Isi Saldo Driver OJOL Murah di Harja Cellular DAFTAR/LOGIN

Cara Ajukan Banding Gojek Driver Terbaru, Mudah dan Cepat!

Berikut adalah informasi mengenai cara banding driver gojek melalui dua cara, simak syarat dan langkahnya dengan benar agar mudah Acc, selamat mencoba

Ruangojol.com - Banding akun Gojek merupakan salah satu fitur baru yang bisa dimanfaatkan oleh driver untuk memulihkan kembali akun mereka yang sedang di suspend. Suspend atau putus mitra merupakan sanksi yang ditetapkan oleh Gojek kepada diver yang dinilai melanggar aturan.

Pelanggaran yang dimaksud adalah hal-hal yang tercantum pada Tata Tertib Gojek. Sehingga ketika dinilai melanggar akun driver langsung disuspend. Hal ini mengakibatkan driver tidak bisa lagi menerima orderan, atau untuk sementara waktu tidak bisa meraih penghasilan dari Gojek.

Hal ini jelas sangat merugikan bagi driver, karena terkadang suspend tersebut terjadi tanpa diketahui alasannya. Beberapa memang diberikan pemberitahuan, namun di beberapa kasus, akun driver langsung disuspend begitu saja. Oleh sebab itu fitur banding ini perannya sangat penting untuk driver.

Cara Mengajukan Banding Gojek Driver

Apa Itu Banding Akun Gojek

Banding yang dimaksud di sini adalah pemeriksaan ulang kembali sanksi yang diterapkan kepada driver. Biasanya suspend akun dilakukan jika pihak Gojek menilai driver sudah melakukan pelanggaran berat, atau melakukan pelanggaran berulang-ulang.

Dulunya banding hanya bisa dilakukan secara manual, yakni datang langsung ke kantor Gojek, untuk pemeriksaan ulang sanksi atau pelanggaran. Kini banding tersebut sudah bisa dilakukan lewat aplikasi Gojek saja, sehingga para driver semakin terbantu.

Dengan mengakses menu banding akun Gojek, akun Anda bisa dipulihkan kembali. Tentu hal ini harus memenuhi syarat, serta tebukti Anda tidak melakukan pelanggaran sebagaimana diatur olej Gojek. Tetapi jika pelanggarannya fatal, banding bisa saja ditolak.

Banding ini dihadirkan untuk memberikan keadilan bagi driver, karena bisa saja kesalahan atau pelanggaran tersebut terjadi secara tidak sengaja. Mengingat saat ini Gojek banyak menjadi mata pencaharian driver, fitur ini sangat penting untuk membantu para driver. 

Syarat Mengajukan Banding Akun di Aplikasi Gojek

Proses banding tersebut akan disetujui, jika dinilai sesuai kriteria atau persyaratan yang ditetapkan oleh Gojek. Hal ini tentu harus Anda penuhi, agar akun dipulihkan seperti semula. Berikut syarat banding akun Gojek yang perlu Anda siapkan. 

  1. Banding hanya bisa dilakukan paling lambat 14 hari, tepat ketika notifikasi suspend tersebut diterima driver. Jika ternyata setelah 14 hari Anda tidak melakukan banding, dianggap sudah menyetujui pelanggaran yang dibuat, dan menerima sanksi dari Gojek.
  2. Banding dilakukan menggunakan aplikasi Gojek, bukan lagi datang ke kantor Gojek secara langsung. Anda perlu memperbarui aplikasi Gojek terlebih dahulu untuk bisa mengakses fitur banding tersebut, karena semua driver bisa mengaksesnya. 
  3. Driver hanya diizinkan mengajukan banding sekali untuk setiap pelanggaran yang dilakukan. Jadi jika sebelumnya Anda pernah mengajukan banding, dan kembali melakukan pelanggaran yang sama, maka fitur banding akun Gojek ini tidak bisa lagi diakses. 
  4. Jika banding diterima, dan akun driver dipulihkan, maka tidak boleh melakukan pelanggaran selama 3 bulan ke depan, terutama jenis pelanggaran yang sama. Jika dalam waktu 90 hari tersebut Anda diketahui melakukan pelanggaran, akun driver bisa disuspend Gojek nantinya. 
  5. Walaupun sanksi yang ditetapkan seperti Putus Mitra, driver masih diizinkan melakukan  banding asalkan dinilai memenuhi kriteria. Putus Mitra merupakan sanksi paling berat yang dibuat oleh Gojek, karena driver tidak bisa lagi menggunakan layanan Gojek, untungnya banding masih bisa dilakukan. 
  6. Syarat lain dalam banding akun Gojek ini adalah pihak Gojek berhak sepenuhnya memutuskan apakah banding tersebut diterima atau tidak. Jadi kalau misalnya akun Anda tetap disuspend, driver tidak bisa melakukan banding kembali. 

Cara Mengajukan Banding Akun Lewat Aplikasi Gojek

Prosedur atau langkah pengajuan banding akun ini bisa dilakukan lewat dua cara. Cara pertama digunakan ketika driver mendapakan notifikasi suspend, sedangkan cara lainnya bisa dipakai jika tidak mendapatkan notifikasi. Berikut langkah untuk mengakses fitur banding di aplikasi tersebut. 

1. Banding Akun Setelah Menerima Notifikasi Gojek

Pada beberapa kasus, pihak Gojek akan memberikan notifikasi tentang suspend akun kepada driver akibat pelanggaran yang dilakukan. Jika merasa tidak melanggar, maka driver bisa langsung mengajukan banding akun Gojek dengan cara berikut.

  • Saat notifikasi muncul, baca secara seksama notifikasi tersebut. Biasanya dijelaskan jenis pelanggaran yang dilakukan dan seberapa lama akun akan disuspend. Anda bisa langsung memilih Banding yang tersedia di bagian bawah notifikasi tersebut. 
  • Setelah Banding dipilih, driver akan dialihkan ke laman bantuan. Akan dijelaskan pada laman tersebut proses bandingnya. Setelah itu, Anda tinggal memilih Ajukan Banding di Sini. 
  • Selanjutnya Anda akan diminta mengisi nomor KTP, serta kronologis tentang pelanggaran yang dimaksud. Pastikan membuat kronologis secara detail terkait pembelaan anda. Setelah itu, tinggal klik Kirim. 
  • Nantinya Anda akan mendapatkan balasan lewat SMS dari pihak Gojek langsung, tentang persetujuan banding tersebut. 

2. Cara Banding Jika Tidak Menerima Notifikasi Gojek

Beberapa driver tidak mendapatkan notifikasi sama sekali, dan tiba-tiba akun mereka sudah kena suspend. Driver bahkan tidak tahu jenis pelanggaran apa yang dilakukan, sehingga akun disuspend. Jika hal ini terjadi, berikut cara untuk banding akun Gojek tersebut.

  • Bukan aplikasi Gojek Driver terlebih dahulu, lalu bukan bagian profil, kemudian pilih menu Bantuan.
  • Setelah itu, pilih menu Pengajuan Banding, jika akun Anda telah mengalami suspend. Dari menu bantuan tersebut, cari pilihan Saya Ingin Mengajukan Banding Atas Sanksi yang Saya Terima.
  • Setelah driver akan langsung dialihkan ke halaman penjelasan tentang fitur banding di aplikasi Gojek tersebut. Langkah selanjutnya pilih menu Ajukan Banding di Sini yang terletak di bagian bawah halaman. 
  • Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengisi nomor KTP, serta menuliskan kronologi terkait pembelaan mengenai pelanggaran yang dimaksudkan. Pastikan membuat alasan yang logis agar banding akun Gojek diterima. Langkah terakhir, tinggal kirim banding tersebut. 
  • Nantinya driver juga akan mendapatkan notifikasi lewat SMS tentang keputusan Gojek terkait banding tersebut. 

Manfaat Fitur Banding di Akun Gojek

Kehadiran fitur baru ini jelas menguntungkan driver, karena para driver Gojek kini tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengajukan banding terhadap pelanggaran. Karena terkadang, akun bisa terkan suspend karena kesalahan sistem. Berikut beberapa manfaat pentingnya fitur banding tersebut.

1. Membatalkan Sanksi Terhadap Kesalahan yang Tidak Disengaja

Salah satu manfaat banding akun Gojek ini adalah untuk membatalkan sanksi terhadap kesalahan driver yang terjadi secara tidak sengaja. Terkadang bisa saja karena kelalaian atau kesalahan sistem, driver dinilai telah melanggar tata tertib.

2. Menjadi Pembelajaran Bagi Driver

Fitur banding ini juga menjadi kesempatan untuk driver meningkatkan kembali pelayanannya untuk customer. Dengan adanya pengingat, driver bisa mencegah terjadinya pelanggaran yang sama. Dengan demikian driver bisa bekerja semakin baik, dan customer semakin terlayani. 

Gojek terus berusaha untuk membuat mitra driver dan customer semakin mendapatkan manfaat dari layanan jasa transportasi online ini. Fitur banding akun Gojek merupakan layanan yang dibuat untuk memberikan kesempatan bagi driver meningkatkan layanan mereka.

Ketika driver melakukan pelanggaran, tidak langsung diberikan sanksi, melainkan diberikan peringatan. Bahkan jika terbukti melanggar ketentuan Gojek, driver diberikan kesempatan untuk membela. 

Fitur banding akun Gojek hanya bisa Anda akses  sekali saja, ketika akun mengalami suspend akibat pelanggaran yang dibuat.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain