Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

1 Poin Alfamart Sama dengan Berapa Rupiah? Perhitungan dan Cara Cek!

sudah tahukah konversi 1 poin Alfamart berapa rupiah? Atau bisa ditukarkan apa saja? Beginilah penjelasan lengkapnya patut disimak!

Ruangojol.com - Siapa yang tidak senang ketika bisa mendapat keuntungan tambahan setelah belanja kebutuhan sehari-hari di Alfamart berupa poin tanpa minimal belanja. Akan tetapi, sudah tahukah konversi 1 poin Alfamart berapa rupiah? Atau bisa ditukarkan apa saja? Mungkin tidak semua orang memahaminya.

Pelanggan yang sering berbelanja di Alfamart mungkin sudah tidak asing dengan keberadaan poin belanja tetapi tidak semua memanfaatkan peluang ini. Mungkin karena belum tahu manfaatnya sehingga tidak heran bila sebagian orang merasa bahwa poin tersebut tidak terlalu diperlukan ketika berbelanja. 

Padahal kenyataannya poin Alfamart bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan potongan pembayaran ketika pelanggan sedang melakukan transaksi pembelian barang tanpa batas minimal. Hal ini karena setiap poin Alfamart yang terkumpul kelak bisa dikonversikan menjadi rupiah, untuk lebih lengkapnya silakan simak penjelasan berikut:

1 Poin Alfamart Sama dengan Berapa Rupiah? Perhitungan dan Cara Cek!

Tentang Poin dan Member Alfamart

Keberadaan poin Alfamart atau lebih tepatnya disebut A-Poin merupakan bentuk reward untuk pelanggan setiap kali melakukan pembelian barang di Alfamart. Poin ini berlaku untuk segala macam produk rumah tangga yang dijual di gerai Alfamart bahkan tanpa ada batas kelipatan belanja.

Untuk bisa mengumpulkan poin dari hasil berbelanja, pelanggan hanya perlu mendaftarkan diri sebagai member dan tanpa dikenakan biaya apa pun. Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pendaftaran program keanggotaan Alfamart, yakni dengan langkah yang sederhana sebagai berikut:

  • Melalui aplikasi Alfagift yang ada di Google Play Store, pelanggan bisa mendapat kartu digital.
  • Mendaftar langsung di gerai terdekat untuk mendapatkan kartu member dalam bentuk fisik.

Setelah memiliki kartu dan terdaftar menjadi member, pastikan untuk menggunakannya ketika berbelanja di Alfamart supaya poin bisa terkumpul sampai banyak. Bisa dengan menunjukkan kartu digital di aplikasi Alfagift atau kartu fisik ke petugas kasir untuk memproses poin dari transaksi.

Tidak hanya mendapat poin, sebenarnya ada banyak manfaat lain yang dapat dirasakan oleh pelanggan bila mendaftar sebagai member, antara lain: 

  • Diskon produk: diskon yang berlaku untuk produk tertentu.
  • Promo: penawaran khusus sesuai kebutuhan dan minat pelanggan.
  • Diskon Merchant: diskon yang berlaku di merchant yang bekerja sama dengan Alfamart.
  • Kejutan Ulang Tahun: menyediakan kejutan untuk pelanggan yang merayakan ulang tahun.

Selain dari manfaat berupa diskon dan promo penawaran menarik, pelanggan juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menikmati program yang menguntungkan. Adapun kegiatan tersebut berupa program undian pada periode tertentu dengan menawarkan berbagai hadiah menarik, apalagi untuk pelanggan yang sering berbelanja.

Penjelasan Konversi Poin Alfamart Jadi Berapa Rupiah

Hal yang menjadi pertanyaan kebanyakan orang adalah 1 poin Alfamart berapa rupiah? Lalu bagaimana memanfaatkan poin yang telah diperoleh? Jawabannya adalah setiap 1 A-Poin kelak bisa dikonversikan kembali menjadi satu rupiah dan bisa digunakan dalam tiap transaksi belanja.

Bila selama ini seseorang rutin belanja dan telah mengumpulkan poin hingga 50.000 maka nilainya setara dengan 50 ribu dalam rupiah. Lalu, poin yang terkumpul ini kelak bisa ditukarkan sebagai potongan harga ketika pelanggan melakukan transaksi pembayaran di gerai Alfamart.

Sebagai perumpamaan, saat seorang pelanggan melakukan pembelanjaan barang senilai Rp100 ribu dan diketahui bahwa poin yang telah mengumpulkan sebanyak 50.000. Kemudian ketika ingin menukarkan seluruh poin yang dimilikinya maka nantinya pelanggan hanya perlu membayar sisa untuk belanjaannya sebesar Rp50 ribu.

Tentunya jumlah poin yang ditukarkan tidak selalu harus langsung dihabiskan, bisa dipotong sedikit demi sedikit sesuai dengan persetujuan yang bersangkutan. Semisal, berbelanja Rp100.500 maka cukup membayar Rp100 ribu dan memotong 500 A-poin untuk memudahkan pembayaran bila tidak ada uang koin.

Selebihnya, dengan semakin sering berbelanja di Alfamart maka semakin banyak pula A-Poin yang terkumpul dan berpeluang untuk meningkatkan status member. Misalnya, ketika dalam 3 bulan terakhir berhasil mengumpulkan 3.000 poin maka status member yang semula bronze akan naik menjadi silver.

Perhitungan Poin Alfamart

Setelah mengetahui 1 poin Alfamart berapa rupiah? Kini mungkin juga penasaran untuk lebih tahu tentang cara menghitung poin Alfamart. Sebagai contoh saat seseorang membelanjakan uang senilai Rp200 ribu rupiah dalam sekali transaksi, maka perhitungan poin yang diperoleh adalah:

  • Diketahui bahwa 200 rupiah setara dengan 1 poin.
  • Total transaksi : 200 rupiah = Rp200.000 : Rp200 
  • Hasilnya adalah 1.000 poin.

Jadi, untuk transaksi senilai Rp200 ribu maka pelanggan akan memperoleh sebanyak 1.000 poin yang akan langsung ditambahkan ke poin member. Tentunya dengan tidak lupa menyampaikan nomor member atau menyerahkan kartu member yang dimiliki ke kasir ketika proses pembayaran sedang berlangsung.

Apabila belum memiliki kartu member, maka segera buat dan dapatkan manfaatnya yang cukup menggiurkan. Tentu hal ini tidak ingin terlewatkan, bukan?

Dengan begitu, apabila pelanggan tidak pernah menukarkan A-Poin ketika berbelanja di Alfamart, nilainya mungkin bisa terkumpul menjadi semakin banyak dan menguntungkan. Akan tetapi, keberadaan poin ini juga memiliki batas waktu dan untuk mengetahuinya pelanggan bisa mempelajari dari cara pengecekan poin Alfamart.

Pengecekan Poin Alfamart

Ketika sedang melakukan transaksi di kasir dengan menggunakan kartu member, biasanya petugas kasir akan menyebutkan nama dan poin yang tersedia. Akan tetapi, adakah cara lain untuk mengecek poin tanpa perlu ke Alfamart? Jawabannya adalah ya, tentu ada cara lainnya, yaitu:

  • Menyiapkan Aplikasi. Pelanggan bisa memanfaatkan smartphone yang dimiliki untuk mengunduh secara gratis aplikasi Alfagift dari Google Play Store, tunggu proses instalasi hingga selesai. Barulah menuju ke langkah berikutnya untuk melakukan registrasi.
  • Melakukan Registrasi. Pelanggan masih perlu melakukan registrasi untuk bisa mengaktifkan akun Alfagift dengan mengisi 16-digit nomor yang tertera di bagian depan kartu. 
  • Melakukan Verifikasi OTP. Selanjutnya tinggal tunggu kiriman kode OTP melalui SMS/WhatsApp ke nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar member di gerai Alfamart.  
  • Mengisi Data Diri. Selanjutnya pelanggan akan diminta mengisi formulir data diri yang meliputi: nama lengkap, email, tanggal lahir, status pernikahan, dan jenis kelamin.
  • Mengakses Aplikasi. Selesai melakukan verifikasi, pelanggan akan diarahkan ke halaman beranda aplikasi Alfagift yang menampilkan informasi A-Poin di sisi kiri atas.
  • Melihat Detail Poin. Silakan tekan tulisan A-Poin untuk bisa melihat detail masa berlaku poin dan jumlah perolehan poin dari riwayat transaksi sebulan terakhir.

Setelah mengetahui cara mengecek jumlah poin, pastikan memperhatikan masa berlaku di menu A-Poin Kadaluarsa bila tidak ingin hangus secara sia-sia. Pada menu tersebut sudah tertera tanggal dan jumlah poin yang akan kadaluarsa, jadi segera tukarkan poin untuk transaksi sebelum hangus. 

Itulah jawaban untuk pertanyaan 1 poin Alfamart berapa rupiah? Beserta penjelasan, cara mudah menghitung dan mengecek A-Poin yang diperoleh member. Diharapkan kelak semakin banyak yang mengetahui fasilitas membership ini agar semakin banyak pula pelanggan Alfamart yang dapat merasakan manfaatnya.

Kini siapa saja tidak hanya bisa berbelanja tetapi juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan termasuk poin dari tiap transaksi di Alfamart. Tanpa perlu menunda, segera bergabung dalam membership Alfamart yang tersedia secara gratis untuk siapa saja dan rasakan manfaatnya.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain