Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Cara Cek Resi Cargo Shopee Terbaru, Mudah, dan Akurat

Berikut adalah informasi mengenai cara cek resi shopee kargo atau Cargo melalui berbagai macam metode, silahkan ikuti tahapannya dengan baik, disimak.

Ruangojol.com - Untuk Anda yang sering belanja online, cek resi cargo shopee mungkin sering dilakukan. Saat ini, shopee merupakan salah satu platform belanja online terbesar. Dengan banyak pilihan yang tersedia. 

Selain itu, shopee juga memiliki berbagai jenis sistem pengiriman. Mulai dari berskala kecil sampai untuk skala besar. Anda juga bisa mengatur akan menggunakan jasa pengiriman mana, sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Bahkan platform ini memiliki sistem sendiri untuk masalah pengantaran barang. Layanan shopee juga memberikan fasilitas untuk pelacakan barang milik Anda. Bentuk layanannya adalah cargo shopee.

cara cek resi shopee cargo

Apa itu Cargo Shopee?

Cargo shopee merupakan layanan yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengiriman dalam skala besar dan jarak jauh. Skala jangkauan dari pengiriman jenis ini meliputi antar kota antar provinsi, bahkan antar negara. 

Kelebihan lain dari pengiriman ini adalah cover areanya cukup jauh. Itulah mengapa banyak orang menggunakan jasa ekspedisi satu ini. Sistem pengiriman ini juga memberikan cek resi cargo shopee untuk pelacakan. 

Anda juga bisa memilih jalur pengiriman untuk Anda gunakan, dari mulai darat, laut, dan udara. Layanan ini cocok untuk Anda gunakan ketika akan melakukan pengiriman dalam jumlah besar. 

Biasanya, layanan ini akan digunakan ketika Anda akan mengirim barang dengan berat lebih dari 10 kilogram. Jika dilihat dari segi harga, maka jasa pengiriman ini juga cukup ekonomis.

Syarat dan Ketentuan Cargo Shopee

Sebelum memahami cara cek resi cargo shopee, Anda juga perlu mengetahui syarat dan ketentuan menggunakan jasa pengiriman ini. Pada dasarnya layanan ini sudah terintegrasi dengan sistem. 

Maka, mungkin Anda bisa mendapatkan pilihan ini atau tidak. Atau bisa saja Anda hanya mendapatkan satu pilihan dari tiga pilihan tersedia. Ketentuan tersebut contohnya adalah:

  1. Pengaturan akan layanan tersedia dilakukan oleh sistem. Pengguna hanya bisa memilih jasa pengiriman tersedia saja.
  2. Penentuan ongkos kirim dilakukan melalui sistem dan akan ditambahkan langsung ke menu pembayaran. Semua pembayaran menggunakan metode cashless
  3. Ongkos kirim belum termasuk asuransi, pengguna bisa menambahkan jika dirasa perlu. Ketentuan mengenai Asuransi dan pengajuan klaim akan mengikuti ketentuan shopee dan jasa ekspedisi.
  4. No resi akan didapatkan setelah paket masuk ke sistem layanan ekspedisi dan akan langsung di-update di sistem shopee, cek resi cargo shopee bisa dilakukan setelahnya

Cara dan Langkah Cek Resi Cargo Shopee

Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah nomor resi. Nantinya, dengan menggunakan resi ini maka bisa melakukan pengecekan tentang barang milik Anda. Dari sini juga bisa melihat status pengiriman. 

Apakah sudah dikirim atau belum. Termasuk jika sudah dikirim, maka kapan estimasi sampainya. Sementara itu, ada empat cara yang bisa dilakukan untuk cek resi cargo shopee.

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi. Cara selanjutnya memanfaatkan layanan pelacakan dari ekspedisi. Dalam hal ini JNE untuk JTR Trucking. J&T untuk J&T cargo. Atau Sicepat untuk layanan Sicepat Gokil.

1. Cek Resi Melalui Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika akan melakukan cek resi adalah melalui aplikasi Shopee. Ini merupakan cara termudah yang bisa dilakukan. Cara yang perlu dilakukan adalah:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee
  2. Pilih menu "Saya" 
  3. Ada banyak menu yang muncul pada halaman tersebut, pilih menu “Dikirim”
  4. Pilih menu “Pesanan Saya”
  5. Akan muncul semua pesanan yang sedang berlangsung. Pilih satu yang akan Anda cek.
  6. Selanjutnya tekan nomor resi
  7. Status dari pesanan kamu akan muncul. Pelacakan ini akan memperlihatkan sudah berada di mana paket Anda. dan jika sudah sampai, maka akan ada bukti dan penerima barang tersebut.

2. Menggunakan Layanan Pelacakan JNE

Cara lainnya untuk melakukan cek resi cargo shopee bisa dilakukan melalui sistem pelacakan milik ekspedisi. Cara ini hanya bisa dilakukan jika menggunakan layanan cargo JNE Trucking. 

Berikut adalah cara yang Anda perlukan:

  1. Pastikan sudah memiliki resi dari shopee
  2. Buka website JNE, yaitu jne.co.id
  3. Masuk ke menu pelacakan
  4. Masukan nomor resi Anda di kolom pencarian yang tersedia
  5. Lakukan verifikasi captcha
  6. Tekan tombol tracking
  7. Jika nomor resi benar dan verifikasi captcha berhasil, maka nomor resi akan muncul di bagian bawah. Klik pada nomor resi tersebut.
  8. Status pelacakan dari pengiriman akan muncul di layar, jika nomor resi benar.

3. Menggunakan Layanan Pelacakan SiCepat

Sama seperti sebelumnya, hanya saja cara ini bisa Anda lakukan jika menggunakan layanan SiCepat. Dalam hal ini, maka layanan yang Anda gunakan adalah SiCepat Gokil. 

Caranya tidak jauh berbeda dengan pelacakan menggunakan layanan ekspedisi lainnya. Cara cek resi cargo shopee tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda sudah punya nomor resi
  2. Masuk ke website SiCepat, atau langsung akses ke sicepat.com/checkAWB
  3. Masukan nomor resi milik Anda pada kolom yang tersedia
  4. Tekan tombol lacak
  5. Jika nomor resi benar, maka akan muncul informasi tentang pengiriman tersebut. Klik pada nomor resi untuk status lebih jelas
  6. Hasil pelacakan barang milik Anda akan muncul di layar.

4. Menggunakan Layanan Pelacakan J&T

Cara terakhir untuk cek resi cargo shopee adalah melalui layanan J&T. Cara ini hanya bisa Anda lakukan jika menggunakan layanan J&T Cargo. Berikut cara pengecekan yang Anda perlukan:

  1. Pastikan Anda sudah punya nomor resi
  2. Langkah pertama adalah masuk ke website J&T di jtcargo.co.id
  3. Masukan no resi ke kolom yang tersedia
  4. Informasi dan status pengiriman yang Anda lakukan akan langsung muncul, jika nomor resi yang Anda masukan sudah benar.

Manfaat Menggunakan Cargo Shopee

Penggunaan layanan kargo shopee ini memang cukup menguntungkan. Selain karena harga yang terjangkau dan cek resi cargo shopee yang mudah. Layanan ini juga bisa menjangkau area yang jauh. Beberapa keuntungan lau yang didapat antara lain:

1. Berat Bisa Disesuaikan

Penggunaan layanan kargo ini cukup menguntungkan. Terutama jika barang yang Anda kirim cukup berat atau memiliki dimensi yang besar.

2. Pengaturan Pengiriman

Pembeli bisa memilih layanan yang tersedia dengan mudah. Selain itu, penjual juga bisa mengatur opsi pengiriman dengan mudah. Di sisi penjual, mereka juga bisa mengatur kapan barang bisa diambil dan diantar.

3. Ongkos yang Terjangkau

Dengan cover area yang cukup jauh, layanan ini terbilang ekonomis jika dilihat dari biaya ongkos kirim. Jika dibandingkan dengan layanan lain, layanan ini memang akan menguntungkan ketika Anda mengirim barang untuk jarak yang cukup jauh

4. Proses Pelacakan Mudah

Dengan cara cek resi cargo shopee yang mudah, maka hal tersebut juga mempermudah proses pelacakan. Anda juga bisa memperkirakan kapan barang tersebut akan tiba.

5. Tersedia Asuransi

Layanan ini juga menyediakan layanan asuransi jika Anda perlukan. Penggunaan layanan asuransi akan menyesuaikan dengan ketentuan dari ekspedisi dan shopee

Mengapa Menggunakan Cargo Shopee?

Dari semua kelebihan yang akan Anda dapatkan, cara ini memang cukup menguntungkan. Layanan ini juga menawarkan ongkos kirim yang cukup terjangkau. 

Keuntungan lainnya dari layanan ini adalah tersedia asuransi. Selain itu, proses dan cara cek resi cargo shopee juga cukup mudah, sehingga pelacakan juga akan semakin mudah.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain