Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Berapa Lama Proses Pengiriman Barang Kurir Rekomendasi Tokopedia

Jika menggunakan kurir rekomendasi Tokopedia berapa lama paket akan sampai tujuan? Begini penjelasan lengkapnya dapat disimak!

Ruangojol.com - Untuk semakin mempermudah transaksi jual beli dan pengiriman barang, Tokopedia menyediakan kurir rekomendasi. Dengan beragamnya pilihan jasa ekspedisi, muncul banyak pertanyaan. Apakah yang dimaksud dengan kurir rekomendasi Tokopedia? Lalu jika menggunakan kurir rekomendasi Tokopedia berapa lama paket akan sampai tujuan?

Kurir rekomendasi Tokopedia merupakan armada kurir yang telah teridentifikasi dan dipilih berdasarkan data dari performa pengirimannya. Tokopedia mengerahkan data dan teknologi miliknya untuk memperoleh kurir terbaik.

Sehingga penjemputan dan pengantaran paket oleh kurir sudah dipastikan sesuai dengan standar operasional Tokopedia. Pelanggan pun tak perlu merasa khawatir paket yang dikirimkan mengalami hambatan saat pengiriman maupun terjadi kerusakan.

Berapa Lama Proses Pengiriman Barang Kurir Rekomendasi Tokopedia

Berat maksimal barang yang dapat dikirimkan melalui armada kurir rekomendasi Tokopedia sendiri berbobot maksimal 50 kg. Untuk dimensi barang, panjang, lebar, dan tinggi barang yang dilayani berukuran 50x50x50 cm. Jumlah biayanya akan bergantung dari bobot, asal, tujuan, dan pertimbangan lainnya.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Layanan Kurir Rekomendasi Bagi Seller

Terdapat beberapa jasa ekspedisi yang menjadi mitra kurir rekomendasi di Tokopedia. Jasa ekspedisi tersebut adalah JNE, ID Express, Anteraja, Lion Parcel, dan SiCepat. Jika seller mengaktifkan kurir rekomendasi pada tokonya, pembeli dapat memilih layanan ini dan mendapatkan banyak penawaran menarik.

Seller harus melakukan pengaturan toko terlebih dahulu untuk mengaktifkan fitur kurir rekomendasi ini, sebab fitur ini tidak aktif begitu saja. Pengaturan dapat dilakukan via desktop ataupun aplikasi, namun secara garis besar langkah yang dilakukan sama. Berikut adalah pengaturan melalui aplikasi:

  • Bukalah aplikasi ‘Tokopedia Seller’ yang sudah dimiliki sebelumnya oleh seller. Jika sudah muncul layar utama, pilihlah menu ‘Lainnya’, kemudian kliklah opsi ‘Pengaturan’ yang terletak di bagian paling bawah.
  • Pilihlah opsi ‘Atur Layanan Pengiriman’, yang terletak pada bagian ‘Lokasi dan Pengiriman’ jika muncul berbagai pilihan opsi di layar. Kemudian berilah tanda centang pada checkbox ‘Kurir Rekomendasi’, setelah itu kliklah opsi ‘Simpan’.
  • Apabila sudah mengaktifkan layanan ‘Kurir Rekomendasi’, sekarang tinggal mengatur jadwal pick up paket. Kembalilah ke layar utama, kemudian pilihlah menu ‘Request Pick Up’.
  • Mulailah pengaturan waktu pick up dengan mengatur terlebih dahulu lokasi jemput dan mencantumkan nomor yang bisa dihubungi.
  • Kemudian pilihlah layanan ekspedisi penjemput. Nantinya akan tercantum jadwal pick up yang bisa dipilih seller. Jika sudah klik ‘Kirim Request Pick Up’.
  • Untuk memastikan kembali request yang telah diproses, kliklah menu ‘Penjualan’, kemudian klik opsi ‘Dalam Pengiriman’. Pilihlah opsi ‘Lacak’ untuk melihat keterangan kapan barang akan dijemput pihak kurir rekomendasi.
  • Jika tidak ingin mengaktifkan layanan kurir rekomendasi, seller tinggal menghapus tanda centang pada checkbox ‘Kurir Rekomendasi’.
  • Layanan ini dapat diaktifkan oleh Seller di Medan dan Deli Serdang untuk wilayah Sumatera. Di Jawa, layanan ini berlaku di Jabodetabek, Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Sleman, Bantul, Malang, Surabaya dan Sidoarjo. Untuk Bali, hanya berlaku untuk Denpasar.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan dari Awal Sampai Paket Sampai di Tujuan

Jika menggunakan kurir rekomendasi Tokopedia berapa lama paket akan sampai? Itulah hal yang banyak dipertanyakan oleh konsumen Tokopedia. Sebetulnya, dengan adanya kurir rekomendasi, waktu yang dibutuhkan untuk satu pesanan bisa dengan mudah diperkirakan, baik oleh seller ataupun konsumen. Berikut perkiraannya:

  • Tokopedia menyediakan 3 periode request pick up dalam sehari. Mulai dari pukul 18.00-09.59 WIB, 10.00-13.59 WIB, dan 14.00-17.59 WIB. Nantinya, waktu pick up barang akan menyesuaikan waktu permintaan ataupun jadwal yang sudah di-request.
  • Kurir akan melakukan pick up barang di lokasi seller di 3 periode waktu. Yaitu mulai pukul 10.00-14.00 WIB, 14.00-18.00 WIB, dan 16.00-20.00 WIB, atau sesuai dengan request.
  • Biasanya paket sudah dikirim 1x24 jam setelah barang di-pick up oleh kurir. Setelah ini waktu sampainya paket pada pembeli bergantung pada jasa ekspedisi yang telah dipilih.
  • Jasa ekspedisi SiCepat membutuhkan waktu pengiriman sekitar 1-2 hari untuk pengiriman ke alamat yang ada di kota besar. Sedangkan untuk pengiriman ke wilayah kabupaten atau tempat yang membutuhkan transit biasanya akan memakan waktu 3 sampai 5 hari.
  • Anteraja merupakan jasa ekspedisi yang tarif pengirimannya paling murah. Untuk pengirimannya sendiri, Anteraja membutuhkan waktu 1-2 hari untuk pengiriman di wilayah sekitar Jabodetabek. Di luar dari wilayah tersebut, pengiriman bisa memakan waktu maksimal sampai 7 hari.
  • Untuk jasa ekspedisi JNE Reguler, perkiraan waktu pengiriman paketnya sekitar 1-7 hari. Namun waktu tersebut bergantung pada tujuan dari paket yang dikirim. Tidak menutup kemungkinan paket sampai dalam waktu lebih cepat dari perkiraan terlamanya.
  • Lion Parcel mempunyai estimasi waktu pengiriman sekitar 2-3 hari. Layanan yang digunakan adalah Regpack, yang memang cocok untuk pengguna yang memiliki kebutuhan pengiriman rutin, seperti online shop di Tokopedia. Lama pengiriman bergantung pada jarak dan tingkat kesulitan akses alamat.
  • ID Express sebagai kurir rekomendasi Tokopedia berapa lama yaitu membutuhkan sekitar 2-10 hari waktu pengiriman. Tentu hal tersebut tergantung pada lokasi pengiriman paket.

Keuntungan Menggunakan Kurir Rekomendasi dari Tokopedia

Pada tanggal 1 Juni 2021, Tokopedia menawarkan gratis ongkir untuk pembeli apabila membeli pada toko yang mencantumkan layanan kurir rekomendasi. Tentunya ini menjadi angin segar untuk pembeli, sebab selain mendapat gratis ongkir, jasa ekspedisi yang disediakan oleh Tokopedia pun terpercaya.

Tidak hanya untuk pembeli, fitur kurir rekomendasi ini memberikan seller banyak keuntungan dan kemudahan. Semuanya mulai bisa dinikmati sejak seller akan mengirimkan barang, pengiriman sudah berjalan, hingga paket milik konsumen sampai di tujuan. Berikut rincian keuntungan yang bisa didapatkan seller:

  • Jika menggunakan kurir rekomendasi, seller tidak perlu mengantarkan paket pesanan konsumen sendiri ke pihak ekspedisi. Sebab paket akan dijemput oleh kurir.
  • Jadwal pick up lebih pasti dan bisa diatur penjadwalannya. Seller bisa mengatur kapan dan jasa kurir rekomendasi mana yang akan dipilih untuk mengantarkan barang ke konsumen.
  • Seller bisa langsung menghubungi Tokopedia Care apabila terjadi masalah dengan paket yang dikirimkan, atau memiliki keluhan mengenai kurir. Caranya mudah, cukup manfaatkan fitur Chat Kurir Rekomendasi, dan Tim Tokopedia Care akan siap melayani seller.
  • Posisi paket yang sudah di-pick up dan diantar dapat dilacak melalui fitur ‘Lacak Pengiriman’. Cukup dengan memasukkan nomor resi pengiriman, informasi mengenai lokasi paket akan terpampang dengan rinci.
  • Kurir rekomendasi yang dipilih berasal dari perusahaan ekspedisi yang memiliki performa baik. Sehingga proses pengiriman paket akan terjamin kualitasnya sampai dengan tujuan.
  • Akan ada pengecekan ulang mengenai berat paket yang dikirim. Jika ada perbedaan berat saat barang telah di-pick up kurir, partner kurir rekomendasi akan menanggung selisih ongkir.
  • Nantinya pihak kurir rekomendasi juga akan melampirkan bukti foto sebelum dan juga setelah paket dikirimkan.

Demikian pembahasan mengenai jika menggunakan kurir rekomendasi Tokopedia berapa lama paket sampai tujuan, cara mengaktifkan, dan keuntungan layanan kurir rekomendasi. Dengan mengetahui informasi waktu pick up, berapa lama waktu pengiriman dari masing-masing jasa ekspedisi, konsumen dapat memperkirakan kapan paket sampai.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain