Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Aplikasi dan Alat Terbaik untuk Meningkatkan Taskbar Windows Anda

jika Anda mengalami masalah dengan Taskbar di Windows 11, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaikinya.

Ruangojol.com - Taskbar berada di pusat segala hal yang Anda lakukan pada sistem operasi Microsoft mulai dari membuka dan menutup aplikasi, beralih antara jendela, mempersonalisasi desktop dan telah ada dalam beberapa bentuk sejak Windows 1.0.

Anda pasti sudah familiar dengan hal tersebut. Namun, yang mungkin belum Anda ketahui adalah bahwa Anda sebenarnya dapat menyesuaikan dan meningkatkannya dengan berbagai cara, yang akan kita bahas di sini.

Aplikasi dan Alat Terbaik untuk Meningkatkan Taskbar Windows Anda

Opsi bawaan Windows

Mulai dari tampilan taskbar, warnanya akan mengikuti apakah Anda telah mengatur tema terang atau gelap di bawah Personalisasi dan Warna dalam Pengaturan. Anda juga dapat memilih warna aksen kustom untuk mewarnai taskbar dari panel dialog yang sama melalui Show accent color on Start and taskbar, namun tombol pengalih ini hanya aktif jika Anda menggunakan tema gelap atau kustom.

Dalam kesimpulannya, Taskbar di Windows 11 menawarkan lebih banyak opsi pengaturan daripada sebelumnya, namun jika Anda mengalami masalah dengan Taskbar, Anda dapat mencoba beberapa cara di atas untuk memperbaikinya. Dengan melakukan itu, Anda akan dapat menggunakan Taskbar Windows 11 dengan lebih mudah dan nyaman.

Pengaturan penting lainnya pada taskbar dapat ditemukan dengan mudah, cukup klik kanan pada area kosong pada taskbar, kemudian pilih Pengaturan taskbar (Anda juga dapat memilih Personalisasi dan Taskbar dari Pengaturan). Di bawah judul item taskbar, Anda dapat memilih ikon mana yang akan tetap terpasang pada taskbar: Pencarian, Tampilan Tugas, Widget, dan Obrolan. Anda dapat menyembunyikan ikon yang tidak sering digunakan.

Kemudian, ada tray sistem di sebelah kanan: di bawah ikon tray sistem, Anda dapat memilih apakah ikon pena, keyboard sentuh, dan touchpad virtual ditampilkan. Di bawah itu adalah daftar semua aplikasi pihak ketiga yang ingin menyimpan ikon pada tray sistem: Aktifkan tombol pemutus untuk menjaga ikon selalu terlihat, atau matikan untuk menyembunyikan ikon pada menu ekspansi (panah ke atas kecil).

Bagian terakhir di sini, perilaku taskbar, adalah tempat Anda dapat mengatur penyejajaran taskbar, yang berguna jika Anda ingin ikon-ikon dimulai dari kiri, seperti pada Windows 10. Anda juga dapat menetapkan apakah lencana muncul pada ikon aplikasi untuk notifikasi, dan apakah ikon aplikasi berkedip ketika mereka membutuhkan perhatian. Pilihan terakhir, Pilih sudut jauh dari taskbar untuk menampilkan desktop, layak dipilih: Ini berarti Anda dapat mengklik sudut bawah layar untuk dengan cepat meminimalkan semua jendela.

Untuk memasang aplikasi ke taskbar, buka program dan klik kanan pada ikon taskbar dan pilih Pin ke taskbar. Aplikasi tersebut akan tetap berada di sana, baik saat dijalankan maupun tidak, sehingga lebih mudah diluncurkan di masa depan. Ingatlah bahwa kamu dapat mengklik kanan ikon di taskbar untuk melihat tindakan dan opsi yang disediakan oleh pengembang, dan klik tengah (roda mouse) untuk meluncurkan instance aplikasi baru, misalnya jendela File Explorer atau jendela browser.

Salah satu pengaturan yang cukup tersembunyi adalah terkait thumbnail yang muncul di atas ikon taskbar saat kamu mengarahkan kursor ke atasnya. Dari Pengaturan, pilih Sistem dan Multi-tasking, kemudian buka menu Snap windows: Hapus centang dari Tampilkan jendela yang telah disnap saya saat mengarahkan kursor ke aplikasi di taskbar, di Tampilan Tugas, dan saat saya menekan Alt+Tab sehingga kamu tidak akan melihat grup jendela yang telah disnap (ke sisi atau sudut) ketika kamu mengarahkan kursor ke ikon aplikasi di taskbar.

Third-party add-ons

Ketika Anda telah mencoba segala cara untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas taskbar menggunakan fitur bawaan Windows, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan. Aplikasi gratis ExplorerPatcher memungkinkan Anda untuk mengembalikan taskbar ke gaya Windows 10, dan juga dapat memindahkan taskbar ke sisi atau bagian atas layar, yang tidak mungkin dilakukan dengan Windows 11.

Anda juga dapat membuat perubahan pada tampilan tombol Start menu dan ikon system tray, serta mengontrol tampilan taskbar saat dibagi di beberapa layar. Ada banyak perubahan penyesuaian lainnya yang dapat Anda buat pada bagian lain antarmuka File Explorer melalui alat ini, mulai dari menu Start hingga pengubah jendela.

Kemudian ada StartAllBack, yang dapat Anda unduh dan coba secara gratis, dengan pembayaran satu kali sebesar $2 yang diperlukan untuk terus menggunakan program setelah periode percobaan. Ini memungkinkan Anda menambahkan label (judul program dan jendela) ke ikon taskbar. Ini juga memungkinkan Anda memilih dari berbagai opsi tampilan (termasuk ukuran dan jarak ikon), dan memungkinkan Anda mengontrol pengelompokan ikon taskbar.

Anda dapat membuat taskbar transparan jika Anda ingin, dan menyembunyikan area kosong taskbar yang tidak digunakan saat ini. Seperti ExplorerPatcher, remit StartAllBack melampaui taskbar juga, dan ada berbagai perubahan penyesuaian lain yang dapat Anda mainkan di sini, mencakup File Explorer dan menu Start di Windows.

Terakhir, Start11 adalah alat kustomisasi Windows yang komprehensif dengan serangkaian opsi taskbar yang disertakan: Anda perlu membayar sekali sebesar $5, tetapi ada uji coba gratis yang dapat Anda manfaatkan. Opsi yang tersedia memungkinkan Anda untuk memodifikasi blur, transparansi, tekstur, dan warna taskbar, dan memberikan level detail yang mengesankan dalam hal pengeditan – Anda dapat menampilkan detik pada jam sistem di system tray, misalnya.

Anda bahkan dapat mengubah opsi dan pintasan mana yang muncul saat Anda mengklik kanan pada taskbar, serta mengubah ukuran dan posisi taskbar di layar. Ini adalah paket fitur yang komprehensif, dan ada banyak opsi lain yang tersedia dalam perangkat lunak ini, yang mencakup menu Start, pencarian Windows, dan fitur lainnya.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)