Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Program Startup dari Indonesia untuk Meningkatkan Skala Usaha

Berikut adalah informasi program startup intensif yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. semoga bermanfaat ya.

Ruangojol.com - Di zaman modern dan serba digital seperti sekarang ini, startup di Indonesia kian bertambah dan terus berkembang. Terlebih kini telah tersedia program startup dari Indonesia yang disambut hangat oleh para perintis bisnis.

Program tersebut merupakan sebuah program intensif yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI guna memberdayakan early stage startup, yang akan lebih berfokus pada akselerasi tim dan juga produk, skill bisnis serta validasi strategi marketing.

Di indonesia sendiri, kini ada banyak sekali usaha rintisan yang tengah berkembang cukup pesat, bahkan tidak sedikit yang mulai melebarkan sayapnya ke pasar Asia, khususnya Asia Tenggara. Sangat menakjubkan bukan?

Program Startup dari Indonesia untuk Meningkatkan Skala Usaha

Program Startup dari Indonesia

Semangat berbisnis masyarakat Indonesia memang tidak bisa dimungkiri, hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang terus lahir dan berkembang dengan pesatnya. 

Awalnya, perusahaan-perusahaan tersebut tren di kalangan generasi Z karena lingkup kerja yang cenderung modern serta besarnya potensi keuntungan yang bisa di dapat.

Alasan tersebut juga membuat startup kian meningkat secara signifikan dan kian menjamur untuk membantu mendongkrak perekonomian Indonesia. Akan tetapi, perusahaan startup harus terus berusaha dan berkembang untuk meningkatkan produktivitas hingga bisa menjangkau pasar internasional.

Nah, untuk mewujudkan mimpi banyak perintis usaha, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia kini mengadakan program startup dari Indonesia. Yang mana, pelatihan dan peningkatan kemampuan dikategorikan berdasarkan tingkat startup masing-masing perusahaan.

Program Startup dari Indonesia untuk Meningkatkan Skala Usaha

Program yang diadakan juga berfokus pada pengembakan strategi pemasaran, produk, tim, teknik bisnis, teknologi dan lain sebagainya supaya bisa mencapai product market fit serta siap scale up. Sedikitnya ada dua program startup yang akan diselenggarakan:

1 – On – 1 Coaching

Adalah sebuah program privat per-startup untuk memperoleh sesi supervisi eksekusi dan konsultasi dengan para ahli yang mana lebih berfokus pada strategi pengembangan produk dalam mencapai product-market-fit, strategi marketing, pengembangan skala bisnis hingga pengembangan teknologi bisnis. Program 1-On-1 Coaching ini memiliki durasi selama 11 minggu.

Founder’s Camp

Merupakan sebuah program yang berisi rangkaian brainstorming dan juga mentoring bersama para pelaku industri. Di sana Anda akan diajak untuk berdiskusi mengenai ilmu praktis yang perlu dikuasai founder supaya bisa mengembangkan skala bisnisnya dengan baik.

Dengan durasi 5 hari, Anda akan mendapatkan berbagai materi mencakup Marketing, Fundraising Finance maupun legal, product strategy, product mindset dan juga customer experience.

Jika Anda salah satu pelaku startup dan ingin mengembangkan skill untuk meningkatkan skala usaha, Anda dapat mendaftar program startup melalui link Program - StartupStudio.id.

Waktu Pelaksanaan Program Startup dari Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap startup setidaknya harus mengikuti kegiatan 1-one-1 coaching selama 11 minggu dan 5 hari dalam acara Founder’s Camp. 

Lantas, kapan program ini dimulai?

Program intensif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini dimulai terhitung dari 13 September 2021 hingga 16 Desember 2021 lalu.

Apakah Founder Harus Mengikuti Semua Rangkaian Kegiatan?

Tidak. Dalam hal ini program Startup dari Indonesia hanya mewajibkan setidaknya ada satu founder yang harus mewakili startupnya di dalam setiap rangkaian kegiatan.

Hal ini juga berhubungan dengan banyaknya aktivitas yang mungkin harus dilakukan oleh semua founder, sehingga tidak memungkinkan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara bersamaan. 

Tertarik dengan program yang digelar resmi oleh Kementerian ini? Anda bisa cek informasi pendaftaran terbaru melalui website Startup Indonesia.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)