Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Cara Mudah Melacak Grab Express Terbaru, Proses Cepat

Berikut adalah informasi mengenai cara melihat lokasi pengiriman barang realtime di grab express. selamat mencoba dan semoga membantu kalian semua.

Ruangojol.com – Saat ini, cara melacak Grab Express sangat mudah dilakukan, tidak perlu datang langsung ke cabang terdekat, tapi hanya perlu melakukannya melalui smartphone saja. 

Grab Express merupakan salah satu fitur layanan terbaru dari Grab yang memungkinkan Anda melakukan pengiriman barang dengan harga bersahabat, baik di dalam maupun luar kota dalam wilayah Indonesia.

Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan paket atau makanan ke luar kota dengan waktu pengiriman yang relatif singkat. Bahkan untuk jarak tertentu bisa dikirimkan kurang dari 24 jam.

cara melacak lokasi grab express

Mengenal Lebih Dekat Grab Express

Saat ini penjualan dan pembelian suatu barang tidak hanya di lakukan dengan datang langsung ke toko penjualnya. Namun, lebih banyak dilakukan menggunakan cara online. Hanya dengan menggunakan perangkat digital suatu barang dapat dijual dan dibeli.

Oleh sebab itu, banyak pedagang mencari tahu cara berjualan online di berbagai flatform dan pembeli mencari tahu bagaimana cara melakukan pembelian daring. Tidak lupa juga mencari tahu mengenai cara melacak Grab Express dan jasa kirim lainnya.

Grab Express atau GE merupakan sebuah layanan pengiriman yang diberikan oleh perusahaan internasional di Indonesia. Layanan ini hanya dapat diakses menggunakan aplikasi Grab dan hanya bisa digunakan apabila Anda memiliki akunnya.

Pelayanan yang diberikan merupakan jenis pengantaran menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 dengan waktu pengiriman lebih singkat, hanya 2 hingga 6 jam saja. Biasanya layanan ini diberikan dalam satu kota atau jarak tertentu saja.

Anda dapat melakukan pengiriman berbagai barang, mulai dari makanan hingga hadiah. Namun, hanya boleh jenis barang-barang yang tidak melanggar aturan hukum.

Cara melacak Grab Express juga sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja, bahkan Anda bisa langsung mengetahui lokasi paket saat dalam perjalanan. 

Layanan ini sangat cocok untuk Anda jika ingin kirim paket dalam jarak tidak terlalu jauh dalam waktu singkat, terutama saat tidak bisa mengirimkannya sendiri. 

Ketentuan Layanan Grab Express Bagi Pengguna

Bukan hanya pengetahuan mengenai bagaimana cara melacak Grab Express yang penting Anda ketahui, tapi juga bagaimana melakukan serta persyaratan harus terpenuhi. Nah, untuk syarat juga ketentuannya, silakan simak yang berikut:

1. Produk yang Dikirimkan

Dalam peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, Anda dapat melakukan pengiriman berbagai jenis produk mulai dari produk fesyen, makanan, juga jenis obat-obatan, bahkan jamu atau cairan lainnya. 

Akan tetapi, tidak boleh mengirimkan jenis produk yang dilarang pemerintah, seperti obat-obatan terlarang maupun jenis satwa dilindungi. Jika ditemukan, pihak Grab akan melakukan pelaporan ke pihak berwajib.

2. Jadwal Penjemputan

Cara melacak Grab Express, selain itu Anda juga bisa mengatur jadwal penjemputan paket melalui aplikasi jika ingin melakukan pengiriman di waktu tertentu. Penjemputan oleh driver akan disesuaikan dengan jadwal tersebut.

Grab Express memiliki 2 layanan, yaitu Instant dan same-day. Untuk Instant waktu pengiriman dalam rentang 2 jam setelah penjual melakukan request pick up, tapi hanya berlaku apabila dilakukan sebelum pukul 16.00.

Sedangkan Same-day memiliki rentang waktu 6 jam dari request penjual dengan ketentuan sebelum pukul 16.00.

3. Lokasi Pengiriman

Lokasi pengiriman diatur dalam jarak tertentu dan harus diatur sebelum Anda melakukan pemesanan. Pengubahan lokasi tidak diperkenankan apabila kurir sudah mengambil paket. 

4. Pembayaran

Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau menggunakan OVOCASH, kartu debit/kredit, dan beberapa jenis lainnya. Pembayaran harus dilakukan dimuka dan tidak dapat diambil kembali apabila kurir sudah berada dalam perjalanan antar.

Cara Melacak Grab Express yang Mudah dan Cepat

Mengirim paket terutama jika ingin cepat sampai selalu membuat resah pengirim. Apalagi jika Anda memiliki pelanggan yang tidak sabaran. Agar bisa selalu update lokasi kurir dan paket Anda, bisa lakukan hal ini:

  1. Buka aplikasi Grab dan masuk ke layanan Grab Express.
  2. Di bagian kanan atas terdapat logo yang terlihat seperti kertas catatan, klik dan Anda akan masuk ke Menu Riwayat Pengantaran.
  3. Di menu tersebut cara melacak Grab Express paket Anda, terdapat sub menu “Lagi Berjalan” untuk mengecek paket yang sedang dalam proses. Dan “Yang Sudah Lewat” untuk memeriksa paket dengan status pengantaran selesai.
  4. Di menu Lagi Berjalan, bisa cek pesanan Dijadwalkan, Lagi ke Pengirim, Barang Sudah Diambil, dan Lagi ke Penerima. Anda bisa cek semua status pengiriman (Maksimal 10 dengan Instant) setiap saat.

Cara melacak Grab Express lain yang lebih mudah adalah langsung akses melalui menu cepat, yaitu pada Menu Aktivitas di bagian bawah layar ketika Anda membuka Home layanan Grab. Lalu klik Tab Express dan akan terlihat semua riwayat pemesanan Anda. 

Jadi, tidak usah khawatir dengan paket yang dikirimkan karena bisa lakukan pemeriksaan setiap saat dan langsung menginfokannya pada pembeli. Layanan lacak ini juga bisa dicek di website NinjaExpress apabila Anda gunakan pilihan pengantaran dari kurir tersebut.

Keuntungan dan Kelebihan Menggunakan Layanan Grab Express

Bagi pelaku usaha mengetahui cara melacak Grab Express merupakan hal yang harus diketahui sebab akan memengaruhi pelayanan kepada konsumen. Selain mudah dalam hal pelacakan, Grab Express juga sangat menguntungkan, karena:

  1. Memberikan layanan pengantaran cepat sehingga paket akan sampai ke penerima dalam hitungan jam saja.
  2. Bisa pilih layanan kurir dengan roda 2 maupun 4, dapat disesuaikan dengan jenis barang yang Anda kirim.
  3. Dapat menghubungi kurir langsung untuk mengetahui kondisi pengiriman, apabila terjadi hal bersifat urgent.
  4. Pemesanan kurir mudah dan dapat dilakukan dalam waktu singkat.
  5. Layanan dan cara melacak Grab Express dapat dilakukan untuk kebutuhan pribadi maupun pelaku usaha.
  6. Ada paket diskon ongkos kirim sehingga bisa mengurangi biaya yang dikeluarkan.
  7. Status pengiriman selalu update sehingga Anda bisa terus mengetahui lokasi paket di tangan kurir.
  8. Kurir bisa pick up kapan saja, tinggal atur waktu penjemputan dan lokasi saja.
  9. Biaya ongkos kirim bersahabat, mulai dari Rp5.000 per pengiriman.
  10. Terpercaya, karena Grab merupakan perusahaan internasional dengan pelayanan di berbagai negara.
  11. Bisa kirim ke 5 alamat sekaligus dengan Multi Stop Delivery.

Keuntungan Langganan Diskon Ongkir Unlimited Grab Express

Selain mengenai cara melacak Grab Express, kami juga menginformasikan bahwa Anda bisa mendapatkan potongan ongkos kirim dalam jumlah besar jika menggunakan layanan ini. Caranya dengan membeli paket Ongkir Unlimited.

Dengan membeli Ongkir Unlimited, Anda bisa mendapatkan Ongkir Flat setiap pengiriman, baik terjadwal, instant, same day, maupun multi stop delivery. 

Ada 2 jenis paket dapat dipilih yaitu Ongkir Flat Same Day atau Ongkir Flat Instant. Untuk pembelian pertama hanya perlu bayar Rp1 saja dan bisa dipakai selama 2 minggu dengan 99 voucher di dalamnya.

Ongkir Flat Same Day memberikan Ongkir Flat Same Day voucher:

  1. Ongkos kirim Rp6 ribu untuk maksimal tarif Rp24 ribu sebanyak 33 buah.
  2. Ongkos kirim Rp12 ribu untuk maksimal tarif Rp35 ribu sebanyak 33 buah, dan
  3. Ongkos kirim Rp15 ribu untuk maksimal tarif Rp55 ribu sebanyak 33 buah.

Sedangkan Ongkir Flat Instant memberikan voucher pengiriman Instas berikut:

  1. Ongkos kirim Rp11 ribu untuk maksimal tarif Rp16 ribu sebanyak 33 buah.
  2. Ongkos kirim Rp14 ribu untuk maksimal tarif Rp19 ribu sebanyak 33 buah, dan
  3. Ongkos kirim Rp20 ribu untuk maksimal tarif Rp30 ribu sebanyak 33 buah.

Untuk Anda yang saat ini menjalankan usaha kuliner atau lainnya, bisa menggunakan layanan Grab Express agar pengiriman barang ke konsumen lebih cepat dan terjadwal dengan baik.

Namun, bukan hanya pelaku usaha, orang pribadi juga bisa menggunakan layanan ini, terutama jika Anda suka kirim-kirim barang. Cara pesannya gampang dan cara melacak Grab Express juga sangat mudah serta cepat.