai masa depan dengan ketenangan secara finansial, seseorang tidak mungkin akan bekerja seumur hidup. Ada kalanya orang akan berhenti bekerja untuk menikmati hidup dengan bersantai. Agar kehidupan masa tua lebih terjamin, biasanya orang akan mulai berinvestasi sejak dini. Adapun cara yang bisa ditempuh adalah melalui Dana Investasi Real Estate.


Memahami DIRE

Apa itu Dana Investasi real Estate? itu merupakan suatu jenis investasi properti yang cukup berbeda dari investasi lain. Sesuai dengan namanya fokus dari DIRE hanyalah pada investasi bidang properti dan real estate. Investasi ini dikenal dengan singkatan DIRE, akan tetapi di Indonesia investasi seperti ini masih belum terlalu populer, berbeda dengan apa yang ada di luar negeri.

Ada alasan yang bisa mendasari mengapa di Indonesia ini cukup sulit menerima akan investasi real estate. Faktor yang paling berpengaruh pastinya adalah faktor kepercayaan. Sudah berapa kali terjadi maraknya kasus penipuan berkedok investasi real estate di Indonesia. Sungguh miris melihatnya, disaat orang berharap akan mendapatkan ketenangan finansial, malah merasakan pahitnya terkena penipuan.

Padahal jika dilihat seksama, cara kerja dari DIRE ini cukup sederhana untuk dimengerti. DIRE dapat menjadi suatu wadah yang menampung dana milik investor yang berasal dari masyarakat. Dana-dana tersebut dikumpulkan oleh DIRE untuk menjadi suatu hal yang berkaitan dengan properti. Contoh propertinya adalah berupa banunan seperti apartemen, gedung, ruko, dan lainnya.

Keuntungan DIRE

Apa saja keuntungan DIRE bagi para Investor? Setelah tadi mengetahui definisi dan cara kerja dari DIRE pastinya orang akan mulai tertarik. Adanya ketertarikan ini pastinya akan merujuk pada satu tujuan yaitu keuntungan. Berikut adalah keuntungan yang bisa diberikan dari DIRE:

1. Keuntungan Untuk Pengembang

Pada sistem DIRE, keuntungan akan lebih cepat bisa didapatkan oleh para pengembang. Inilah yang menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi para pengembang. Semua itu ada alasan dibaliknya, yakni pengembang juga memerlukan dana untuk tetap terus beroperasi. Jika tidak ada dana yang cepat cair, arus kas tadi akan tertahan dan ini tidak efisien.

Level likuiditas harus ditingkatkan lebih cepat oleh DIRE kepada Pengembang agar arus kas yang macet dapat dikurangi. Aset properti juga merupakan suatu investasi yang asetnya memerlukan waktu cukup lama untuk akhirnya balik modal dan memberikan keuntungan.

2. Keuntungan Untuk Investor

Bagi investor ada hal yang cukup menguntungkan dan bisa sangat dinikmati, bukan hanya oleh pengembang. DIRE bisa menghasilkan keuntungan yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Hal ini karena investor bisa dengan bebas untuk berinvestasi properti tanpa perlu campur tangan langsung untuk mengelolanya tetapi tetap untung. Selain itu investor juga mendapat diversifikasi tanpa mengurangi risiko kerugian.

3. Keuntungan Bagi Negara

Investasi ini bukan hanya dirasakan oleh investor dan pengembang, namun negara juga ikut terlibat didalamnya. Negara memegang peranan penting supaya industri properti dapat terus berkembang. DIRE akan membantu pembangunan sehingga properti bisa terus menarik pengunjung. Selain bangunan menarik wisata DIRE juga berperan dalam pembangunan akomodasi lain seperti rumah sakit atau akses jalan.

Namun sayangnya kini DIRE masih belum optimal dalam mendapatkan investor dengan jumlah banyak. Ada banyak kendala yang menyelimuti seperti faktor PPh yang tinggi sebesar 5%. Ini membuat investor cukup enggan untuk berinvestasi disana.

Nah itu dia beberapa hal mengenai Dana Investasi Real Estate dan Manfaatnya. Jika DIRE ini terus dikembangkan, bukan tidak mungkin akan menjadi suatu hal yang menguntungkan. Bukan hanya bagi pengembang dan investor, keuntungan juga bisa dirasakan oleh negara dan masyarakat.