Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Perbedaan Usia Brand Layanan Ekspedisi di Indonesia Terbaru 2022 | Simak Yuk!

Usia Layanan Brand Ekspedisi | RUANGOJOL.COM - Pertumbuhan bisnis online yang naik pesat sejak akhir tahun 2000-an memberi banyak dampak pada sektor lain.

Sektor tersebut menjadi pendorong akselerasi sejumlah sektor bisnis pendukung, salah satunya pada bisnis layanan pengiriman barang.

Hal tersebut bisa dilihat dari lahirnya berbagai brand layanan pengiriman barang di Indonesia memasuki awal 2010 hingga 2020.

Diantaranya kelahiran brand JET Express, J&T Express, Lion Parcel dan berbagai nama baru lainnya. Situasi tersebut melengkapi persaingan bisnis yang sebelumnya didominasi brand seperti Pos Indonesia dan JNE.

Melihat perjalanan brand-brand tersebut tentu menjadi sesuatu yang menarik. Hal tersebut bisa memberi sudut pandang baru bagi kita semua.

Tidak hanya menjadi pembeli dan penjual dari ekosistem bisnis online. Tetapi kita juga bisa mengamati dampak perkembangan teknologi pada sektor bisnis tersebut.

Seperti yang diketahui, layanan pengiriman barang merupakan salah satu sektor bisnis yang paling sibuk di era saat ini. Berikut ulasan admin tentang perjalanan sejumlah layanan pengiriman barang yang eksis di Indonesia.

JNE (PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir)

Secara resmi, perusahan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir yang menaungi brand JNE berdiri pada Senin, 26 November 1990.

Jadi, brand JNE telah eksis dan melayani konsumen selama sekitar 32 tahun. Usia tersebut tergolong salah satu yang paling senior di sektor bisnis pengiriman barang.

Berdasarkan sejumlah sumber, perusahaan tersebut merupakan pecahan dari perusahaan induk yang menaungi brand TIKI. Saat ini kedua brand TIKI dan JNE masih eksis di pasar layanan pengiriman barang. 

J&T Express

Berbeda dengan JNE, brand J&T Express tergolong pemain baru dalam bisnis pengiriman barang.

Perusahaan PT Global Jet Express baru berdiri dan memulai layanan tersebut pada tahun 2015. Tepatnya layanan J&T Express baru berusia tujuh tahun di Indonesia.

Meski tergolong pelaku bisnis baru, J&T Express berhasil memberi gebrakan bisnis yang tidak main-main di sektor tersebut.

Bahkan di usianya yang kurang dari 10 tahun, J&T Express sudah masuk ke dalam jajaran perusahaan unicorn.

JET Express

Memiliki banyak kemiripan dengan J&T Express, brand JET Express juga berdiri di tahun yang sama.

Perusahaan PT Jaringan Ekspedisi Transportasi yang menjadi rumah dari brand JET Express berdiri di tahun 2015. Membuat JET Express menjadi saudara berusia sama dengan J&T Express.

Meski memiliki banyak kesamaan, brand J&T Express dan JET Express merupakan dua entitas bisnis yang berbeda.

Kedua brand tersebut juga tidak saling terhubung dalam aktivitas operasional ataupun promosi. Jika ditelusur lebih dalam, layanan keduanya pun sangat berbeda satu sama lain.

SiCepat

Awal dekade 2010 menjadi masa kelahiran brand-brand layanan pengiriman baru. Salah satunya perusahaan PT SiCepat Ekspress Indonesia.

Perusahaan yang menaungi brand SiCepat tersebut berdiri secara resmi pada tahun 2014 dan memiliki kantor pusat di Gambir, Jakarta Pusat.

Layanan SiCepat menjadi salah satu inovasi yang memberi gebrakan pada pasar layanan pengiriman barang di Indonesia.

Performa tersebut berhasil dipertahankan di usianya yang saat ini memasuki tahun ke-8 pada bisnis layanan pengiriman barang di Indonesia.

Hingga saat ini, brand SiCepat menjadi salah satu layanan yang memiliki harga paling kompetitif. Di saat bersamaan, brand tersebut memiliki estimasi waktu pengiriman yang tergolong sangat ‘cepat’.

Pos Indonesia

Perusahaan PT Pos Indonesia merupakan kontributor layanan pengiriman barang dengan latar belakang perusahaan plat merah.

Secara resmi, PT Pos Indonesia telah berdiri di tahun 1995 dengan lini bisnis utama pengiriman surat dan dokumen. Sehingga usia layanannya secara resmi telah berumur 27 tahun.

Seiring kebutuhan pelanggan, PT Pos Indonesia juga mengembangkan layanan pengiriman barang pada umumnya.

Namun PT Pos Indonesia mengalami berbagai kesulitan inovasi untuk turut bersaing di kompetisi bisnis pengiriman barang, khususnya pada dua dekade terakhir.

Lahirnya kompetitor baru dengan kapasitas bisnis yang bervariasi menjadi salah satu kendala utama. PT Pos Indonesia juga dinilai cukup lamban dalam hal adaptasi inovasi. 

Dengan kapasitas modal operasional yang sangat tinggi, perusahaan tersebut tidak masuk ke dalam pilihan utama layanan pengiriman di era transaksi online saat ini.

TIKI

Brand TIKI dengan naungan perusahaan resmi PT Citra Van Titipan Kilat merupakan yang paling senior dalam daftar ini.

Perusahaan tersebut telah eksis sejak tahun 1970. Sehingga secara resmi usianya telah memasuki 52 tahun.

Usianya bahkan lebih senior dibanding perusahaan plat merah di bidang yang sama, PT Pos Indonesia.

Perusahaan dan brand TIKI juga menjadi cikal-bakal kelahiran brand JNE yang saat ini inovasi dan pertumbuhannya tampak lebih cepat di pasar layanan pengiriman barang.

Brand TIKI saat ini masih eksis melayani penlanggan jasa pengiriman barang di lebih dari 60 kota di Indonesia.

Anteraja

Brand Anteraja merupakan salah satu layanan pengiriman barang paling muda di Indonesia. Secara resmi brand Anteraja baru eksis di tahun 2019 lalu. Kelahirannya terhitung baru berusia 2 tahun di bisnis Indonesia.

Meski begitu, brand yang bernaung di bawah PT Tri Adi Bersama tersebut tidak dapat dianggap sepele.

Berbagai inovasi membuat kesadaran konsumen pada brand tersebut sudah sangat baik. Hal ini secara jelas bisa dilihat dari inovasi manajemen dan promosi layanan.

Dalam waktu singkat, brand Anteraja juga sudah menjadi salah satu pilihan teratas untuk kebutuhan pengiriman transaksi online di berbagai marketplace di Indonesia.

Ninja Express

Brand Ninja Express memiliki perjalanan yang cuku berbeda dengan sebagian besar brand lain dalam daftar ini.

Dalam sejarahnya, brand Ninja Express tidak dikembangkan pertama kali di Indonesia. Ninja Express justru pertama kali berdiri di Singapura pada tahun 2014.

Sebelum melebarkan layanan ke Indonesia, brand tersebut sudah lebih dulu eksis di beberapa negara Asia Tenggara.

Diantara negara-negara tersebut adalah Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Meski tegolong baru berusia sekitar 7 tahun, brand Ninja Express mengambil langkah bisnis gesit di Indonesia.

Sejak kehadirannya, brand Ninja Express langsung membuka kerjasama menjadi mitra dari brand marketplace di Indonesia.

Opsi pengiriman Ninja Express saat ini sudah eksis di layanan seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Hal tersebut membuat pertumbuhan layanan Ninja Express sangat pesat di Indonesia.

Wahana

Brand Wahana Logistic telah eksis di Indonesia sejak tahun 1998. Usia 24 tahun menjadikan brand Wahana sebagai salah satu senior di bidang pengiriman barang di Indonesia.

Meski begitu, brand Wahana memiliki perbedaan dasar dengan brand lain dalam daftar ini. Wahana Logistic memiliki sasaran konsumen utama yang berbeda dari layanan lain.

Brand tersebut menyasar pelaku bisnis mikro, menengah, dan korporasi besar sebagai konsumen utamanya.

Lion Parcel

Sesuai namanya yang familiar, brand Lion Parcel merupakan lini bisnis yang jadi bagian pengembangan dari induk usaha Lion Air.

Berdiri di awal tahun 2013, inovasi layanan Lion Parcel juga tergolong tidak tanggung-tanggung.

Memanfaatkan relasi dan kesadaran merk, brand Lion Parcel telah bermitra dengan sejumlah ecommerce terbesar di Indonesia.

Hanya dalam waktu kurang dari 10 tahun, brand Lion Parcel berhasil mengakuisisi sekitar 7000 mitra agen di seluruh Indonesia.

Statistik tersebut tentu bukan pencapaian kecil di tengah kompetisi bisnis layanan pengiriman barang yang saat ini sangat ketat.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain