Ketahui Saham Tambang Terbaik Untuk Investasi Menguntungkan Terbaru 2022

Ruangojol.com - Investasi saham memang menjadi prospek menguntungkan yang bisa didapatkan di masa depan. Salah satunya adalah dengan memilih sektor pertambangan yang cukup menarik. Sektor satu ini pun bisa dibilang cukup stabil dan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia. Calon investor pemula hanya perlu memilih mana saham tambang terbaik yang sesuai dengan keinginan dan juga kondisi finansial.

Dengan harga batu bara yang mampu menjulang tinggi hingga mencapai $90 per ton, tentu saja membuatnya cukup digemari oleh para investor. Sehingga banyaknya emiten di industri ini pun sangat layak dipilih untuk investasi jangka panjang. Lantas apa saja rekomendasinya yang dapat dipilih? Simak ulasannya berikut ini:

1. Indo Tambangraya Megah

Emiten tambang yang lebih dikenal dengan ITMG ini memang cukup sukses menjulang kesuksesan pada tahun 2021. Hal ini dikarenakan laba bersihnya yang melejit hingga 293%, dimana naik dari yang sebelumnya hanya US$29,88 juta hingga kemudian tembus di angka US$117,62 juta. Tentunya ini menjadi sebuah peluang bagus bagi para investor yang ingin bermain saham dengan keuntungan menjanjikan.

2. Aneka Tambang

ANTM atau Aneka Tambang juga memiliki ruang tersendiri di hati para investor saham. Pasalnya, emiten ini merupakan salah satu saham tambang terbaik dengan peningkatan performa cukup meningkat di tahun 2021. Bahkan pendapatan bersih yang dicapainya yaitu sudah meningkat 77% dari periode tahun lalu.

Dengan prospek jangka panjang yang baik dan juga anak perusahaan BUMN, bisa dibilang ini merupakan strategi terbaik dalam berinvestasi jangka panjang. Serta, perkiraan pendapatan ANTM yaitu akan meningkat hingga 22% di tahun ini. Saat menarik, bukan?

3. Bukit Asam

Emiten saham dengan kode PTBA ini juga menjadi incaran karena telah mencatat peningkatan pendapatan hingga sebesar Rp500 M selama awal tahun 2021. Hal ini cukup bagus mengingat pencapaian laba bersih yang telah meningkat dibanding periode lamanya. Bahkan di akhir tahun ini, saham pertambangan PTBA diproyeksikan bisa meningkat hingga Rp3 Triliun loh.

4. Adaro Energy

Saham tambang terbaik berikutnya adalah Adaro Energy atau yang dikenal dengan kode ADRO. Kinerja emiten satu ini bisa dibilang cukup bagus dan positif mengingat harga batu bara yang meningkat. Apalagi melihat lonjakan permintaan batu bara dari China, maka investasi di ADRO ini bisa menjadi sangat menjanjikan.

Bahkan target volume produksi di tahun 2021 telah meningkat hingga 54 juta ton. Sehingga banyak analis saham pun merekomendasikan ADRO kepada para investor demi masa depan cemerlang. Jadi, apakah tertarik memilihnya untuk investasi jangka panjang?

5. Bumi Resources

Dengan kode BUMI, emiten saham satu ini memiliki kinerja yang sangat meningkat di tahun 2021. Apalagi seiring peningkatan harga batu bara dunia, maka tren positifnya semakin terlihat dan begitu menguntungkan. BUMI bahkan telah memasang target volume produksi yang mencapai 90 juta ton. Sehingga hal ini menjadi peluang bagus bagi para calon investor.

6. Timah

Peningkatan saham timah atau TINS juga berdampak baik bagi investor yang memilih emiten saham satu ini. Labah bersih yang tercatat tahun 2021 ini pun sudah mencapai hingga Rp10 Miliar. Hal ini terbilang menguntungkan dibandingkan periode tahun kemarin yang mengalami kerugian. Sehingga sejumlah analis tetap merekomendasikan untuk melakukan hold saham TINS hingga laba meningkat dalam investasi jangka panjang.

Nah itulah ulasan tentang beberapa pilihan saham tambang terbaik yang bisa dipilih untuk berinvestasi dalam jangka waktu panjang. Namun pastikan menyesuaikan dan mempertimbangkannya terlebih dahulu mana yang terbaik untuk masa depan.