Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Jenis dan Biaya Transfer Uang di Berbagai Bank, Ada Juga yang Gratis!

Berikut informasi mengenai jenis dan biaya transfer di berbagai bank di indonesia, silahkan disimak agar paham perbedaanya, semoga membantu ya!

Ruangojol.com - Sebelum ada fitur transfer uang online, orang yang ingin mengirimkan uang harus mengirimkannya secara manual. Mereka pergi ke kantor pos atau ke bank. Namun kini, dengan berkembangnya teknologi digital, masyarakat juga beralih dari menggunakan uang tunai menjadi non tunai.

Apalagi sekarang sudah ada transfer online yang bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone atau online banking. Transfer uang online saat ini tidak hanya mudah tetapi juga cepat.

Jenis dan Biaya Transfer Uang di Berbagai Bank, Ada Juga yang Gratis!

Jenis Transfer Bank

Meski transfer sering dilakukan, namun banyak yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa jenis transfer dalam dunia keuangan, yaitu:

1. Real Time Gross Settlement (RTGS)

Bagi yang sering ke bank, pasti pernah mendengar atau melihat istilah RTGS saat mengisi formulir sebelum melakukan transaksi apapun. RTGS adalah aktivitas pengiriman uang dalam jumlah besar. Jumlah terkecil yang dapat dikirim menggunakan sistem ini adalah 100 juta.

Sayangnya, meski namanya real-time, transaksi tidak bisa langsung diselesaikan saat itu juga. Sistem transfer ini hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam agar dana sampai ke rekening penerima.

Jika transaksi dilakukan setelah jam 3 sore, baru bisa diproses keesokan harinya. Biaya transfer antar bank yang harus Anda bayar berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000.

2. Kliring

Hampir seperti RTGS, sistem kliring juga ditujukan untuk transfer nominal besar. Jumlah maksimal dana yang ditransfer adalah Rp 500 juta per hari. Prosesnya memakan waktu 2 hingga 3 hari kerja. Namun, sebelum melakukan transfer, pihak bank terlebih dahulu akan mengecek saldo yang tersedia di rekening. Apakah jumlahnya cukup atau tidak?

Selain itu, bank tidak mengirimkan uang langsung ke rekening penerima. Namun, uang tersebut dikirim ke Bank Indonesia (BI) untuk dikirim kembali ke bank penerima. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk transaksi pengiriman uang clearing house berkisar antara Rp. 3.500 - Rp. 5000.

3. Transfer online secara real time

Anda harus lebih akrab dengan metode transportasi semacam ini. Karena lebih mudah dan cepat. Transfer dana hanya dapat dilakukan melalui smartphone atau perbankan online. Proses transfer berlangsung secara real time. Uang akan segera dikirim setelah transfer dilakukan.

Jumlah yang dapat ditransfer tidak harus besar. Anda dapat mentransfer mulai dari Rp 10.000 ke rekening bank tertentu. Hanya saja, demi nominal yang lebih besar. Anda harus menggunakan metode transportasi lain. Karena jumlah transfer online dibatasi hanya Rp 100 juta. Tergantung ketentuan masing-masing bank.

4. Bi-Fast

Layanan transfer BI-Fast yang serba baru. Sistem transfer langsung ini diciptakan oleh Bank Indonesia (BI). Namun, BI-Fast dapat mencakup banyak bank. Jadi, Anda dapat mentransfer antar bank yang berbeda dengan tarif yang lebih murah. Jika bank tujuan terdaftar sebagai peserta, Anda dapat melakukan transfer dengan biaya Rp 2.500 per transaksi.

Jenis Biaya Transfer

Pada dasarnya biaya transfer antar bank relatif sama. Untuk lebih jelasnya, lihat rincian biaya transfer antar bank di bawah ini.

  • Transfer rata-rata biaya transaksi ke bank yang sama: Gratis
  • Transfer ke bank lain melalui BI Fast: Rp 2.500
  • Transfer ke bank lain: Rp6.500
  • Transfer melalui lembaga kliring ke bank lain: Rp5.000
  • Transfer ke bank lain melalui link ATM: Rp4.000
  • Transfer ke bank lain via RTGS : Rp 25.000

Kabar baiknya adalah banyak bank menawarkan transfer gratis kepada pelanggan mereka. Salah satunya adalah Neo Commerce Bank melalui aplikasi neobank. Anda bisa mendapatkan 25 gratis transfer ke bank lain selama sebulan. Jika Anda telah melebihi kuota bulanan, Anda akan dikenakan biaya Rp 2.500 per transaksi.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain