Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Cara Mengatasi Tidak Bisa Belanja di Tiktok Shop Terbaru

Jika seseorang tidak bisa belanja di TikTok Shop pastilah akan kebingungan. Kenali terlebih dahulu berbagai penyebab dan cara mengatasinya berikut ini

Ruangojol.com - Aplikasi Medsos yang lagi populer salah satunya adalah TikTok. Dimana aplikasi ini memiliki pengguna yang mencapai ribuan orang di seluruh penjuru dunia. Apalagi di Aplikasi tersebut ada Online Shopnya. Namun jika seseorang tidak bisa belanja di TikTok Shop pastilah akan kebingungan.

Jika ingin mengatasi masalah tersebut, maka haruslah mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa tidak bisa belanja pada aplikasi media sosial TikTok.

Sebab beda penyebab maka cara untuk mengatasinya juga berbeda pula. Nah, untuk informasi lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Belanja di Tiktok Shop Terbaru

Mengenal Aplikasi TikTok

Saat ini mungkin banyak yang mengenal dan menggunakan TikTok. Namun, bukan berarti semua orang telah menggunakan dan mengenal akan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sebelum membahas mengapa pengguna tidak bisa belanja di TikTok Shop, sebaiknya mengenal aplikasi TikTok terlebih dahulu.

Dimana TikTok itu adalah sebuah aplikasi media sosial yang sedang digandrungi banyak orang. Selain itu penggunanya dapat membagikan video singkat ke publik dan memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran secara langsung atau live.

Selain itu, tema untuk konten yang dibagikan pada media sosial ini bermacam-macam. Contohnya Pendidikan, Tutorial, Bisnis, Hiburan dan lainnya. APK media sosial ini pun sudah tersedia untuk OS Android dan juga iOS pada ponsel pengguna.

Penyebab Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop

Sebelum membahas cara untuk mengatasi seseorang tidak bisa belanja di TikTok shop, sebaiknya pembaca mempelajari terlebih dahulu apa saja penyebab dari seseorang tidak bisa belanja tersebut. Adapun beberapa penyebabnya yang kemungkinan dialami pembaca yaitu:

1. Batas Minimal Usia Pengguna Aplikasi

Penyebab pertama yang membuat pengguna tidak dapat berbelanja pada aplikasi TikTok yaitu karena usia belum mencapai 18 tahun. Sebab batas minimal untuk pengguna TikTok yaitu 18 tahun. 

Hal itu biasanya tercantum saat pengguna mendaftar akun untuk TikTok. Dimana batas minimal untuk dapat menggunakan semua fitur yaitu 18 Tahun. Jadi bisa dipastikan jika saat pendaftaran akun pengguna belum mencapai usia 18, pasti ada fitur yang tidak dapat digunakan. Contohnya saja fitur TikTok shop yang ada di dalamnya.

2. Fitur TikTok Shop Belum Tersedia

Faktor kedua penyebab pengguna tidak bisa belanja di TikTok Shop yaitu karena belum terdapat fitur online shopnya. Hal itu bisa jadi karena batas usia minimal pengguna seperti yang dibahas sebelumnya. Selain itu, bisa karena pengguna belum mengaktifkan fitur TikTok Shop.

Untuk penyebab yang satu ini, masih banyak pengguna yang belum menyadari dan paham. Sebab biasanya para pengguna aplikasi ini hanya memanfaatkan TikTok untuk melihat beberapa postingan dari orang lain. Serta juga digunakan untuk berbagi story dan siaran live saja.

3. Aplikasi TikTok Error

Di urutan ketiga, bisa jadi aplikasi TikTok pengguna mengalami error sehingga membuat pengguna tidak dapat berbelanja online pada aplikasi tersebut. Biasanya hal ini terjadi karena adanya perbaikan sistem dari pihak TikTok sendiri atau dari ponselnya. 

Jadi, apabila pengguna mengalami hal ini, sebaiknya tunggu beberapa saat. Kemudian bisa pengguna coba lagi. Sebab jika penyebab error itu karena ada maintenance dari aplikasi itu sendiri, jangka waktunya tidak akan lama. Dengan begitu, pengguna tidak harus menunggu waktu yang lama untuk mencoba lagi.

4. Aplikasi TikTok Belum Di Update

Hal lain yang dapat menyebabkan pengguna tidak bisa belanja di TikTok Shop yaitu karena aplikasinya belum terupdate. Sehingga aplikasi TikTok pengguna masih memakai yang versi lama. Itulah yang dapat menyebabkan pengguna tidak dapat memanfaatkan fitur TikTok Shop.

Sebab fitur tersebut akan aktif ketika pengguna menggunakan aplikasi TikTok dengan versi terbaru. Jadi, pengguna perlu untuk melakukan update aplikasi secara berkala. Tujuannya agar aplikasi tersebut dapat diperbarui dengan hadirnya fitur-fitur terbaru yang bisa pengguna manfaatkan.

Itulah beberapa penyebab yang sering dialami pengguna aplikasi TikTok yang tidak dapat berbelanja secara online. Sebagai pengguna TikTok, perlu untuk mengetahui dan memahami semua penyebab diatas. Tujuannya ketika mengalami masalah seperti di atas, pengguna tidak merasa kebingungan.

Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui beberapa penyebab dari tidak bisa belanja di TikTok shop, selanjutnya pengguna bisa mencari solusi dari masalah tersebut sesuai dengan penyebabnya. Adapun cara yang dapat menjadi solusi mengatasi masalah tersebut yaitu:

1. Ubah Tanggal Lahir

Jika pengguna mengalami masalah tidak dapat belanja pada TikTok shop dikarenakan batas minimal usia yang dimiliki. Maka bisa mengatasinya dengan mengubah tanggal, bulan dan tahun lahir yang ada pada menu profil. Tujuannya agar pengguna dapat menggunakan beberapa fitur yang ada.

Sebab ada beberapa fitur yang berkaitan dengan usia pengguna aplikasinya. Contohnya saja fitur belanja menggunakan TikTok Shop. Jadi, apabila tanggal lahir sudah diganti, maka beberapa fitur yang berkaitan dengan usia akan aktif. Serta bisa pengguna gunakan secara terus-menerus.

2. Aktifkan Fitur TikTok Shop

Cara kedua untuk mengatasi masalah di atas jika faktor penyebabnya karena  belum aktifnya fitur TikTok Shop yaitu pengguna bisa mengaktifkan terlebih dahulu fitur TikTok shop pada aplikasi tersebut. Tujuannya agar pengguna bisa melakukan belanja online melalui fitur tersebut.

Cara mengaktifkannya sangatlah mudah, pasalnya pengguna hanya perlu membuka menu profil yang ada pada tampilan utama aplikasi TikTok. Pada menu tersebut ada beberapa opsi yang nantinya akan muncul. Jika pengguna ingin mengaktifkan fitur belanja tersebut maka pengguna harus memilih opsi pengaturan.

3. Tunggu Proses Maintenance Selesai

Berdasarkan dari penyebab tidak dapat berbelanja di TikTok shop yang nomor tiga di atas, maka solusi dari masalah tersebut yaitu pengguna cukup menunggu proses maintenance atau perbaikan dari pihak TikTok selesai. Atau pengguna bisa mencobanya untuk melakukan keluar paksa pada aplikasi.

Namun jika tidak bisa, maka pengguna cukup menunggu saja proses perbaikannya selesai. Biasanya waktu yang dibutuhkan oleh pihak aplikasi untuk melakukan maintenance itu tidaklah terlalu lama. Maka pengguna tidak butuh waktu yang sampai berjam-jam untuk menunggu agar aplikasi bisa dijalankan kembali.

4. Update Aplikasi TikTok Terlebih Dahulu

Cara terakhir untuk mengatasi tidak bisa belanja di TikTok shop yaitu melakukan update pada APK tersebut. Hal ini dilakukan jika penyebab dari aplikasi tidak dapat dimanfaatkan untuk belanja karena belum terupdatenya TikTok. Sebab dengan menggunakan aplikasi TikTok versi lama banyak fitur yang belum ada.

Dengan begitu, pengguna harus melakukan update terlebih dahulu pada aplikasi TikTok tersebut. Tujuannya agar semua fitur yang terbaru dapat diaktifkan dan juga digunakan oleh pengguna. Dengan begitu, pengguna pun akan bisa melakukan belanja secara online pada fitur TikTok Shop yang ada pada aplikasi tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan juga cara mengapa pengguna tidak bisa belanja di TikTok shop. Jadi, apabila pengguna ingin mengatasi masalah tersebut, haruslah mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Sebab, solusi yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut harus sesuai dengan penyebabnya.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain