Ciri-ciri Koil Mobil Lemah, Simak Beberapa Diantaranya

Mobil Brebet dan Mogok Dijalan? Bisa Saja Karena Koil Telah Lemah, Berikut Ini Ciri-cirinya...

Ciri-ciri Koil Mobil Lemah | Ruangojol.com - Menurunnya performa pada mobil bisa saja terjadi karena koil mobil bermasalah. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki mobil wajib mengetahui ciri-ciri koil yang lemah.

Adapun koil sendiri adalah komponen yang terbuat dari lilitan primer dan sekunder. Lilitan sekunder sendiri bertugas untuk menghasilkan listrik bertegangan tinggi.

ciri-ciri-coil-mobil-lemah

Sedangkan lilitan primer ertugas untuk menstabilkan arus listrik ke busi.

Listrik yang distabilkan itu akan diubah oleh busi menjadi percikan api sehingga terjadinya pembakaran di ruang bakar. Dengan begitu tenaga mesin dapat dihasilkan.

Jadi, koil merupakan komponen yang memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil kesayangan Anda. Mengenali ciri-ciri koil yang rusak menjadi hal utama agar komponen pada mobil lainnya tidak rusak.

Karena koil yang rusak atau lemah bisa membuat kiner mesin menurun. Bahkan bisa membuat mobil menjadi brebet dan paling parah adalah mogok.

Jadi jangan biarkan mobil Anda mogok di jalan karena koil lemah. Anda perlu mengetahui ciri-ciri koil mobil yang lemah agar terhindar dari hal tersebut.

Ciri-ciri Koil Mobil Lemah

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa Anda ketahui bila koil mobil lemah. Diantaranya adalah mobil mulai brebet. 

Bila hal itu terjadi, segeralah melakukan pemeriksaan pada sejumlah koil yang terpasang ada mobil Anda.

Berikut adalah ciri-cirinya:

1. Koil Menjadi Panas

Hal yang bisa Anda lakukan pertama adalah memeriksa apakah koil menjadi panas saat mobil baru saja diyalakan. Anda bisa meraba koil terlebih dahulu untuk memastikan tingkat panasnya.

Bila saat dipegang ada salah satu koil mengalami kenaikan suhu, maka dipastikan salah satu koil tersebut mengalami kerusakan.

Penyebabnya bisa saja karena usia koil yang sudah terlalu tua sehingga perlu diganti.

Sebaiknya Anda langsung segera mengganti koil dengan yang baru. Karena bila membiarkannya terlalu panas akan membuat koil yang lain ikut melemah.

2. Terlihat Percikan Api pada Koil

Ciri-ciri koil lemah lainnya adalah muncul percikap api pada koil. Percikan ini biasanya terjadi karena lapisan kawat pada koil sudah mengelupas.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyalakan mobil terlebih dahulu. Bila terlihat ada percikan api pada koil. Makan bisa saja lapisan kawat pada koil telah terkelupas sehinga terjadi kebocoran aliran listrik.

Jika tidak diganti segeran dengan koil yang baru, hal ini bisa membuat kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. 

Jadi bila hal ini terjadi, maka segeralah untuk menggantinya dan jangan biarkan.

3. Mobil Susah di Starter

Bila mobil Anda susah distarter, bisa saja diakibatkan karena koil mobil sudah melemah. 

Hal ini dikarenakan arus listrik yang terlalu kecil sehingga koil tidak bisa mengalurkan listrik ke busi. 

Bila koil pada mobil Anda seperti ini, makan campuran bahan bakar dan udara yang bertekanan tinggi pun tidak bisa menghasilkan tenaga pada mesin. Dengan begitu, mobil akan susah dinyalakan atau distarter.

Bila hal ini terjadi, Anda bisa melakukan pemeriksaan awal apa yang terjadi pada koil Anda.

4. Performa Mesin Jadi Tidak Stabil

Bila mobil Anda tidak bertenaga saat digunakan bisa jadi karena koil pada mobil Anda lemah. Hal ini terjadi biasanya saat mobil Anda digunakan baik dalam kecepatan tinggi atau rendah pasti akan mudah brebet.

Masalah brebet ini terjadi karena pembakaran pada mesin yang kurang sempurna. Meskipun tidak ada masalah pada ruang bakar, namun koil mobil Anda bermasalah, maka percikan api yang dihasilkan tidak stabil. 

Ketika sudah brebet seperti ini, sebaiknya segera datang ke bengkel terdekat. Karena hal ini terjadi karena sejumlah koil pada mobil Anda telah rusak.

5. Mobil Mati Mendadak atau Mogok

Bila mobil Anda sudah brebet dan dibiarkan begitu saja, maka bisa jadi mobil Anda mogok dijalan. Pada saat busi tidak dapat bekerja menciptakan percikan api karena koil yang lemah maka mesin akan langsung mati.

Koil yang seperti menjadi tanda bahwa koil sudah tidak bisa digunakan kembali dan perlu segera diganti.

Pastikan setiap pergantian koil dilakukan dibengkel resmi agar mendapatkan suku cadang yang asli.

Karena kualitas koil akan berpengaruh pada performa mobil Anda.

Itu dia beberapa ciri-ciri koil pada mobil melemah. Pastikan Anda melakukan pergantian dengan suku cadang yang asli agar koil awet dan tidak menyebabkan kerusakan dengan komponen yang lainnya.


© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain