Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Cara Merawat V-Belt Motor Matic Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

banyaknya hal yang harus diperhatikan dalam perawatan V-Belt. berikut beberapa cara perawatannya, simak dibawah ini!
Ruangojol.com - Kendaraan motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak dimiliki dan juga digunakan oleh orang-orang. Banyak orang memilih menggunakan kendaraan ini dikarenakan menggunakan motor lebih praktis dan lebih menghemat waktu.

Ada dua jenis motor yang banyak digunakan oleh orang-orang yaitu motor matic dan motor manual. Untuk motor matic sendiri sekarang sudah sangat banyak  digunakan karena penggunaanya yang lebih mudah dibanding dengan motor manual.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memiliki motor matic. Hal tersebut adalah perawatan motor agar tetap awet. Diantara banyaknya hal tersebut salah satu yang harus diperhatikan adalah perawatan V-Belt. Van belt motor matic harus dirawat agar pengendara tetap aman dalam mengendarai motor.

cara merawat v-belt Matic agar tahan lama

Apa itu Van Belt?

V-Belt atau dapat sering disebut dengan Van beltmerupakan salah satu perangkat penting yang ada pada motor matic. Van beltsendiri berfungsi sebagai pengantar daya mesin ke sistem penggerak motor. Van belt perlu dirawat agar tetap awet karena mengingat Van belt motor matic memiliki masa kadaluarsa.

Ciri-Ciri Van Belt Rusak

Ada beberapa ciri-ciri dari vanbelt rusak yang dapat dilihat oleh para pengguna motor matic. Ciri-Ciri Van belt rusak tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

1. Bunyi Pada CVT

Ciri-Ciri pertama yang dapat dilihat saat Van belt motor rusak adalah terdapat bunyi pada boks CVT atau countinouly variabel transmission. Bunyi pada CVT akan terdengar saat diawalmenghidupkan mesin motor. Akan terdengar bunyi decitan saat  motor akan dijalankan.

2. Tarikan Pada Motor Kaku Dan Keras

Selanjutnya ciri dari vanbelt yang rusak dan sebentar lagi akan putus adalah adanya rasa kaku dan juga kasar pada tarikan motor. Umumnya untuk tarikan motor dengan kondisi vannbelt yang baik tarikan yang ada akan terasa lancar dan juga halus.

3. Sulit Untuk Menaikkan Kecepatan

Selanjutnya untuk Van belt motor matic yang rusak motor akan terasa sulit dan juga terasa tidak mulus saat melaju dalam kecepatan tinggi.

4. Adanya Getaran

Terdapat getaran yang terjadi pada motor matic saat motor digunakan. Akan tetapi getaran yang muncul pada motor ini tidak serta merta menjadi patokan bahwa bahwa Van belt motor telah rusak. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai keadaan motor tersebut.

Faktor Penyebab Vanbelt Mudah Putus

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan vanbelt motor matic cepat putus. Salah satu faktornya adalah bebean pada Van belt yang terlalu berlebihan. Seperti contoh jika keadaan motor matic tidak dalam keadaan yang prima akan tetapi tetap dipaksa untuk melaju dijalan yang tidak bagus.

Tips Merawat Vanbelt

Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan dalam menjaga dan merawat Van belt motor matic :

1. Lakukan Pengecekan Berkala

Hal pertama yang harus dilakukan untuk merawat V belt motor matic adalah dengan melakukan pengecekan rutin. Dengan melakukan hal tersebut pengguna dapat mengetahui kondisi dari Van belt motornya masing-masing.  Dan perlu diketahui dari banyaknya faktor penyebab Van belt rusak salah satunya adalah faktor kotornya ruang CVT.  Kotornya ruang CVT dapat mempercepat dan memperpendek usia Van belt motor.

2. Menggunakan Skutik Dengan Normal

Tidak disarankan untuk menggunakan skutik ataupun tarikan gas yang langsung cepat. Hal yang harus dilakukan adalah menarik gas secara bertahap mulai dari tarikan pelan sampai cepat. Saat melakukan penarikan gas maka Van beltakan mengencang dan melakukan penggerakan pada ban belakang.

3. Bijak Dalam Menggunakan Aksesoris Balap

Pemilihan aksesoris balap pada motor yang tidak sesuai dengan motor yang dipunya akan menyebabkan kerusakan pada Van belt motor matic. Oleh sebab itu ada baiknya untuk menggunakan aksesoris balap yang sesuai dengan kondisi dan keadaan motor masing-masing. Hal ini dilakukan untuk keamanan juga kenyamanan saat berkendara dan pastinya hal ini juga dapat membantu dalam memperpanjang masa usia Van belt.

Demikian pembahasan Artikel ini tentang tips merawat vanbelt motor matic. Selumnya motor matic sendiri merupakan salah satu motor yang banyak digunakan oleh orang-orang. Untuk menjaga keadaan motor tersebut dibutuhkan perawatan yang dilakukan secara berkala.

Salah satu perawatan tersebut adalah dengan menjaga keadaan Van belt. Menjaga dan merawat Van belt telah dijelaskan seperti yang telah dituliskan sebelumnya. Merawat Van belt sendiri berguna untuk keamanan dan juga kenyamanan para pengendara motor matic. Semoga Bermanfaat, terimakasih.
Blogger pemula, belajar menulis dan berbagi informasi bermanfaat.