Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Arti Status Pengiriman Swift Kurir Terbaru, Jenis dan Penjelasan Lengkap!

Sebagian pelanggan mungkin masih belum memahami arti status pengiriman Swift kurir karena tergolong ekspedisi yang masih baru. Begini penjelasannya.

Ruangojol.com - Mengirim barang dengan bantuan dari berbagai pilihan jasa ekspedisi sudah menjadi hal yang biasa dilakukan selama beberapa tahun belakangan. Namun, sebagian pelanggan mungkin masih belum memahami arti status pengiriman Swift kurir karena tergolong ekspedisi yang masih baru dikenal masyarakat.

Kendati masih baru, Swift bekerja sama dengan marketplace bukan hanya dalam pengiriman tetapi juga dalam manajemen pesanan dan penyediaan barang. Artinya, Swift yang bertanggung jawab atas ketersediaan stok barang, quality control, proses pengemasan, sampai dengan pengiriman barang kepada pelanggan.

Setiap proses tersebut akan diinformasikan kepada pelanggan melalui beragam status pengiriman dengan istilah tertentu yang mungkin membuat bingung sebagian orang. Bila ingin mengenal lebih jauh tentang macam arti status pengiriman dari Swift kurir, bisa menyimak uraian singkat di bawah ini:

Arti Status Pengiriman Swift Kurir Terbaru, Jenis dan Penjelasan Lengkap!

Macam Arti Status Pengiriman 

Sistem tracking yang sudah diterapkan hampir pada semua ekspedisi dalam proses pengiriman barang merupakan inovasi yang memudahkan pelacakan paket. Begitu pula dengan yang dilakukan oleh Swift dalam upaya memberikan informasi kepada pelanggan, adapun macam status pengiriman Swift di antaranya:

1. Pesanan Sedang Diproses

Saat pembayaran pesanan telah dikonfirmasi oleh sistem di e-commerce, selanjutnya request order akan masuk ke seller untuk diproses pengemasan. Status ini menandakan bahwa seller telah menerima permintaan pembelian, lalu dilanjutkan ke tahap mempersiapkan barang dan mengemas paket disertai resi.

Dalam hal ini, tim Swift Logistics yang mengambil alih peran untuk memproses pesanan, mulai dari persiapan barang hingga ke tahap pengemasan. Dengan cara ini, proses pengemasan paket tidak membutuhkan waktu lama karena semuanya proses akan dilakukan di gudang Swift.

2. Menunggu Pick Up

Setelah proses pengemasan selesai dilakukan, status pesanan akan berubah menjadi request pick up, yaitu permintaan penjemputan paket oleh kurir ekspedisi. Selama masa ini paket menunggu giliran untuk diambil oleh tim kurir sesuai jadwal, sebelum nantinya dilanjutkan proses pengiriman ke pelanggan.

3. Pesanan dalam Proses Pengiriman

Selama proses ini artinya paket telah beralih dari gudang logistik dan dibawa oleh kurir Swift untuk  pengiriman bersama paket lain. Dalam situasi normal, proses pengiriman ini bisa memakan waktu 1-3 hari tergantung antara jarak dari tempat pengiriman menuju lokasi tujuan.

4. Pesanan Sedang Transit

Ada pula arti status pengiriman Swift kurir berupa pesanan sedang transit di suatu daerah yang bukan menjadi lokasi tujuan. Artinya paket masih berada dalam perjalanan dan kebetulan harus mampir sejenak di suatu daerah untuk kelak kembali melanjutkan perjalanan.

5. Pesanan Tiba di Tujuan

Ketika beberapa hari berlalu, ada saatnya paket akan dikirimkan menuju alamat penerima dan seketika berganti status pesanan tiba di tujuan. Biasanya pelanggan bisa mendapatkan notifikasi ketika paket sudah tiba dan bisa langsung memastikan bahwa paket telah diterima dengan kondisi baik.

Macam Arti Status Setelah Proses Pengiriman  

Setelah melalui proses pengiriman, akan ada informasi yang menunjukkan status penyelesaian pesanan, apakah paket berhasil, gagal, atau justru batal terkirim. Untuk mengetahui selengkapnya tentang status setelah pengiriman, simak penjelasan berikut ini:

1. Transaksi Dikonfirmasi Pembeli

Tahap selanjutnya, penerima menekan tombol konfirmasi di aplikasi marketplace yang digunakan untuk memesan sebagai klaim bahwa paket telah diterima. Sebelum pelanggan menekan tombol ini perlu dipastikan bahwa paket telah diterima tanpa ada pengajuan komplain untuk pengembalian barang maksimal 2x24jam.

Beberapa marketplace menyediakan waktu bagi pembeli sebagai masa untuk bisa mengajukan garansi pengembalian bila terjadi hal yang tidak diinginkan pada pesanan. Dalam hal ini, pelanggan bisa melakukan mediasi dengan seller bila terjadi permasalahan yang berkaitan dengan kesesuaian barang dan solusi terbaik.

2. Transaksi Selesai

Status transaksi selesai menjadi konfirmasi bahwa transaksi berjalan lancar dan dana yang sudah dibayarkan pembeli akan segera dicairkan ke seller. Adapun proses pencairan dana ini bisa membutuhkan waktu paling lambat dalam 1x24 jam setelah status transaksi dianggap selesai tanpa kendala.

3. Paket Pesanan Gagal Dikirim

Status pengiriman gagal bisa terjadi apabila kurir mendatangi lokasi tujuan tetapi tidak berhasil menemui penerima sehingga paket kembali dibawa kurir. Selain itu, bisa terjadi karena kurir tidak bisa menemukan alamat yang dimaksud, ditambah dengan nomor kontak penerima tidak dapat dihubungi. 

4. Pesanan Dibatalkan

Ketika penerima tidak merasa memesan atau menolak pesanan maka status pesanan bisa berubah menjadi dibatalkan sesuai dengan kesepakatan kurir dan penerima. Hal ini akan membuat paket pesanan dikembalikan ke gudang logistik Swift dan pelanggan mendapat pengembalian dana sesuai syarat dan ketentuan.

Ada kalanya untuk pembatalan secara sepihak, pelanggan harus siap bila dikenakan biaya sebagai ganti ongkos mengirim kembali ke lokasi awal. Jadi, sebelum melakukan pembatalan perlu menunjukkan bukti misal ada kesalahan pengiriman jenis barang atau terdapat kerusakan parah akibat proses pengiriman.

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Paket Terkendala

Setelah mengetahui berbagai macam arti status pengiriman Swift kurir, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika seseorang mendapat kendala. Sebaiknya jangan keburu panik ketika status tiba di tujuan tetapi nyatanya paket belum sampai atau ketika paket mendadak gagal dikirim. 

  • Paket Gagal Dikirim. Hal ini bisa terjadi karena penerima tidak ada di lokasi atau terjadi kesalahan pengiriman, biasanya kurir akan menghubungi kontak yang tertera. Kemungkinan pengiriman bisa dilakukan pada jam atau hari lain sesuai kesepakatan yang diperoleh dari hasil komunikasi kurir dan pelanggan.
  • Pesanan Tidak Diterima. Ketika merasa tidak menerima padahal status pesanan tiba di tujuan, pelanggan sebaiknya segera menghubungi pihak Swift untuk meminta pengecekan ulang. Hal ini bisa saja terjadi karena ada faktor human error yang membuat paket terkirim atau tertukar ke alamat lain. 
  • Barang Kurang atau Tidak Sesuai. Kejadian yang tentu tidak diharapkan seseorang adalah ketika sudah menunggu lama, tetapi setelah datang ternyata tidak lengkap atau justru salah. Bila kebetulan mengalaminya, silakan mengajukan pengembalian penuh atau refund untuk barang yang kurang, dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pengajuan Klaim Paket Tidak Sampai

Ada kondisi di luar kendali yang memungkinkan suatu paket bisa tidak sampai ke penerima, misalnya hilang atau salah pengiriman. Untuk kejadian semacam ini, pelanggan bisa mengajukan klaim supaya mendapat ganti rugi bila paket benar-benar sudah tidak dapat dilacak keberadaannya.

  • Hubungi call center Swift di (021) 8501053.
  • Kontak via email di sales@swiftsolutions.id

Kelak tim customer service akan membantu pelanggan untuk melacak keberadaan paket dan mengkonfirmasi ke kurir yang bertugas mengantar ke lokasi. Dengan demikian pelanggan bisa sedikit lega karena bisa terbantu untuk melacak dan mendapat kompensasi bila memang terdapat kelalaian dalam pengiriman.

Demikian penjelasan tentang detail arti status pengiriman Swift kurir yang cukup beragam dan diharapkan bisa menambah pemahaman pengguna jasa Swift. Kedepannya semakin banyak orang yang tidak mempertanyakan ataupun salah paham terkait maksud dari status pengiriman Swift yang tercantum di aplikasi.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain