Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food untuk Menghindari Kerugian

ShopeeFood udah ngeantisipasi hal-hal kayak gini. Mereka ngasih solusi buat para driver biar gak rugi kalo dapet orderan palsu.

Ruangojol.com - Jadi, lo pada tahu gak sih, ShopeeFood itu adalah layanan pesan makanan yang bisa diantar ke rumah lo. Mirip-mirip lah kayak Gofood dan Grabfood gitu. Tapi sejak ShopeeFood muncul, persaingan antar driver aplikasi pesan makanan jadi makin tinggi buat dapetin orderan. Nah, karena itu juga, sekarang makin banyak tuh orderan palsu yang sengaja dibuat buat ngerjain para driver ShopeeFood.

Apa Itu Order Fiktif ?

Nah, kalo lo pada nanya apa sih itu order palsu, jawabannya simpel aja deh. Order palsu itu pesanan yang dibuat cuma buat beli makanan, tapi si pelanggan akhirnya menghilang dan gak bisa dihubungi lagi. Jadi, intinya, orderan palsu itu dibuat sama orang yang gak bertanggung jawab, dengan tujuan buat ngerugiin para driver. Padahal, bukan salah para driver juga kan kalo ada yang kayak gitu.

Tapi tenang aja, karena ShopeeFood udah ngeantisipasi hal-hal kayak gini. Mereka ngasih solusi buat para driver biar gak rugi kalo dapet orderan palsu. Caranya dengan klaim ke perusahaan kalo lo dapet orderan palsu. Kalo udah dilaporkan dan diklaim, dana yang lo keluarin buat beli makanan bakal dikembalikan lagi ke dompet kredit lo di ShopeeFood.

Nah, kalo lo mau tau lebih detailnya lagi soal cara klaimnya, lo bisa simak penjelasannya di bawah ini ya.

Cara Klaim Orderan Fiktif Shopee Food untuk Menghindari Kerugian

Persyaratan Klaim Order Fiktif 

Nah, kalo lo jadi driver ShopeeFood, pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya order fiktif atau pesanan palsu, ya kan? Makanya, buat ngelindungin para driver dari kerugian, ShopeeFood punya cara untuk klaim order fiktif nih.

Tapi, sebelum klaim, pastikan dulu kalo pesanan udah dibeli dan pelanggan nggak bisa dihubungi atau ketemu ya. Nah, kalo udah pasti, berikut syarat-syaratnya yang harus dipenuhi:

  1. Pastikan udah konfirmasi pesanan dan alamat dengan pelanggan.
  2. Udah hubungi pelanggan minimal 3 kali dalam 15 menit, tapi nggak bisa dihubungi atau dibalas.
  3. Simpen bukti konfirmasi telepon dan chat pelanggan dalam bentuk screenshot.
  4. Udah anterin pesanan, tapi alamatnya nggak ketemu atau palsu.
  5. Batalin pesanan lewat customer service Shopee.
  6. Bawa pesanan yang udah dibeli ke panti asuhan.
  7. Bikin bukti serah terima berupa foto dan tanda kop panti asuhan.
  8. Ajukan klaim maksimal 1 x 24 jam setelah pesanan dibatalkan.\

Panduan Cara Klaim Order Fiktif ShopeeFood

Kalo udah memenuhi syarat-syaratnya, tinggal klaim pesanan fiktif ShopeeFood ke customer service-nya. Kalo lo ada di kota, bisa langsung dateng ke ShopeeFood Driver Center. Tapi, kalo males keluar rumah, bisa juga klaim lewat email dengan cara:

Klaim Melalui Email

  • Kunjungi halaman Customer Service di help.shopee.co.id/s/contactusform.
  • Pilih Layanan “ShopeeFood“ dan bagian "Driver".
  • Isi data mitra pengemudi.
  • Jelasin masalah order fiktif secara detail.
  • Upload semua bukti yang udah dikumpulin, seperti foto struk pembelian, bukti konfirmasi pesanan, foto serah terima makanan ke panti asuhan, dan lain-lain.
  • Centang captcha dan klik Kirim.
Kalo pengajuan klaim disetujui, dana bakal direfund ke dompet akun mitra pengemudi dalam waktu 3-7 hari kerja. Gitu aja sih, jangan lupa hati-hati dan semangat terus jadi driver ShopeeFood!

Klaim Melalui Live Chat

Mau klaim order palsu ShopeeFood tapi males ribet dan pengen cepat? Nah, kamu bisa coba klaim via Live Chat di aplikasi Shopee, biar dapat respon cepet dari customer service-nya.

Tapi inget ya, sebelumnya kamu harus punya akun dan aplikasi belanja Shopee dulu, dan pastikan kamu udah punya bukti dokumentasi. Kalo udah, langsung ikutin langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi Shopee, trus pilih menu "Saya".
  • Di bagian paling bawah, pilih "Chat dengan Shopee".
  • Terus, klik "Chat with Live Agent".
  • Nanti bakal muncul balasan, klik "Chat dengan Agen Shopee".
  • Setelah itu, pilih ShopeeFood dan Driver, lalu konfirmasi.
  • Sabar-sabar nunggu CS-nya kontak kamu, trus sampaikan aja perihal orderan palsu.

Menggunakan live chat emang lebih cepet responnya dari CS, tapi ada kelemahannya nih. Kadang-kadang chatnya suka otomatis keluar, jadi kalo mau lanjut chatting harus ulang dari awal lagi.

Terus, kalo HP-mu punya RAM kecil, bisa jadi chatnya langsung keluar sendiri kalo kamu buka aplikasi lain. Tapi jangan nyerah dulu ya, cobain aja dulu live chat-nya. Semoga sukses!

Ciri Ciri Orderan Fiktif ShopeeFood

Driver ShopeeFood harus waspada dengan pesanan palsu atau order fiktif yang mungkin bakal diterima. Biar gak kena masalah di kemudian hari, ada beberapa ciri-cirinya yang harus diketahui, seperti:

  1. Nama pengguna yang gak jelas.
  2. Pesanan yang jumlahnya nggak masuk akal dan bayarnya tunai.
  3. Susah banget dihubungi pelanggannya.
  4. Alamat pengiriman yang ambigu.

Kalo pesanan kamu ngehits semua kriteria di atas, dipastikan itu fiktif dan mending gak usah diambil. Atau kalo udah keburu diterima, bisa langsung di-cancel aja.

Nah, gitu deh informasi tentang cara klaim order palsu di Shopeefood. Meski susah, tapi tetep mesti diperhatiin banyak hal. Jadi, buat para driver ShopeeFood, lebih hati-hati lagi yaa dalam menerima pesanan!

Saya seorang penulis freelance