VPS untuk Website Perusahaan Besar: Kelebihan dan Kekurangan

Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan kelebihan VPS yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih jenis hosting.

VPS adalah salah satu jenis hosting yang banyak digunakan terutama di perusahaan-perusahaan besar. Apa alasan penggunaan jenis hosting ini? Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan kelebihan VPS yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih jenis hosting. 

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server yang menyediakan ruang server yang besar sehingga dapat menampung banyak data. Untuk menyimpan aplikasi yang cukup besar seharusnya menggunakan jenis hosting ini. Terlebih dahulu mari kita simak ulasan berikut ini.

VPS untuk Website Perusahaan Besar: Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu VPS 

VPS atau Virtual Private Server adalah layanan hosting yang berfungsi untuk menyimpan file dan data dari website. 

VPS menggunakan server virtual yang membuat penggunanya memiliki kontrol dan kendali pada websitenya. 

Kelebihan VPS 

Ada banyak kelebihan VPS yang dapat diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fitur yang Fleksibel dan Scalable

VPS adalah hosting yang berada di antara Shared Hosting dan Dedicated Server. Hal ini karena VPS masih dijalankan oleh satu CPU yang sama dengan website lain. 

Meskipun begitu, ini tidak terlalu menjadi kendala yang serius karena performanya lebih bergantung kepada RAM dan disk yang disediakan oleh server. 

Selain hampir sama dengan Shared Hosting, VPS juga memiliki kesamaan dengan dedicated server yaitu dapat mengelola websitenya sendiri dan memiliki kendali terhadapnya. 

Dengan begitu, Anda bisa mengontrol mana aplikasi yang diinginkan dan tidak diperlukan. Selanjutnya, dengan menggunakan VPS, kapasitas disk dan RAM-nya bisa Anda upgrade jika sewaktu-waktu website menjadi semakin meningkat dan jumlah pengunjung bertambah. 

Oleh sebab itu, VPS juga bersifat fleksibel dan scalable karena bisa menambah atau bahkan mengurangi kapasitas dari penyimpanannya. 

Dengan adanya kelebihan VPS ini membuat website memiliki performa yang baik karena tidak ada resiko down jika pengunjung website bertambah. 

2. Ekonomis dan Bisa Digunakan untuk Jangka Waktu Lama 

Website yang Anda bangun ini harus diperhatikan jenis hostingnya secara matang. Hal ini agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama selama website masih ada. Salah satu kelebihan VPS adalah dapat menawarkan upgrade dan downgrade kapasitas. 

Jadi, dengan membelinya, Anda dapat mengaturnya sesuka hati tanpa perlu mengganti website ketika ada penurunan dan kenaikan jumlah pengunjung. Ini akan membuat website Anda bertahan dalam jangka waktu yang lama serta memiliki kinerja yang baik. 

Website dengan nama domain yang sudah Anda tentukan juga akan membuatnya lebih dikenal luas oleh banyak orang sehingga ini akan membuat perusahaan berkembang. 

Di lain sisi, harga yang ditawarkan untuk mendapatkan VPS ini lebih murah dan terjangkau dibandingkan membeli dedicated server. 

Ini berarti membuat perusahaan tidak mengeluarkan modal yang besar untuk membangun website dan bisa memperoleh dampak positif sampai kenaikan pendapatan dari website tersebut. 

3. Distribusi Kapasitas Bergantung Pada Provider 

VPS bukan shared hosting yang mendistribusikan kapasitas yang terbatas dan jumlah yang sama untuk user lainnya. Ini yang menjadi kelebihan dari VPS. Distribusinya dapat diatur oleh providernya masing-masing jadi setiap user memiliki kapasitas yang berbeda-beda. 

Dengan demikian, kelebihan VPS juga dapat memberikan ruang penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Ada provider yang menyediakan ruang penyimpanan yang besar dan ada juga yang sedikit sampai sedang. 

Dengan adanya kapasitas penyimpanan ini, membuat user dapat menginstall aplikasi atau software yang berguna untuk websitenya sendiri.

Kekurangan Penggunaan VPS 

Setelah Anda mengetahui kelebihan VPS secara lebih mendalam, tetap saja ada kekurangan yang dimiliki oleh jenis hosting ini. Jika dibandingkan dengan Shared Hosting, kelebihan VPS memang lebih banyak, tetapi ada juga kekurangannya yaitu dari sisi harganya. 

Dibandingkan Shared hosting, VPS lebih mahal. Namun, jika dibandingkan dedicated server, harganya lebih murah. 

Kekurangan selanjutnya dari VPS adalah kapasitasnya tergantung dari penyedia jasa yang Anda pilih untuk membelinya. Jadi, jika penyedia jasa memberikan kapasitas yang sedikit, maka website tersebut memiliki performa yang terbatas. 

Namun, ada juga penyedia layanan hosting yang memberikan berbagai paket VPS dengan kapasitas dan jenis yang berbeda sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan website. 

Alasan perbedaan ini karena VPS masih bergantung pada CPU dari server dan masih membagi dengan website yang lain. Itulah sebabnya setiap provider punya disk dan RAM yang berbeda. 

Jenis VPS 

Selanjutnya, ada jenis-jenis VPS yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut: 

1. OpenVZ

Jenis VPS ini adalah OS yang bekerja di shared kernel dan pada umumnya digunakan untuk website golongan menengah kebawah. 

Jenis ini adalah golongan VPS yang lebih rendah jadi harganya lebih terjangkau.  

2. KVM 

Keunggulan dari KVM (Kernel Based Virtual Machine) adalah dapat berinteraksi dengan hardwarenya secara langsung. Ini akan cocok bagi Anda yang menjalankan visualisasi server penuh. 

3. HVM

HVM (Hardware Virtual Machine) juga membebaskan usernya untuk menggunakan hardware server dengan kendali penuh. Jadi, banyak website yang populer menggunakan jenis VPS ini. Virtualisasinya juga berada di tingkat kernel.

4. Hyper V

Khusus Hyper V adalah jenis virtualisasi yang cocok digunakan bagi pemilik sistem operasi Windows. Namun, harganya jauh lebih mahal dibandingkan lainnya. 

Apakah Perusahaan Membutuhkan VPS 

Bagi Anda yang bingung memilih hosting, VPS merupakan hal yang sangat direkomendasikan untuk perusahaan. Hal ini karena dengan menggunakan VPS, Anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sendiri. Selain itu, VPS mampu menampung jumlah trafik pengunjung yang besar.

Dengan demikian, performa dari server menjadi lebih baik dibandingkan jenis server lainnya terutama share hosting. Shared hosting membagi sumber daya servernya dengan pengguna lain. Alhasil performa website menjadi terbatas dan sering down jika mengalami kenaikan trafik. 

Jadi, untuk menyimpan aplikasi yang cukup besar seharusnya menggunakan VPS sebagai pilihan hosting yang tepat. Apalagi jika itu untuk sebuah perusahaan yang tidak mungkin menyediakan aplikasi yang kecil untuk kebutuhan websitenya. 

VPS akan cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan kapasitas yang besar dan kontrol penuh ke website. Ini juga merupakan pilihan hosting terbaik bagi Anda yang belum siap menggunakan dedicated server. 

Dedicated server adalah hosting yang memberikan pengalaman terbaik karena servernya memiliki kendali penuh dan memang didedikasikan oleh satu pengguna saja. 

Namun, sayangnya dedicated server membutuhkan orang yang ahli dibidang teknis karena semua pengaturan website diatur oleh user. Jadi, ini akan sedikit merepotkan. 

Berbeda halnya jika menggunakan VPS meskipun memiliki kendali penuh, ada beberapa pengaturan yang dibantu oleh penyedia hosting sehingga lebih mudah diterapkan.

Pastikan juga untuk memilih penyedia layanan hosting terbaik agar bisa mendapatkan VPS Indonesia yang berkualitas 

Penutup 

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu VPS dan kelebihan VPS. Kelebihan dari VPS ini cocok untuk perusahaan besar yang menampung banyak data dan aplikasi. Untuk memilih VPS, silahkan untuk menggunakan VPS dari layanan Niagahoster yang sudah terjamin kualitasnya. 

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain