Isi Saldo Driver OJOL Murah di Harja Cellular DAFTAR/LOGIN

Cara Mudah Menggunakan Fitur Penilaian Pelanggan Grab Terbaru

Berikut adalah informasi mengenai cara menggunakan fitur penilaian pelanggan grab yang dapat dilakukan driver saat sedang menjalankan aplikasi driver.

Ruangojol.com - Fitur Penilaian Pelanggan merupakan salah satu fitur terbaru yang dihadirkan Grab untuk para mitra drivernya. Jika biasanya pelanggan yang memberikan penilaian atau review untuk para driver, kali ini mitra driver juga bisa memberikan penilaian kepada customer.

Hal ini dibuat untuk memberikan rasa adil, karena terkadang ada juga customer yang berperilaku buruk terhadap driver. Selama ini, driver kerap dirugikan oleh penilaian yang semena-mena oleh customer, padahal bisa saja pelanggan tersebut yang kurang baik.

Oleh sebab itu, Grab sebagai salah satu jasa transportasi online terbesar ingin meningkatkan pelayanan drivernya. Kebutuhan driver pertama yang dipenuhi, sehingga mitra driver Grab dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para customer.

cara memberi rating kepada customer grab

Apa Itu Fitur Penilaian Pelanggan Grab?

Sederhananya fitur penilaian ini sebenarnya mirip dengan fitur penilaian yang bisa dihadirkan untuk customer, hanya saja penilaian pelanggan hanya tersedia untuk driver. Fitur ini muncul setelah driver menyelesaikan layanan, entah itu pengantaran, Grabfood, Grab Express, dan yang lainnya.

Tampilan dalam fitur penilaian ini sama dengan penilaian yang bisa digunakan customer, yakni menggunakan bintang, skala 1 hingga 5. Di bawah bintang tersebut, terdapat juga pilihan penilaian yang bisa disesuaikan dengan pengalaman mengantarkan customer.

Jadi berkat adanya fitur penilaian pelanggan ini driver bisa memberikan ulasan terhadap customer yang sudah dilayaninya. Hal ini juga akan memudahkan pihak tim Grab untuk mengetahui apakah penilaian yang diberikan customer sesuai dengan penilaian mitra driver.

Jika mitradriver merasa diperlukan secara tidak adil, maka fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal tersebut. Grab nantinya yang akan memberikan tindakan pada customer tersebut, misalnya dengan membuat pembatasan layanan, atau hal lainnya. 

Syarat Mengakses Penilaian Pelanggan Grab

Seluruh mitradriver Grab dapat mengakses layanan ini, tanpa syarat khusus, karena tujuannya adalah untuk peningkatan pelayanan. Beberapa syarat untuk mengakses layanan ini adalah sebagai berikut.

1. Driver Harus Update ke Aplikasi Terbaru Grab

Fitur penilaian pelanggan ini hanya tersedia di aplikasi terbaru Grab, oleh sebab itu, agar bisa langsung mengaksesnya, Anda harus update ke aplikasi terbaru terlebih dahulu. Aplikasi Grab ini masih bisa diakses oleh ponsel android tipe lawas.

Begitu aplikasi sudah Anda update, maka fitur tersebut bisa langsung diaktifkan. Bahkan Anda juga bisa memberikan penilaian terhadap orderan yang sudah lama selesai. Cukup akses menu riwayat atau history, lalu berikan penilaian terhadap pelanggan yang sudah dilayani.  

2. Penilaian Baru Bisa Dilakukan Setelah Orderan atau Layanan Diselesaikan

Syarat lain untuk mengakses fitur ini adalah hanya berlaku pada layanan yang sudah diselesaikan. Jika layanan masih sedang diproses, atau misalnya masih dalam pengantaran customer, maka fitur penilaian pelanggan ini belum bisa diaktfikan sepenuhnya.

Jika orederan sudah diselesaikan, Anda bisa langsung memberikan penilaian kepada customer tersebut. Penilaian ini tidak memiliki kaitan dengan penilaian atau review yang diberikan oleh customer untuk driver, karena fungsi utama fitur ini adalah untuk mengetahui perilaku customer. 

3. Sudah Terdaftar Sebagai Mitradriver

Syarat lain untuk bisa mengggunakan fitur terbaru dari Grab ini adalah Anda harus mendaftar jadi mitradriver. Artinya, jika baru membuat akun dan belum menyelesaikan orderan apapun, maka fitur penilaian pelanggan belum dapat diakses.

Jika Anda sudah menjadi mitradriver, fitur penilaian baru bisa dimanfaatkan. Walaupun tampak sederhana, fitur ini memberikan banyak manfaat untuk driver dan juga Grab. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakannya untuk kebaikan driver. 

Cara Menggunakan Fitur Penilaian Untuk Pelanggan Grab

Untuk menggunakan fitur ini, ada dua cara yang bisa digunakan, yakni lewat fitur penilaian yang muncul setelah menyelesaikan orderan, atau juga lewat menu history. Berikut langkah penggunaan fitur tersebut.

1. Penilaian di Akhir Perjalanan

Cara paling mudah mengakses fitur penilaian pelanggan ini adalah setelah menyelesaikan orderan atau layanan untuk customer. Biasanya, setelah orderan selesai, di akhir perjalanan langsung muncul menu penilaian pelanggan tersebut. Proses penilaiannya sebagai berikut:

  1. Berikan bintang untuk customer yang sudah dilayani, mulai dari 1 hingga 5
  2. Di bawah bintang tersebut, berikan penilaian untuk tarifnya, apakah dibayar penuh, atau customer malah tidak mau membayar
  3. Selanjutkan berikan ulasan terhadap lokasi penjemputan, apakah lokasinya tidak sesuai, di tempat terlarang, atau yang lainnya.
  4. Biasanya sudah ada pilihan review, jadi Anda tidak memilih yang sesuai pada fitur penilaian pelanggan. Jika sudah diisi, tinggal pilih Kirim, maka penilaian tersebut langsung masuk. 

2. Penilaian Lewat Riwayat Orderan

Jika misalnya Anda lupa memberikan penilaian setelah melakukan layanan perjalanan, fitur ini masih tetap bisa diakses. Lewat riwayat orderan, driver masih bisa memberikan ulasan untuk customernya. Cara mengakses menu penilaian tersebut sebagai berikut.

  1. Buka Aplikasi Grab untuk Driver, lalu akses menu pendapatan.
  2. Setelah itu, pilih Riwayat Orderan untuk melihat layanan yang sudah berhasil diselesaikan.
  3. Selanjutnya, cari orderan yang ingin Anda berikan penilaian. Kemudian pilih Nilai Orderan Ini, untuk memanfaatkan layanan dari fitur penilaian pelanggan tersebut.
  4. Setelah ulasan diberikan, seperti bintang, komentar, dan yang lain, langkah terakhir tinggal mengirimkan penilaian tersebut. 

Manfaat Fitur Penilaian Customer Grab

Fitur ini jelas sangat bermanfaat, karena para driver kini bisa memberikan ulasan yang jujur untuk customer yang sudah dilayani. Fitur ini tidak hanya bermanfaat untuk driver, tetapi sebenarnya bermanfaat juga untuk customer.

1. Customer Bisa Mendapatkan Diskon Jika Ulasan Bagus

Bagi customer sendiri, ketika driver menggunakan fitur penilaian pelanggan untuk memberikan ulasan positif, maka customer semakin diutamakan oleh Grab. Layanan yang diberikan semakin meningkat, bahkan bonus atau diskon semakin banyak didapatkan.

Jadi customer juga perlu memberikan perlakuan baik terhadap para driver, agar mendapatkan manfaat juga dari pihak Grab. 

2. Mencegah Adanya Orderan Fiktif dari Pelanggan

Fungsi lain dari fitur penilaian pelanggan ini adalah untuk mencegah orderan fiktif yang merugikan driver. Terkadang, ada juga customer yang melakukan orderan, tetapi tiba-tiba hilang, atau tidak mengambil orderan tersebut.

Akibatnya driver sendiri yang harus menanggung biaya orderan, sehingga sangat merugikan. Adanya fitur ini membuat orderan fiktif tersebut bisa langsung dilaporkan, sehingga pihak Grab yang akan mengambil tindakan. 

3. Menjawab Kebutuhan Driver

Manfaat lain hadirnya fitur penilaian pelanggan jelas untuk meningkatkan layanan terhadap mitradriver. Tentu para driver juga ingin agar kebutuhan mereka terpenuhi, sehingga bisa memberikan layanan terbaik untuk customer.

Lewat fitur ini, pihak Grab akan paham apa saja yang menjadi keluhan driver selama ini, sehingga bisa difasilitasi dengan baik. Jika driver sejahtera, maka layanan dari ojek online tersebut pasti semakin meningkat untuk customer. 

Penilaian untuk pelanggan jelas diperlukan, karena terkadang customer memperlakukan driver secara tidak adil. Padahal para driver juga memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi, sehingga mampu memberikan layanan terbaik untuk para customer.

Fitur penilaian ini manfaatnya jelas banyak, baik untuk driver, customer, dan juga pihak Grab sendiri. Pastikan untuk menggunakan fitur penilaian pelanggan untuk kebaikan, agar semua pihak terlayani dengan baik.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain