Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Apakah Kurir Shopee Express Libur di Hari Minggu? Berikut Penjelasannya

Apakah kurir Shopee Express hari Minggu libur? Berikut penjelasan yang perlu diketahui oleh para pelanggan setianya.
Ruangojol.com - Semenjak 2018, Shopee membangun layanan ekspedisinya sendiri, yakni Shopee Express. Penjual terpilih Shopee dapat menambahkannya sebagai layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen. Timbul pertanyaan, apakah kurir Shopee Express hari Minggu libur? Sebab Shopee Express termasuk baru dan penggunanya masih terbatas.

Shopee sendiri merupakan salah satu marketplace besar di Indonesia yang sudah memiliki 100 juta pengunduh. Dengan Shopee, pembeli bisa berbelanja berbagai jenis barang di mana pun dan kapan pun. Pembayaran barang bisa dilakukan dengan transfer bank, ShopeePay, SPayLater, dan COD.

Untuk pengiriman barang dari seller-nya, Shopee menyediakan berbagai macam pilihan jasa ekspedisi. Pembeli bisa selalu melacak status pesanan dan sudah sampai di mana barang miliknya. Terdapat 11 pilihan jasa kirim barang, termasuk Shopee Express. Lantas, seperti apakah Shopee Express itu?

Apakah Kurir Shopee Express Libur di Hari Minggu? Berikut Penjelasannya

Jenis-jenis Layanan dari Shopee Express

Shopee Express menyediakan beberapa jenis layanan dengan durasi yang berbeda, yaitu Shopee Express Standard, Hemat, Sameday, dan Instant. Keempatnya memiliki perbedaan harga pengiriman, berat dan dimensi barang, jangkauan lokasi, penjual yang dapat menggunakan serta kurir yang mengantarkannya. Apa sajakah layanannya?

1. Layanan Standard

Jika memilih layanan Standard, seller bisa mengirimkan barang dalam 1-3 hari (khusus wilayah Jawa). Berat maksimal barang 50 kg untuk luar Jawa dan 200 kg untuk pengiriman di Jawa. Hanya toko terpilih dan pengikut layanan Dikelola Shopee yang bisa menggunakannya.

Kurir yang menjemput dan mengirim bisa dari pihak Shopee Express ataupun layanan ekspedisi lain seperti Wahana dan Sicepat. Layanan ini memiliki menjangkau 29 provinsi di Indonesia, dan menyediakan metode COD untuk pembayarannya pada kota-kota tertentu.

Bagaimana dengan ongkos kirimnya? Ongkos kirim berkisar Rp 9000 per kg untuk 3 kg pertama, dan Rp 35.000 untuk bobot 4-6 kg. Nantinya akan dikenakan Rp 7000 untuk penambahan berat selanjutnya.

2. Layanan Hemat

Waktu pengiriman layanan Hemat sekitar 2-14 hari, dengan berat maksimal 50 kg untuk pengiriman keluar atau di dalam pulau Jawa. Sesuai namanya, layanan ini memiliki biaya yang termurah. Kurirnya berasal dari Shopee Express dan hanya dapat digunakan oleh toko terpilih.

3. Layanan Sameday

Layanan Sameday merupakan layanan Shopee yang bisa mengirimkan barang di hari yang sama. Berat maksimal barang kiriman sekitar 7 kg, kurir yang diberdayakan adalah kurir Shopee Express. Area jangkauannya hanya di 10 daerah di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Pick up barang dilakukan oleh kurir Shopee. Penjual yang dapat memanfaatkannya adalah pengikut layanan Dikelola Shopee dan toko-toko yang terpilih. Tarif ongkos kirimnya senilai Rp 19.000 untuk 3 kg yang pertama dan terdapat penambahan Rp 6.000 untuk setiap kg berikutnya.

4. Layanan Instant

Membutuhkan layanan dengan waktu pengiriman yang sangat cepat? Pilihlah layanan Instant. Layanan ini dapat dinikmati di banyak wilayah Indonesia, dan barang terkirim maksimal 3 jam setelah pick up. Maksimal berat barang yang dikirim adalah 20 kg dengan dimensi 50x50x50 cm.

Sama seperti layanan lainnya, layanan instant dapat dinikmati oleh toko yang terpilih serta dapat di-pick up oleh kurir Shopee. Biaya yang dikenakan adalah Rp 18.000 untuk 7 km pertama dan Rp 2.500 untuk km selanjutnya.

Jadwal Operasional dari Shopee Express

Shopee Seller pengguna Shopee Express tidak perlu bertanya-tanya lagi apakah kurir Shopee Express hari Minggu libur? Sebab layanan ini tetap akan beroperasi sebagaimana biasanya. Namun memang terdapat jam operasional dan jadwal untuk pick up barang oleh kurir di Shopee Express.

Terdapat perbedaan waktu request pick up dan pick up pesanan oleh kurir dari masing-masing jenis layanan. Berikut rincian jam operasional dari setiap jenis layanannya:

1. Jam Operasional dan Pick Up Layanan Shopee Express Standard dan Hemat

Tentu pertanyaan terkait apakah kurir Shopee Express hari Minggu libur? sering ditanyakan oleh pelanggan setia. Pada hal ini, layanan Standard dijelaskan sebagai layanan Shopee yang melakukan pengiriman reguler, sedangkan layanan Hemat merupakan layanan pengiriman yang ongkos pengirimannya lebih murah.

Kedua layanan ini memiliki wilayah jangkauan yang cukup luas di Indonesia. Berikut ini adalah jam request dan pick up kurirnya:

  • Jika permintaan pick up pukul 00.00-12.59 WIB, kurir akan menjemput pukul 13.00-16.59 WIB dan 17.00-23.00 WIB di hari yang sama.
  • Apabila permintaan pick up pukul 13.00-16.59 WIB, waktu penjemputan barang adalah 17.00-23.00 WIB di hari yang sama. Jika tidak diambil hari itu, barang akan dijemput pukul 13.00-16.59 WIB keesokan harinya.
  • Permintaan pick up barang yang masuk pukul 17.00-23.59 WIB, akan dijemput di dua waktu. Bisa jam 13.00-16.59 WIB atau 17.00-23.00 WIB keesokan harinya.

2. Jam Operasional dan Pick Up Layanan Shopee Express Instant

Shopee Express Instant merupakan layanan dari Shopee yang memiliki waktu pengiriman yang tercepat. Untuk layanan ini, seller bisa mengantarkan barangnya sendiri ke counter Shopee Express ataupun menggunakan metode pick up kurir. Berikut rincian jam operasional dari layanan Shopee Express Instant:

  • Batas waktu permintaan pick up Shopee Express Instant adalah 00.00-20.00 WIB atau 00.00-21.00 WITA. Untuk batas waktu ini, pick up barang akan dilakukan pada hari itu juga, yaitu pukul 08.00-20.00 WIB atau 09.00-21.00 WITA.
  • Jika permintaan diajukan pada jam 20.01-00.00 WIB atau 21.01-00.00 WITA, pengiriman akan dilakukan keesokan harinya. Jam pengirimannya adalah pukul 08.00-20.00 WIB atau 09.00-21.00 WITA.

Cara Melacak Paket yang Sudah Dikirimkan

Ketika pesanan sudah dikirimkan ke customer melalui Shopee Express ataupun jasa lainnya, customer bisa melacaknya secara berkala. Hal ini tetap dapat dilakukan sekalipun hari tersebut adalah hari Minggu. Pelacakan lokasi terakhir pesanan ini bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi Shopee.

1. Memanfaatkan Layanan Website Shopee Express

Apabila pengguna ingin melacak pesanan namun tidak memungkinkan untuk mengakses aplikasi Shopee, manfaatkanlah versi web-nya. Selain melacak pesanan, pada website ini terdapat opsi ‘Temukan Service Point’ dan ‘Hubungi Kami’ untuk mempermudah pelayanannya. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakannya:

  • Jika menggunakan website, cukup buka website https://spx.co.id/.
  • Masukkanlah nomor resi pesanan yang sebelumnya di dapatkan dari seller saat pemesanan, setelah itu klik saja opsi ‘Lacak/Track’.
  • Setelah ini, website akan menampilkan di mana lokasi terakhir pesanan customer.

2. Menggunakan Layanan Aplikasi Shopee

Sebenarnya Shopee sudah menyediakan layanan untuk mengecek proses pengiriman dan pelacakan lokasi pesanan di aplikasinya sendiri. Sehingga dari proses pembelian, pembayaran, dan pemilihan semua bisa dilakukan dalam satu aplikasi. Lantas bagaimana cara penggunaannya? Berikut rincian langkah-langkahnya:

  • Bukalah aplikasi Shopee, kemudian bukalah tab ‘Saya’ yang terletak di bagian bawah tampilan aplikasi.
  • Jika sudah, carilah tab ‘Dikirim’. Kemudian pilihlah pesanan pengguna untuk melihat ‘Rincian Pesanan’.
  • Nantinya nomor resi akan ditampilkan pada layar secara otomatis. Hal itu bisa dilihat apabila penjual sudah melakukan pengiriman dan memasukkan nomor resi dari produk yang sudah dikirim.
  • Persiapan pengiriman pesanan, pengambilan pesanan oleh kurir, hingga proses pengiriman bisa dipantau di ‘Rincian Pesanan’ ini.

Pertanyaan apa sajakah layanan Shopee Express, cara melacak pesanan, hingga pertanyaan apakah kurir Shopee Express hari Minggu libur? Sudah terjawab. Agar pesanan cepat sampai, tulislah alamat yang jelas kurir tidak kesulitan mencari alamat tujuannya dan pastikan nomor teleponnya dapat dihubungi.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain