Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Cara Daftar dan Cek Bansos Ramadhan April 2022, Mudah dan Cepat!

Berikut adalah bansos yang cair di bulan ramadhan dan cara mengeceknya melalui situs resmi kemensos, silahkan dicek ya, siapa tahu nama kamu terdaftar

Ruangojol.com - Pemerintah terus menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Berikut 5 dana bansos yang disalurkan di bulan puasa Ramadhan April 2022.

Masing-masing bansos diberikan kepada penerima yang berbeda, dengan nominal yang berbeda. Proses pengecekan daftar penerima bansos juga berbeda, sesuai dengan link milik lembaga penyalur.

Berikut 5 bansos yang dicairkan di bulan puasa Ramadhan April 2022:

1. Minyak Goreng BLT

Minyak goreng BLT diberikan kepada 22,5 juta penerima pada April 2022 dengan nilai nominal Rp. 300 ribu per penerima. Penerima minyak goreng BLT adalah pedagang Kali Lima (PKL), keluarga penerima manfaat PKH dan BPNT. Penerima PKH dan BPNT dapat dicek secara online melalui tautan Cekbansos.Kemensos.go.id.

2. Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja diberikan kepada warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun yang tidak sedang mengenyam bangku sekolah formal atau perguruan tinggi, dan belum pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah. Besaran bantuan yang diterima pelamar yang lolos seleksi sebesar Rp. 2,55 juta.

Bantuan disalurkan melalui BNI atau e-wallet (OVO, GoPay, DANA, atau LinkAjA). Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link www.prakerja.go.id dengan menggunakan KTP, KK, dan foto selfie. Jika lolos seleksi, penerima Kartu Prakerja akan dihubungi melalui SMS dan email.

3. Bantuan Sembako atau BPNT

Besaran bantuan sembako atau BPNT sebesar Rp200 ribu per bulan yang disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) melalui HImbara yang kemudian dibelanjakan sebagai sembako di e-warong. Masyarakat bisa mengecek daftar penerima bantuan sembako atau BPNT April 2022 di link Cekbansos.Kemensos.go.id.

4. Dana Desa BLT

Bantuan BLT Desa diberikan kepada masyarakat miskin yang terkena bencana dan tidak menerima bantuan lain dari pemerintah yang anggarannya berasal dari dana desa. Masyarakat dapat mengecek daftar penerima BLT desa Rp 300 ribu per bulan melalui link sid.kemendesa.go.id dengan memasukkan data ID CARD yang sesuai.

5. Bantuan Sosial PKH

Bantuan sosial PKH diberikan kepada penerima yang termasuk dalam komponen kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

Setiap penerima mendapat bantuan dengan nominal yang berbeda-beda. Proses pendistribusian dilakukan dalam empat tahap dalam setahun, setiap tiga bulan sekali melalui Himbara. Berikut daftar penerima bansos PKH tahap II yang telah disalurkan pada April 2022:

  • Ibu hamil dan balita, masing-masing Rp 3 juta per tahun.
  • Lansia dan penyandang disabilitas masing-masing Rp 2,4 juta per tahun.
  • Anak SD/sederajat : Rp. 900 ribu per tahun.
  • Siswa SMP/sederajat : Rp. 1,5 juta per tahun.
  • Siswa SMA/sederajat : Rp. 2 juta per tahun

Masyarakat dapat mengecek daftar penerima bansos PKH melalui link Cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi Cek Bansos.

  • Buka link cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan nama penerima sesuai KTP.
  • Masukkan nama provinsi sesuai KTP.
  • Masukkan kode huruf di layar.
  • Klik Cari Data.

Setelah itu akan muncul informasi apakah sudah terdaftar sebagai beneficiary atau tidak.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain