Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Cara Ambil Barang Lewat Gojek Terbaru Dengan Layanan Gosend 

Tidak hanya sekedar layanan transportasi, Gojek juga menyediakan cara ambil barang lewat Gojek terbaru dengan layanan yang bernama Gosend.

Ruangojol.com - Tidak hanya sekedar layanan transportasi, Gojek juga menyediakan cara ambil barang lewat Gojek terbaru dengan layanan yang bernama Gosend. Dengan layanan ini, para pengguna Gojek bisa mengirim paket atau barang dalam radius jangkauan Gojek. 

Walaupun layanannya dijamin akan semakin memudahkan akses dan juga pengiriman barang lokal. Sayangnya, masih banyak orang yang mungkin kurang mengenal dan familiar dengan layanan Gosend ini. 

Hal tersebut membuat banyak orang mengira akan sulit untuk memanfaatkan layanan ini. Terutama, khawatir dengan proses pengambilan barangnya. Padahal, Gojek sendiri sudah menyediakan berbagai cara dan alternatif untuk para pengguna layanan ini.

Cara Ambil Barang Lewat Gojek Terbaru Dengan Layanan Gosend

Mengenal Layanan Gosend 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pengguna Gojek bisa melakukan cara ambil barang lewat Gojek terbaru dengan memanfaatkan layanan Gosend. Namun, apa itu layanan Gosend sendiri dan mengapa layanan ini ada di Gojek. 

Gojek memang bermula dari aplikasi transportasi untuk mengantarkan orang ke berbagai tujuan. Namun, Gojek memperluas layanannya dengan memberikan berbagai fitur lain. Salah satunya, adalah dengan menyediakan layanan pengantaran barang. 

Layanan pengantaran barang dari Gojek inilah yang disebut sebagai Gosend. Berbeda dengan layanan pengantaran barang yang berbasis ekspedisi dan jarak jauh. Pengantaran dengan aplikasi Gojek ditujukan untuk pengantaran yang jaraknya masih terbilang dekat.

Para pengguna Gojek juga bisa melakukan pengiriman jarak jauh bahkan sampai ke luar kota. Dengan cara menyesuaikan opsi pelayanan yang ada pada aplikasi.  

Orang yang menjadi kurir atau pengantar barang dalam layanan ini adalah pengemudi Gojek itu sendiri. Terutama, pengemudi Gojek yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Karena itu, biasanya yang dikirim adalah barang berukuran kecil sampai sedang. 

Untuk barang yang berat dan berukuran besar, para pengguna bisa menggunakan alternatif layanan lainnya. Layanan ini disediakan pula oleh pihak Gojek. Untuk pengantaran yang jaraknya jauh pun, Gojek sudah menyediakan layanannya. 

Syarat Pengambilan Barang Melalui Gojek 

Sebelum mengetahui cara mengambil barang lewat Gojek terbaru. Para pengguna harus mengetahui terlebih dahulu syarat pengambilan barang melalui layanan Gosend dari Gojek ini. Persyaratan ini diterapkan untuk keamanan pengiriman barang sendiri. 

Jadi, paket atau barang yang dikirimkan bisa benar-benar sampai ke tujuan dan penerimanya sesuai dengan yang diinginkan oleh pengirim. Berikut adalah syarat untuk pengambilan barang melalui layanan Gojek. 

  1. Akun Gojek yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan aktif dan terverifikasi. 
  2. Mengaktifkan metode pembayaran sesuai dengan keinginan para pengguna. 
  3. Penulisan lokasi pengambilan, orang yang menerima, dan informasi tujuan sudah jelas dan benar. 

Jika syarat pengambilan di atas sudah dipenuhi, akan semakin mudah bagi para driver Gojek untuk mengantarkan barang. Tidak hanya sekedar diantarkan saja, namun tujuan pengantaran pun akan semakin tepat. 

Cara Ambil Barang Lewat Gojek Terbaru 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mempermudah para penggunanya. Gojek sendiri sudah menyediakan beberapa metode bagi para pelanggan yang ingin melakukan pengambilan barang melalui layanan Gosend. 

Bisa dipastikan jika layanan Gosend ini akan sangat mudah dan para pengguna bisa melakukan cara yang sesuai dengan keinginannya. Berikut adalah beberapa metode yang bisa dilakukan para pelanggan Gojek untuk mengambil barang. 

1. Ambil Melalui Aplikasi Gojek 

Cara pertama dan yang paling umum dilakukan adalah melakukan pengambilan barang melalui aplikasi Gojek. Dengan cara ini, para pengguna lebih bebas menentukan tujuan pengiriman, penerima, bahkan informasi lainnya. 

Berikut adalah langkah untuk melakukan pengambilan barang dengan memanfaatkan aplikasi Gojek. 

  • Buka aplikasi Gojek yang sudah dipasang di smartphone. 
  • Pastikan aplikasi sudah login dengan akun yang akan digunakan. 
  • Kemudian, pada tampilan utama pilih menu Gosend. 
  • Para pengguna akan diberi opsi pengiriman ‘Dalam Kota’ atau ‘Luar Kota’. 
  • Jika memang dirasa jarak masih dekat dan masih dalam satu kota, pilih opsi ‘Dalam Kota’. 
  • Masukkan informasi tujuan paket, tulis informasi sejelas mungkin. 
  • Masukkan informasi pengirim paket, tulis informasi sejelas mungkin. 
  • Lengkapi informasi di atas dengan nomor telepon sehingga jika ada masalah di jalan driver Gojek bisa dengan mudah menghubungi. 
  • Selanjutnya, klik tombol ‘Lanjut’ untuk memproses pemesanan. 
  • Para pengguna akan melihat detail ongkos kirim yang harus dibayarkan pada driver Gojek. 
  • Pilih metode pembayaran yang ingin digunakan. 
  • Tunggu sistem Gojek memeriksa area terdekat untuk menemukan driver yang tersedia. 
  • Jika sudah menemukan, driver akan berangkat untuk mengambil barang ke tempat asal pengiriman yang sudah dituliskan sebelumnya.  
  • Tunggu sampai driver sampai ke tujuan pengiriman, para pengguna bisa menghampiri Gojek di tujuan pengiriman yang sudah diatur sebelumnya. 

Jika driver mengalami kesulitan untuk menemukan alamat tujuan pengiriman. Driver biasanya akan langsung menghubungi para pengguna. Para pengguna dan driver Gojek juga bisa berkomunikasi melalui fitur chat yang disediakan oleh Gojek. 

2. Ambil Barang Melalui Toko Online 

Cara ambil barang lewat Gojek terbaru ini bisa dilakukan, jika para pengguna memanfaatkan layanan Gosend untuk mengambil barang yang dibeli dari Toko Online. Dengan memanfaatkan layanan ini, para pengguna tidak perlu keluar rumah. 

Apalagi, Gojek sekarang sudah bergabung dengan Tokopedia, dan bekerja sama dengan berbagai platform marketplace lainnya. Layanan Gosend bisa menjadi alternatif untuk pengiriman secara langsung. 

Barang yang dibeli pun bisa sampai dengan lebih cepat dibandingkan dengan jasa ekspedisi biasa. Berikut adalah cara untuk mengambil barang dari Gosend melalui Toko Online. 

  • Pilih barang yang akan dipilih melalui toko online atau platform marketplace tertentu. 
  • Setelah itu, lakukan check out atau pembayaran pada barang yang diinginkan. 
  • Buka opsi untuk mengubah jasa ekspedisi atau pengiriman yang dipilih. 
  • Pilih layanan Gosend sebagai metode pengiriman barang yang dipilih. 
  • Pilih jenis layanan Gosend yang ingin digunakan, ada pilihan pengiriman cepat seperti Same Day atau jenis layanan Gosend yang lainnya. 
  • Kemudian, masukkan alamat tujuan pengiriman pada kolom yang tersedia. 
  • Pilih metode pembayaran biaya pengiriman yang diinginkan. Para pengguna bisa memilih pembayaran elektronik maupun pembayaran langsung pada driver Gojek. 
  • Setelah itu, sistem akan mencarikan driver Gojek di area toko online untuk melakukan pengiriman barang. Para pengguna tinggal menunggu barang sampai di alamat tujuan yang sudah ditentukan. 

Pengiriman barang akan diatur oleh pihak penjual di toko online. Karena itu, bagi para pengguna ada baiknya untuk mengatur alamat tujuan selengkap mungkin. Agar nantinya driver Gojek tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pengiriman. 

3. Atur Lokasi Langsung dengan Driver Gojek 

Jika para pengguna ingin mengubah lokasi pengambilan barang, namun tidak bisa melakukan perubahan langsung pada sistem. Tidak perlu khawatir, para pengguna bisa menghubungi langsung driver Gojek yang mengirimkan barang. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pengguna akan terhubung dengan driver Gojek. Bisa melalui nomor telepon maupun live chat langsung dari aplikasi Gojek. Para pengguna tinggal ngechat dan menghubungi driver Gojek secara langsung saja. 

Kemudian, mengatur kembali titik pengambilan barang. Dengan begitu, barang akan tetap sampai walaupun alamatnya berubah. 

Itulah cara ambil barang terbaru lewat Gojek dengan memanfaatkan layanan Gosend. Sebenarnya tidak sulit untuk melakukannya, jika sudah memahami caranya. Para pengguna bisa memaksimalkan layanan ini.

Saya seorang penulis freelance