Modus Penipuan Melibatkan J&T Express Terbaru 2022 | Waspada dan Berhati-hatilah!

Modus Penipuan Melibatkan J&T Express | RUANGOJOL.COMPerkembangan teknologi dan bisnis semakin maju di era modern saat ini. Pertumbuhan ini terasa semakin tidak terbendung khususnya pada 10 tahun terakhir.

Dengan maraknya transaksi online, beragam bisnis dan kepentingan beradaptasi pada kebiasaan baru tersebut. Namun sejumlah pihak justru memanfaatkan celah-celah terbuka di model transaksi anyar tersebut.

Hal tersebut tidak terhindarkan pada bisnis pengiriman barang seperti J&T Express. Terlebih bisnis ini memang bagian dari transaksi online yang saat ini sedang banyak tumbuh dan digemari.

Dalam komitmen terus berkembang dan meningkatkan keamanan pengguna layanan, J&T Express merangkum sejumlah modus penipuan yang melibatkan bisnis pengiriman barang. Berikut adalah ulasannya!

Menawarkan Promo dan Undian Mengatasnamakan J&T Express

Sebagai salah satu brand teratas dalam bisnis pengiriman barang, J&T Express tentu memiliki banyak rangkaian promosi untuk pelanggannya. Promo tersebut dapat berupa potongan harga, giveaway item tertentu, ataupun bentuk promosi lainnya.

Namun kamu harus berhati-hati dengan promo dan undian yang mengatasnamakan pihak J&T Express. Terlebih jika kamu diharuskan melakukan transfer dan pembayaran terlebih dulu.

Untuk menghindarkan resiko menjadi korban penipuan, pastikan kamu memeriksa kembali informasi tentang promo dan undian yang mengatasnamakan J&T Express. Setiap program promo dan undian tentu akan dimuat di akun-akun resmi perusahaan J&T Express.

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa sumber kontak yang menyampaikan informasi promo dan undian. Sebagai perusahaan yang memiliki legalitas jelas, tentunya J&T Express akan menghubungi kamu melalui saluran komunikasi resmi.

Misalnya pada akun Instagram @jntexpressid, Twitter @jntexpressid, email jntcare@jet.co.id, ataupun saluran telepon 021-8066-1888.

Menghubungi Nomor HP Korban

Kamu harus sangat waspada jika ada kontak asing yang menghubungi nomormu secara langsung dan mengatasnamakan J&T Express. Untuk memastikan, J&T Express hanya memiliki satu kontak WhatsApp di nomor 08118466188.

Petugas kurir mungkin akan menghubungi kamu beberapa saat sebelum paket sampai. Namun biasanya kamu hanya akan diinformasikan tentang waktu kedatangan saja. Selain itu, kurir terkadang perlu memastikan kembali alamat dan lokasi pengiriman sesuai dengan informasi yang tertera pada resi.

Modus Cetak Resi di ATM

Beberapa aksi penipuan mengatasnamakan J&T Express menggunakan modus pencetakan resi melalui mesin ATM. Hal ini tentu harus jadi kewaspadaan bersama. Khususnya jika kamu memiliki kerabat atau keluarga yang cukup awam dengan teknologi digital.

Perlu diketahui bersama, J&T Express tidak memiliki fitur pencetakan resi melalui mesin ATM. Seluruh resi paket hanya dicetak di agen J&T Express tempat paket diserahkan.

Nomor resi tersebut dapat digunakan untuk pelacakan di website resmi J&T Express ataupun beberapa layanan lainnya. Seluruh proses tersebut tidak membebankan biaya tambahan kepada pengguna. Pengguna hanya membayarkan biaya jasa pengiriman sesuai yang tertera dalam resi.

Aktivasi Kode Nomor Resi

Selain modus cetak resi di ATM, terdapat beberapa modus penipuan lain seperti aktivasi kode nomor resi. Modus ini biasa dilakukan untuk mendapatkan informasi kode OTP dari sejumlah layanan, seperti dompet digital, transaksi online, ataupun bank digital.

Nomor resi pengiriman akan secara otomatis terhubung dengan sistem tracking J&T Express sesaat setelah paket diserahkan kepada agen. Dengan nomor resi tersebut, pelanggan dapat memeriksa posisi dan status terkini dari proses pengiriman.

Seluruh fasiltias tersebut tidak membutuhkan proses aktivasi ataupun biaya tambahan. Seluruh fasilitas akan aktif secara otomatis dan terhubung dengan sistem tracking J&T Express tanpa persyaratan khusus.

Lowongan Pekerjaan Bodong

Khusus bagi pencari dan pelamar kerja, hindari informasi lowongan pekerjaan bodong yang mengatasnamakan J&T Express. Perusahaan J&T Express tidak pernah memungut biaya apapun dalam proses perekrutan karyawannya.

Hal ini termasuk pada perekrutan karyawan yang berdomisili di luar kantor cabang. Pihak J&T Express tidak melakukan kerjasama dengan layanan travel untuk meminta pelamar kerja membayar sejumlah biaya transportasi keberangkatan.

Demikian rangkuman admin tentang sejumlah modus penipuan yang melibatkan jasa pengiriman pada umumnya, termasuk layanan J&T Express. Pelanggan, masyarakat umum, pelamar kerja, dan seluruh pihak yang terlibat dengan aktivitas bisnis J&T Express diharapkan selalu berhati-hati.

Kamu dan seluruh keluarga dihimbau untuk selalu waspada dengan aksi-aksi mencurigakan yang mengatasnamakan J&T Express. Khususnya pada aksi-aksi yang beresiko menimbulkan kerugian, baik material ataupun non-material.