Cara Scan QR Code Dana Di Satu HP dengan Mudah dan Cepat

Penggunaannya bisa dilakukan dengan scan code menggunakan satu HP saja. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk cara scan QR code dana di satu HP ini.

Ruangojol.com - QR code saat ini menjadi pilihan pembayaran yang tepat dalam aplikasi dana. Penggunaannya bisa dilakukan dengan scan code menggunakan satu HP saja. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk cara scan QR code dana di satu HP ini.

Meskipun cara ini cukup populer di kalangan masyarakat, namun banyak juga yang masih merasa kebingungan untuk menggunakannya. 

Terutama bagi pemula yang sebelumnya tidak pernah mencoba sama sekali untuk menggunakan metode ini.

Mengenal QR Code & Cara Scan QR Code Dana Di Satu HP dengan Mudah

Bagi yang sering bertransaksi secara offline tetapi ingin lebih praktis dalam proses pembayaran, kini QR Code Payment dapat digunakan sebagai solusinya. Karena hanya dengan melakukan scan QR code ini, maka proses pembayaran dapat dilakukan dengan mudah.

Sebelum menggunakan QR code pada aplikasi dana, baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu QR code agar paham dalam penggunaannya.

Mengenal QR Code

Sebelum masuk pada pembahasan cara scan QR code dana di satu HP, terlebih dahulu perlu mengetahui pengertiannya. QR code merupakan kode yang berisi barcode 2 dimensi yang bisa memberikan berbagai informasi yang penting secara langsung.

Namun berkat kecanggihan teknologi, kini banyak smartphone yang bisa digunakan untuk melakukan pemindaian melalui kameranya. Ini dinilai jauh lebih praktis jika dibandingkan sebelum adanya QR code.

Biasanya, QR code ini mampu menyimpan hingga ribuan karakter, sudah termasuk tanda baca maupun karakter spesial. Jika diperhatikan, kode ini terdiri dari beberapa bagian titik hitam dan spasi berwarna putih. Keduanya disusun dan membentuk kotak.

Di setiap elemennya memiliki makna masing-masing. Beberapa hal yang bisa dilakukan QR code ialah menampilkan teks pada pengguna hingga melakukan pembayaran. Dengan beragam kemampuan tersebut, tidak heran jika kini menjadi teknologi yang sangat praktis untuk digunakan.

Jenis-Jenis QR Code

Perlu diketahui bahwa cara scan QR code dana di satu HP sangat praktis untuk diaplikasikan. Namun sebelumnya, mungkin banyak yang belum tahu bahwa QR code sebenarnya terbagi menjadi 2, yaitu antara lain:

1. Quick Response Statis

QR code jenis ini merupakan QR code yang tidak bisa dilakukan pengeditan maupun perubahan setelah selesai dibuat. Semua informasi yang ada di dalamnya tidak bisa diganti sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itulah, code ini akan lebih cocok untuk penggunaan secara personal.

QR code ini ukurannya akan menyesuaikan informasi yang diinput di dalamnya. Artinya semakin banyak informasi yang dimasukkan, maka semakin besar pula ukurannya. Berikut beberapa contoh penggunaan code ini yaitu sebagai berikut:

  • Mengakses wifi. Penggunaan code ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses wifi.
  • Transaksi bitcoin. Selain akses wifi, juga bisa digunakan untuk bertransaksi bitcoin. Pengguna tidak harus memasukkan alamat blockchain wallet yang cukup rumit tersebut.
  • vCard. Pengguna tidak perlu repot menuliskan alamat email, nomor telepon, maupun informasi penting lainnya. Cukup merangkumnya dalam vCard, maka akan membuat tampilan kartu nama menjadi lebih menarik.

2. Quick Response Dinamis

Berbeda dengan sebelumnya, QR code ini lebih fleksibel. Karena bisa diedit dan diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh sebab itulah, penggunaannya sangat cocok untuk kebutuhan komersial seperti bisnis online.

Jika pada QR code statis ukurannya menyesuaikan data yang diinput di dalamnya, maka tidak demikian dengan jenis code yang satu ini. Ukuran QR code dinamis bisa tetap kecil, meskipun data yang diinput memiliki jumlah yang banyak.

Hal tersebut disebabkan oleh data yang tidak tersimpan secara langsung di dalam code tersebut. Namun data akan diarahkan ke sebuah URL yang sebelumnya sudah ditetapkan di kode tersebut.

Berikut beberapa contoh dari penggunaan code yang satu ini, antara lain:

  • Pembayaran. Untuk melakukan pembayaran, maka pengguna hanya perlu memindai kodenya dengan aplikasi m-banking maupun dompet digital. Secara otomatis, saldo akan berkurang.
  • Berbagi media sosial. Bagi pengguna yang memiliki media sosial, maka dengan membagikan melalui QR code akan lebih mudah dan praktis jika dibandingkan menuliskan secara manual.
  • Informasi web bisnis. Karena jenis ini sangat cocok untuk kebutuhan komersial, maka bisa digunakan untuk menampilkan landing page bisnis atau halaman web pada bisnis yang dijalankan. Cara tersebut dinilai lebih mudah dan simple karena cukup scan kode tersebut saja untuk mendapatkan informasi lengkap yang dibutuhkan.

Cara Mudah Scan QR Code Dana

Adanya QR code tentu memberikan kemudahan terutama bagi yang ingin melakukan pembayaran karena hanya perlu melakukan proses scan saja. Cara scan QR code dana di satu HP tergolong mudah untuk dilakukan. Berikut langkah yang perlu diikuti:

  • Pastikan sudah menerima QR code terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran.
  • Kemudian silahkan “Screenshot” QR code milik pengguna.
  • Setelah itu, silahkan buka aplikasi Dana di smartphone.
  • Cara scan QR code dana di satu HP berikutnya yaitu silahkan klik pada opsi “Scan”.
  • Apabila layar scan sudah muncul, pengguna bisa tambahkan screenshot QR code tersebut.
  • Secara otomatis proses pembayaran sedang berjalan.
  • Tunggu hingga proses selesai dilakukan.

Keunggulan Membayar Menggunakan QR Code

Cara scan QR code dana di satu HP terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Tidak heran jika semakin banyak orang memanfaatkan metode ini untuk melakukan pembayaran. Penggunaan QR code sendiri sebenarnya memiliki berbagai keunggulan, antara lain:

1. Praktis

Di era digital seperti sekarang ini, tentu penggunaan smartphone sangat dibutuhkan untuk berbagai hal. Salah satunya yaitu melakukan pembayaran secara online. Aktivitas tersebut akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan QR code.

Hal tersebut karena pengguna hanya perlu memindai kode yang tersedia di tiap merchant. Untuk bisa memiliki QR code, maka pengguna harus memiliki akun dompet digital maupun aplikasi digital banking.

2. Mudah & Menghemat Waktu

Seperti pada cara scan QR code dana di satu HP, tentu sangat mudah untuk dilakukan. QR code hadir untuk memberikan kemudahan kepada setiap pengguna. Pengguna tidak harus mencari mesin ATM untuk menarik uang maupun menghitung nominal yang harus dibayarkan.

Tidak hanya mudah, namun pengguna juga akan lebih menghemat waktu. Proses pembayaran akan lebih cepat, karena tidak harus menunggu hingga mendapat uang kembalian jika menggunakan uang dengan nominal yang besar. Proses tersebut, tentu memakan waktu yang cukup banyak.

3. Banyak Tersedia Penawaran Promo Menarik

Meskipun baru, namun sistem pembayaran ini terbilang cukup menarik. Salah satu strategi yang diberikan ialah menawarkan diskon dan cashback bagi setiap pengguna. Promo tersebut ditawarkan secara masif, agar semakin banyak yang merasakan manfaat dari penggunaan QR code.

4. Sistem Keamanan Terjamin

Meskipun terbilang cukup mudah dalam penggunaannya, namun pembayaran dengan QR code memiliki sistem keamanan yang terjamin. Sebenarnya cara kerja yang digunakan QR code hampir sama dengan aktivitas transfer menggunakan rekening.

Pengguna tetap akan diminta untuk menekan pin setiap kali melakukan transaksi. Bahkan, pada beberapa aplikasi m-banking juga menggunakan fitur finger print agar tidak bisa diakses oleh orang lain.

Itulah ulasan mengenai QR code dan cara scan QR code dana di satu HP. Sebagai salah satu metode pembayaran secara online, QR code memberikan banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kepraktisan, namun juga berbagai promo menarik bisa didapatkan setiap pengguna.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain