Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Cara Cek Resi Kurir Rekomendasi Tokopedia Terbaru, Panduan Lengkap!

Bagaimana cara cek resi kurir rekomendasi Tokopedia tentu adalah hal yang perlu diketahui oleh konsumen yang mencoba kurir rekomendasi. Simak di sini

Ruangojol.com - Loka Pasar Tokopedia telah resmi merilis fitur yang berupa layanan jasa pengiriman atau kurir rekomendasi khusus untuk para pelanggannya. Bagaimana cara cek resi kurir rekomendasi Tokopedia tentu adalah hal yang perlu diketahui oleh  konsumen yang mencoba kurir rekomendasi.

Fitur pengiriman memberikan pengalaman yang lebih menguntungkan karena disebut memberikan harga dan kecepatan kurir yang terbaik. Tidak hanya itu, dalam proses pengiriman produk dan keamanan barangnya pun akan selalu dipantau oleh Tokopedia langsung.

Cara Cek Resi Kurir Rekomendasi Tokopedia Terbaru, Panduan Lengkap!

Mengenal Fitur Kurir Rekomendasi Tokopedia

Meski merupakan layanan yang menawarkan keuntungan menarik, ternyata belum banyak yang pahami apa yang dimaksud kurir rekomendasi tersebut. Hal ini mungkin karena pihak Tokopedia kurang mengenalkannya kepada para pelanggan sehingga sampai sekarang ada yang belum mengetahuinya.

Kurir Rekomendasi Tokopedia adalah jenis layanan untuk pengiriman barang yang bertujuan untuk menjadikan kualitas pengiriman yang terbaik. Dalam program bernama kurir rekomendasi ini, Tokopedia memiliki kemitraan dengan perusahaan ekspedisi Anteraja, JNE, SiCepat, ID Express, dan Lion Parcel.

Nantinya ketika pelanggan ada yang melakukan transaksi pembelian lalu memilih kurir Rekomendasi ini sebagai pengirimnya. Maka layanan Kurir Rekomendasi akan memberikan serta memilihkan pengiriman yang terbaik mengacu pada data performa pengiriman di Tokopedia.

Konsumen bisa mengaktifkan layanan kurir rekomendasi melalui jenis akun pedagang dengan melakukan beberapa pengaturan. Ketika pengguna sudah mengaktifkannya maka, semua kelebihan dari fitur ini dapat dinikmati, untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut.

  • Buka laman Tokopedia Seller seperti biasa.
  • Kemudian akses menu Pengaturan Toko dan selanjutnya masuk ke opsi Pengiriman.
  • Pilih dan centang layanan pada opsi Kurir Rekomendasi lalu tekan Simpan.

Resi Kurir Rekomendasi Tokopedia

Menjadi layanan menarik dari Tokopedia yang menggandeng sejumlah nama perusahaan jasa pengiriman terbaik di dalam negeri. Jelas hal ini akan membuat Tokopedia memiliki ciri tersendiri yang kemungkinan akan berbeda dengan pengiriman lainnya termasuk dalam hal resi atau bukti pengiriman.

Perusahaan ekspedisi saat bergabung menjadi kurir rekomendasi pada resinya akan ada perbedaan jika dibandingkan resi aslinya. Setidaknya pada dua bagian detail resi yang akan berbeda karena memang bertujuan untuk kemudahan dalam melakukan tracking resi. 

Kedua detail yang berbeda yaitu terdapat kode Kurir Rekomendasi Tokopedia yang ada di bagian awal, contohnya TKP00. Kemudian ada kode unik untuk cek pengiriman yang terdapat di belakang letak kode pertama, contohnya K4TD1XF.

Tampilan resi rekomendasi ini akan diawali dengan kode TKP setelah itu diikuti nomor resi yang berasal dari jasa ekspedisi. Pada umumnya konsumen Tokopedia akan memilih ekspedisi berkode TKP saat menggunakan pengiriman yang bebas ongkir.

Cara Cek Resi Kurir Rekomendasi Tokopedia

Pada dasarnya cara cek resi kurir rekomendasi Tokopedia dapat dilakukan apabila konsumen telah memastikan pesanan sudah di proses. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya keterangan telah diproses pada akun yang digunakan untuk membeli ataupun akun penjualan.

Sebenarnya Tokopedia telah menyediakan layanan atau fitur khusus yang dapat diakses di website untuk cek resi dari kurir rekomendasi tersebut. Meskipun demikian, nomor resi pengiriman tersebut tetap dapat dilacak dengan menggunakan web atau aplikasi lain.

1. Melalui Website Tokopedia

Sebelum melakukan pengecekan resi melalui website Tokopedia ini, konsumen harus sudah mengetahui nomor resi yang akan dicek. Apabila pengguna telah membaca penjelasan mengenai resi dari kurir rekomendasi Tokopedia di atas, tentu sudah mengetahui letak nomor resinya.

Namun jika konsumen tidak memiliki kertas bukti pengiriman maka, konsumen dapat mengeceknya di menu transaksi Tokopedia. Setelah mengetahui nomor pengiriman yang ingin dilacak, selanjutnya konsumen dapat menyimak cara cek resi kurir rekomendasi Tokopedia yang dilakukan melalui website Tokopedia berikut.

  • Buka situs tracking resi kurir rekomendasi Tokopedia resmi di alamat tokopedia.com/kurir-rekomendasi melalui browser yang ada di perangkat.
  • Kemudian masukkan nomor resi yang sudah didapat dari transaksi pembelian atau pengiriman barang Tokopedia di kolom yang disediakan.
  • Setelah itu klik opsi lacak pengiriman dan tunggu beberapa saat.
  • Setelah itu jika resi tersebut telah terdata di server maka secara otomatis website akan menampilkan rinciannya.

Sebagai tambahan informasi, hasil tracking tersebut nantinya akan menampilkan beberapa informasi mengenai pengiriman barang. Yaitu meliputi, nomor resi, informasi produk beserta nama akun pembeli dan toko, waktu barang di pick up, serta detail keberadaan paket.

Sekarangi terdapat cukup banyak situs web yang menawarkan layanan untuk tracking posisi atau riwayat perjalanan paket. Website untuk cek resi ini tidak hanya dari expedisi nya saja tetapi ada juga website yang berdiri sendiri misalnya cekresi.com.

Cekresi.com dapat digunakan untuk mengecek keberadaan paket dari berbagai perusahaan pengiriman termasuk dari kurir rekomendasi Tokopedia. Nomor resi adalah syarat wajib yang harus dimiliki untuk dapat tracking dengan situs ini, detail langkahnya yaitu.

  • Buka browser favorit pengguna baik melalui telepon pintar maupun PC.
  • Ketik situs cekresi.com dan kemudian klik telusuri atau tekan keyboard Enter.
  • Masukkan atau pastekan nomor resi yang benar pada kotak yang ditampilkan.
  • Selanjutnya tekan tombol Cek Resi, jika diminta memilih nama ekspedisi pilihlah nama yang sesuai agar tracking berjalan lancar.
  • Tunggulah sampai status pengiriman keluar secara detail dan lengkap.

2. Melalui Aplikasi Tokopedia

Seperti yang telah dijelaskan bahwa pengecekan  resi dari kurir  rekomendasi ini memang dapat dilakukan melalui metode lain yaitu aplikasi Tokopedia. Cara cek yang kedua ini tentu mengharuskan para konsumen untuk memasang aplikasinya terlebih dahulu pada perangkat yang digunakan.

  • Buka aplikasi penyedia belanja online Tokopedia di perangkat telepon pintar.
  • Pastikan konsumen telah login dahulu ke akun Tokopedia.
  • Setelah itu pilih opsi "Transaksi" yang ada di bagian kanan sebelah bawah dari tampilan aplikasi.
  • Selanjutnya konsumen dapat menekan pembelian barang yang ingin dilacak dengan klik menu "Semua Transaksi" lalu pilih menu "Dikirim".
  • Pada laman "Detail Pesanan" akan beberapa keterangan seperti Nomor Resi, Tanggal Pembelian, Invoice, dan juga informasi Detail Produk.
  • Setelah itu klik "Lihat Detail" untuk dapat mengetahui status pengiriman dan posisi barang pesanan.

Keuntungan Memakai Kurir Rekomendasi Tokopedia

Banyaknya daftar nama jasa pengiriman yang ada di Tokopedia tentu akan membutuhkan waktu jika konsumen harus memilih sendiri mana yang terbaik. Untuk itu dengan adanya layanan kurir rekomendasi Tokopedia ini tentu membuat konsumen lebih mudah menentukan jasa pengiriman.

Jasa pengiriman yang dipilih oleh Tokopedia tentu merupakan jasa yang paling efisien karena dipilih otomatis berdasarkan data dan teknologi. Fasilitas ini memiliki banyak kelebihan atau keuntungan yang akan membuat konsumennya merasa tenang, antara lain.

  • Tersedianya opsi pengiriman bebas ongkos kirim.
  • Tracking resi pengiriman telah disediakan dengan lebih mudah dan lengkap karena penerimaan paket disertai bukti foto.
  • Konsumen akan memperoleh bantuan jika ada masalah dalam proses pengiriman dengan lebih prioritas karena terhubung ke live chat Customer Service.
  • Seluruh proses pengirimannya dipantau langsung oleh Tokopedia sehingga akan lebih aman.

Seperti itulah cara cek resi kurir rekomendasi Tokopedia yang ternyata tidak berbeda jauh dengan pengecekan pengiriman pada umumnya. Perbedaan utamanya tentu pada berbagai keuntungan yang akan didapatkan oleh konsumen yang menggunakan fitur khusus tersebut.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain