Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Harga Tiket Kapal Laut Pelni Terbaru 2022, Rute dan Syarat Mudik!

Berikut informasi mengenai Harga Tiket Kapal Laut Pelni serta Syarat Mudik Dan Rutenya. Yuk simak berikut ini harga dan persyaratan lengkapnya!

Ruangojol.com - Menjelang liburan panjang dan menyambut hari raya idul fitri arus mudik diseluruh kota tentunya meningkat. Biasanya dalam masa ini seluruh alat transportasi umum ataupun pribadi akan memenuhi jalanan. 

Untuk melakukan mudik sendiri banyak orang menggunakan transportasi umum berupa kapal laut. Yang mana dengan menggunakan alat transportasi ini para penumpang dapat menyebrangi satu tempat ke tempat lainnya.

untuk dapat menaiki kapal laut dalam masa pandemi ini para penumpang harus memenuhi segala persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Persyaratan tersebut berlaku untuk setiap penumpang dari segala golongan. Baik itu anak kecil, remaja, dewasa dan juga orangtua.

Harga tiket kapal laut pelni

Untuk setiap kapal memiliki persyaratan tambahannya masing-masing, salah satu kapal yang memiliki syarat mudik adalah kapal laut pelni. Di dalam artikel ini sendiri akan dijelaskan mengenai syarat mudik apa saja yang ada di dalam kapa peni tersebut.

Apa Itu Kapal Pelni?

Merupakan kapal yang dimiliki oleh PT. Pelayaran Nasional Indonesia, yang mana perusahaan ini merupakan perusahaan pelayaran milik negara yang didirikan pada tanggal 28 april tahun 1962. 

Kapal pelni sendiri merupakan kapal penumpang yang melayani rute perjalanan domestik yang dapat menyinggahi lebih dari 94 pelabuhan yang ada di setiap daerah yang ada di Indonesia.

Syarat Mudik Bagi Penumpang Di Kapal Pelni

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa setiap orang yang hendak menggunakan alat transportasi kapal laut harus mematuhi segala persyaratan dan ketentuan yang ada. Peraturan yang ada diperketat oleh karena adanya wabah virus covid-19 yang sedang melanda negara Indonesia. 

Untuk peraturan yang harus dipatuhi di dalam kapal pelni itu sendiri akan dituliskan dibawah ini :

  • Memiliki Sertifikat Vaksin 

Untuk setiap penumpang yang akan menaiki kapal laut, maka penumpang tersebut harus memiliki sertifikat vaksin baik itu vaksin pertama, kedua dan ke tiga. Setiap tahapan vaksin yang telah dilakukan memiliki persyaratan lanjutan yang berbeda.

  • Melakukan Tes PCR

Bagi para penumpang yang baru melakukan vaksin pertama diharuskan untuk memiliki hasil PCR negatif selama 3x24 jam sebelum perjalanan. 

Selanjutnya bagi penumpang yang telah melakukan vaksin ke dua atau ke tiga. Penumpang tersebut harus memiliki hasil tes negatif swab antigen dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum perjalanan.

  • Memiliki Aplikasi Peduli Lindungi

Para calon penumpang diharuskan untuk memiliki aplikasi peduli lindungi, kemudian mengisi eHAC yang dapat diisi melalui aplikasi peduli lindungi tersebut.

Rute Perjalanan Mudik Kapal Pelni Beserta Harga

Berikut ini kaan dituliskan beberapa rute perjalanan dari kapal pelni beserta harganya.

Kapal pelni KM Ciremai:

Rute

Harga Tiket

Makassar – abu-abu

Rp. 176.000.

Bau-bau – sorong

Rp. 466.000.

Sorong – manokwari

Rp.168.000.

Manokwari – biak

Rp. 95.000.

Bau-bau – makassar

Rp. 153.000.

Makassar – surabaya

Rp. 282.000.

Surabaya – tanjung priok

Rp. 240.000.

Kapal pelni dabonsolo:

Rute 

Harga Tiket 

Makassar – abu-abu

Rp. 176.000.

Bau-bau – ambon 

Rp. 306.500.

Ambon – sorong 

Rp. 216.000.

Sorong – serui 

Rp. 320.000.

Serui – jayapura 

Rp. 197.000.

Jayapura – serui 

Rp. 208.000.

Kapal pelni egon:

Rute 

Harga Tiket

Ampenan-waingapu 

Rp. 201.000.

Waingapu-surabaya 

Rp. 302.000.

Surabay –batulicin 

Rp.209.000.

Batulicin–pare-pare 

Rp. 191.000.

Pare-pare – bontang 

Rp. 203.000.

Bontang – pare-pare 

Rp. 181.000.

Pare-pare–batulicin 

Rp. 202.000.

Batulicin – surabaya 

Rp. 205.000.

Surabaya–ampenan 

Rp. 157.000.

Ampenan-waingapu 

Rp. 201.000.

Kesimpulan 

Kapal pelni merupakan salah satu kapal yang memiliki rute perjalanan yang banyak dimana kapal ini mencakup kurang lebih 94 pelabuhan yang ada di nusantara. Selain itu ada banyak jenis atau tipe kapal pelni yang dapat dipilih oleh para penumpang. 

Setiap tipe kapal yang dipilih berbeda harga tiketnya sesuai dengan rute perjalanan yang diambil. Sistem keamanan dan persyaratan penumpang yang diterapkan di dalam kapal ini sangatlah ketat dan aman. Demikian pembahasan artikel tentang rute perjalanan mudik kapal pelni, terimakasih.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain