Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Apa Itu GrabExpress Recycle, Berikut Fungsi, Ketentuan, Lokasi dan Cara Pesan!

Memudahkan masyarakat dalam mengelola sampah. Di sini, akan dijabarkan mengenai apa itu GrabExpress Recycle : fungsi, ketentuan, lokasi & pesan.

Ruangojol.com - Sekarang ini aplikasi Grab mempunyai fitur atau program baru yang bernama GrabExpress Recycle. Program tersebut bisa memudahkan masyarakat dalam mengelola sampah. Di sini, akan dijabarkan mengenai apa itu GrabExpress Recycle : fungsi, ketentuan, lokasi & pesan.

Hadirnya program atau layanan tersebut akan membuat lingkungan menjadi lebih sehat. Karena, akan membuat masyarakat tidak bingung lagi dalam menanggulangi sampah yang ada di sekitarnya. Jadi, Grab tidak hanya memberikan layanan transportasi saja.

Di bawah ini akan dibahas dengan lebih rinci mengenai layanan terbaru dari Grab tersebut. Jika penasaran maka langsung saja lihat ulasan lengkapnya!

Apa Itu GrabExpress Recycle, Berikut Fungsi, Ketentuan, Lokasi dan Cara Pesan!

Tentang GrabExpress Recycle

Mengenai apa itu GrabExpress Recycle : fungsi, ketentuan, lokasi & pesan yang pertama yaitu tentang GrabExpress Recycle itu sendiri. Sebuah program atau layanan dari Grab, yang mana belum diketahui oleh banyak orang.

Layanan ini juga bekerja sama dengan perusahaan Danone Aqua. Nantinya yang akan mengolah serta mendaur ulang sampah tersebut adalah Danone Aqua. Jadi, Grab hanya melakukan penjemputan serta pengiriman terhadap sampah tersebut.

Jadi, bisa dikatakan layanan ini merupakan sebuah layanan pengiriman instan khusus untuk sampah saja. Namun, sayangnya layanan ini hanya berada di kota tertentu saja dan belum merata. Hal tersebut dikarenakan, memang layanan ini masih baru dan masih dalam pengembangan.

Tetapi, tidak semua jenis sampah dapat didaur ulang menggunakan layanan ini. Terdapat kriteria tertentu jenis sampah yang bisa didaur ulang. Seperti sampah plastic, botol, dan juga kardus-kardus bekas. Selain sampah tersebut, tidak bisa menggunakan layanan yang satu ini.

Adanya layanan ini tentunya bisa menguntungkan banyak pihak. Sampah pun tidak akan lagi berserakan. Karena, sudah didaur ulang dengan menggunakan teknik yang sangat bagus. Sehingga, sampah tersebut bisa digunakan kembali dan tidak akan mencemari lingkungan juga.

Dapat dikatakan bahwa Grab juga membantu pemerintah dalam mengelola sampah yang saat ini memang menjadi masalah yang paling besar. Apalagi, untuk di setiap harinya, masyarakat bisa membuang sampah dalam jumlah yang cukup banyak.

Fungsi GrabExpress Recycle

Pada pembahasan apa itu GrabExpress Recycle : fungsi, ketentuan, lokasi & pesan yang kedua adalah mengenai fungsinya. Di bawah ini, akan dijabarkan apa saja fungsi dari layanan Grab yang satu ini:

  • Membantu masyarakat dalam mengelola sampah yang sulit untuk diuraikan.
  • Mendaur ulang sampah jenis tertentu yang setiap harinya pasti digunakan.
  • Membantu pemerintah dalam menanggulangi sampah yang menjadi sebuah masalah besar.
  • Membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan meminimalisir adanya pencemaran lingkungan.
  • Masyarakat juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan uang dari program ini.

Ketentuan GrabExpress Recycle

Untuk apa itu GrabExpress Recycle : fungsi, ketentuan, lokasi & pesan berikutnya yaitu mengenai ketentuan dari layanan ini. Program ini memiliki beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh penggunanya. Berikut akan diuraikan mengenai ketentuannya:

1. Ukuran dan Berat

Ketentuan yang pertama yaitu dari segi ukuran dan juga berat sampah. Untuk sampahnya pastikan mempunyai ukuran sekitar 50 x 50 cm. Ukuran tersebut untuk sampah kemasan, seperti botol plastik.

Sedangkan, untuk berat sampah yang bisa didaur ulang menggunakan program ini yaitu maksimal 15 kg. Beratnya boleh kurang dari ketentuan tersebut, namun tidak boleh melebihi ketentuan tersebut. Jadi, pastikan untuk menimbang sampahnya terlebih dahulu.

2. Keadaan Sampah

Pada ketentuan yang selanjutnya yaitu keadaan sampah yang diberikan oleh si driver. Sampah tersebut harus dalam keadaan kering dan tidak boleh basah. Karena, jika basah bisa mempengaruhi timbangan.

Selain itu, keadaan sampahnya juga tidak boleh busuk. Karena, jika busuk otomatis akan membuat bau yang tidak enak. Tak hanya itu, sampah yang diberikan juga jangan dalam keadaan yang kotor.

3. Kemasan

Untuk yang selanjutnya yaitu ada ketentuan dari segi kemasan sampah. Dalam mengemas sampah, harus dalam keadaan tertutup. Pastikan menggunakan wadah atau tempat yang cukup untuk menaruh sampah tersebut.

Jangan menggunakan wadah yang terbuka, karena bisa membuat sampah berjatuhan saat dibawa. Jadi, pastikan untuk mengemas sampah dengan rapat dan juga aman. Supaya, tidak merepotkan driver yang menjemput sampah tersebut.

4. Jenis Barang

Tidak semua jenis sampah atau barang bisa dikelola menggunakan program ini. Hanya ada beberapa jenis sampah saja yang bisa masuk dalam program ini. Seperti sampah plastik, karton, dan bisa juga kardus bekas.

Selain jenis sampah tersebut tidak bisa dikelola menggunakan layanan GrabExpress Recycle. Jangan menaruh sampah rumah tangga yang mudah busuk, saat akan menggunakan program ini. Karena, sudah pasti akan mendapat penolakan.

5. Jam Pengiriman

Apabila ingin menggunakan layanan ini, maka pastikan untuk mengetahui jam kerjanya. Karena, tidak seperti layanan Grab lainnya yang bisa melakukan pelayanan selama 24 jam. Layanan satu ini agak berbeda dengan layanan Grab yang lainnya.

Untuk jam kerjanya sendiri yaitu mulai dari pagi jam 8 sampai siang jam 2. Selain itu, untuk harinya juga hanya dari hari senin hingga sabtu. Jadi, saat akan menggunakan layanan ini pastikan pada waktu tersebut.

Lokasi GrabExpress Recycle

Pembahasan apa itu GrabExpress Recycle : fungsi, ketentuan, lokasi & pesan selanjutnya yaitu mengenai lokasi dari layanan ini. Karena, ternyata layanan ini belum ada di semua lokasi. Hanya ada di beberapa titik saja dan juga belum merata.

Untuk lokasi dari layanan ini sendiri saat ini hanya ada di daerah sekitar Jakarta dan Tangerang. Di daerah tersebut saat ini sudah disediakan beberapa bank sampah. Nantinya, sampah yang dikirimkan oleh masyarakat akan dikelola di bank sampah tersebut.

Jadi, saat memesan layanan ini masyarakat juga bisa memilih lokasi bank sampah yang paling terdekat. Nantinya aplikasi pun akan memberikan driver yang lokasinya dekat dengan pemesan dan juga lokasi bank sampahnya.

Cara Pesan GrabExpress Recycle

Terakhir, mengenai apa itu GrabExpress Recycle : fungsi, ketentuan, lokasi & pesan yaitu mengenai cara pesan GrabExpress Recycle. Di bawah ini akan dijelaskan cara untuk melakukan pemesanan layanan ini:

  • Unduh aplikasi Grab dan masuk menggunakan akun yang sesuai.
  • Setelah itu pada halaman utama pilih menu “Pengantaran”.
  • Lalu langsung saja pilih lokasi bank sampah yang paling dekat dengan pemesan.
  • Masukkan juga nomor penerima dari sampah tersebut dan klik menu “Add:.
  • Selanjutnya bisa langsung memilih layanan GrabExpress Recycle.
  • Kemudian pemesan bisa langsung klik “Next”.
  • Lalu akan muncul tarifnya dan akan muncul driver yang paling dekat.

Jadi, itulah mengenai apa itu GrabExpress Recycle : fungsi, ketentuan, lokasi & pesan. Layanan ini juga belum banyak yang tahu karena memang masih baru. Jadi, informasi di atas memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Dengan adanya layanan ini membantu masyarakat dalam mengelola sampah. Sehingga, tak perlu bingung lagi akan membuang sampah plastik dan kardus dimana. Karena, sudah ada program atau layanan yang satu ini.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain